Comscore Tracker

5 Omongan Negatif yang Gak Perlu Didengar, Sebaiknya Tutup Telinga!

Pintar-pintar pilih topik ya!

Menjaga pertemanan memang tidak bisa melibatkan satu pihak saja, kita harus sama-sama mempertahankan ikatan tersebut agar tidak goyah. Bersama satu kesepakatan, bersama satu pilihan. Namun meski demikian, ada saja lho beberapa hal yang sebaiknya kamu tidak perlu satu suara dengan mereka terutama dalam ucapan. Apa saja?

1. Pamer

5 Omongan Negatif yang Gak Perlu Didengar, Sebaiknya Tutup Telinga!unsplash.com/@freestocks

Alasan mengapa sebaiknya kamu tidak perlu menggubris teman yang gemar pamer adalah untuk menghentikan tanda-tanda iri hati. Jangan mudah terbawa arus untuk ikut menggunjing aksi pamer tersebut, cukup tutup telinga dan tutup mulut saja.

2. Membandingkan

5 Omongan Negatif yang Gak Perlu Didengar, Sebaiknya Tutup Telinga!unsplash.com/@eliottreyna

"Masih mending kamu daripada aku," atau "masih mending anak SMP daripada gaya dia,". Sebaiknya apabila ketika kata-kata itu mulai keluar, kamu langsung saja mengalihkan pembicaraan . Jika tidak berhasil, bungkam atau menjauh akan lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Sehat Akhiri Toxic Friendship, Agar Hidupmu Lebih Tenang

3. Menyalahkan

5 Omongan Negatif yang Gak Perlu Didengar, Sebaiknya Tutup Telinga!unsplash.com/@priscilladupreez

Meski temanmu salah, namun dia malah menyalahkan orang lain atas apa yang ia perbuat sendiri. Menyalahkan kamu saat sudah mengingatkan dia. Baiknya kamu mulai ambil tindakan bijak atau jangan pedulikan apabila sudah tak bisa diajak berdamai.

4. Membicarakan orang lain

5 Omongan Negatif yang Gak Perlu Didengar, Sebaiknya Tutup Telinga!unsplash.com/@benwhitephotography

Membicarakan orang lain atau gosip, sesuatu hal yang belum pasti kebenarannya sebaiknya tidak perlu diungkit terlalu jauh. Apalagi berita yang menjurus ke hal-hal negatif, belum tentu apa yang ia bicarakan membawa sesuatu yang bermanfaat.

5. Bullying verbal

5 Omongan Negatif yang Gak Perlu Didengar, Sebaiknya Tutup Telinga!unsplash.com/@priscilladupreez

Jangan sampai kamu terlibat dalam hal ini, sebab bullying termasuk tindakan yang tidak dibenarkan apa pun alasannya. Jadi bijak dalam mendukung setiap perkataan atau tindakan temanmu, ya!

Hal di atas yang tidak semestinya kamu dengarkan dari temanmu, akan jauh lebih baik bila kamu memberitahu kepada teman-temanmu agar menjauhi perilaku tersebut dan mengisi obrolan dengan sesuatu yang jauh lebih berisi dan berguna baik untuk pertemanan kalian atau sekitarnya.

Baca Juga: Kerap Dianggap Normal, 5 Kebiasaan Ini Malah Bikin Hubungan Jadi Toxic

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya