Comscore Tracker

5 Perilaku Ini Dianggap Toksik, Jangan Biasakan Ya!

Apakah kamu termasuk orang yang toxic?

Pernah gak sih kamu menilai lingkungan di sekitarmu adalah orang-orang yang toxic? Kamu mungkin kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan memiliki banyak masalah. Lalu, kamu menyalahkan lingkungan sekitarmu dan menganggap mereka semua adalah toxic people.

Sebelum kamu menilai lingkungan di sekitarmu adalah orang-orang yang toxic, sebaiknya melakukan intropeksi diri. Nah, 5 perilaku di bawah ini seringkali dianggap sebagai tanda orang toksik. Jika kamu merasa seperti itu, yuk mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut!

1. Sering berpikiran negatif

5 Perilaku Ini Dianggap Toksik, Jangan Biasakan Ya!pexels.com/David Garrison

Seseorang yang toxic cenderung memikirkan hal-hal yang negatif daripada berpikiran positif. Kadang hal-hal sepele pun bisa membuatmu curiga dan selalu berprasangka buruk terhadap orang lain. Pikiran-pikiran negatif tersebut akhirnya membuatmu gak tenang dan kesulitan dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebab kamu lebih banyak memikirkan hal negatif daripada positifnya.

2. Selalu merasa benar

5 Perilaku Ini Dianggap Toksik, Jangan Biasakan Ya!pixabay.com/Free-Photos

Orang yang toxic gak pernah merasa dirinya salah. Apa pun yang kamu lakukan, kamu akan selalu merasa benar. Kamu gak akan terima jika ada orang yang mengkritik dirimu dan mengatakan bahwa kamu melakukan kesalahan. Bagimu, kamu selalu benar dan orang lain selalu salah.

Baca Juga: Ganti 10 Hal Toxic Ini Agar Dietmu Sukses Tanpa Halangan, Gampang!

3. Selalu melempar kesalahan pada orang lain

5 Perilaku Ini Dianggap Toksik, Jangan Biasakan Ya!pexels.com/Vera Arsic

Bukan hanya merasa selalu benar, orang yang toxic juga akan melempar kesalahan pada orang lain. Saat kamu membuat masalah atau melakukan kesalahan, kamu gak akan mengakuinya sebagai kesalahanmu, kamu akan mencari kambing hitam dan menyalahkan orang lain atas kesalahan atau masalah yang kamu buat.

4. Membicarakan keburukan teman di belakang

5 Perilaku Ini Dianggap Toksik, Jangan Biasakan Ya!pixabay.com/rawpixel

Pernahkah kamu membicarakan keburukan temanmu di belakangnya? Kamu selalu bersikap baik dan bermulut manis di depannya, kamu juga mendengarkan curhatannya dengan baik bahkan mungkin memberi petuah untuknya. Akan tetapi, saat kamu bersama temanmu yang lain, kamu membicarakan keburukannya bahkan mungkin membongkar rahasianya. Jika kamu melakukan itu, maka kamu benar-benar orang yang toxic.

5. Selalu menganggap remeh orang lain

5 Perilaku Ini Dianggap Toksik, Jangan Biasakan Ya!pixabay.com/Engin_Akyurt

Orang yang toxic selalu menganggap orang lain gak ada apa-apanya. Kamu akan memandang remeh orang lain dan menganggap mereka gak penting walaupun kenyataannya mereka cukup berperan dalam kehidupanmu sehari-hari. Orang toxic selalu merasa orang lain gak lebih baik darinya dan ia sama sekali gak membutuhkan mereka. Bahkan, ia gak menghargai apa pun yang mereka lakukan untuknya.

Nah, itulah dia 5 tanda bahwa seseorang termasuk orang yang toxic. Jika kamu merasa memiliki tanda-tanda di atas, segera intropeksi diri dan ubahlah dirimu menjadi lebih baik agar orang-orang di sekitarmu perlahan menjauh dan menghilang dari hidupmu.

Baca Juga: 6 Tipe Toxic Friend yang Harus Kamu Jauhi di Tahun 2020

Vhiena Lee Photo Verified Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya