Comscore Tracker

5 Alasan Sesekali Kamu Perlu Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diri

Ada hal baiknya juga lho, asal gak keseringan, ya!

Setiap orang pasti pernah berada pada situasi di mana mereka merasa tidak punya kelebihan, tidak percaya pada kemampuan diri, bahkan tak jarang merasa gelisah atau cemas berlebih. Keseluruhan hal tersebut sejatinya menandakan bahwa kamu sedang dalam fase insecure terhadap diri sendiri.

Namun, seringnya orang menganggap bahwa perasaan tersebut adalah sesuatu yang buruk, yang bisa menghambat. Pernyataan tersebut sebenarnya gak bisa diyakini dalam satu kali baca. Sebab, apabila kamu memandang rasa insecure itu sebagai sebuah kekuatan, maka ia bisa mendorongmu untuk menembus batas kemampuan.

Untuk itu, tidak apa-apa jika sesekali kamu merasa insecure dan kurang percaya diri. Berikut beberapa alasan di balik hal tersebut.

1. Berada dalam fase insecure membuatmu belajar banyak hal

5 Alasan Sesekali Kamu Perlu Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diriilustrasi seorang wanita (pexels.com/Limuel Gonzales)

Saat rasa insecure yang kamu alami diolah dengan tepat, maka kamu cenderung punya keinginan untuk mencoba segala sesuatu. Sebab dengan begitu kamu bisa menemukan kembali kekuatan dan kualitas dirimu melalui beragam hal yang kamu coba. Sehingga melalui proses itu, kamu jadi belajar banyak hal; terutama tentang sesuatu yang sebelumnya tidak pernah kamu ketahui.

2. Rasa insecure mampu menyadarkan dirimu bahwa kamu bukan sosok yang sempurna 

5 Alasan Sesekali Kamu Perlu Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diriilustrasi wanita merenung (pexels.com/Aleksandar Jaksic)

Bisa jadi selama ini kamu kerap menganggap bahwa dirimu adalah sosok paling sempurna di antara banyak orang yang kamu temui. Hal demikian tentu termasuk pandangan yang keliru.

Menjadi manusia bukan perkara paling hebat atau lemah, tapi bagaimana mereka mampu mengubah kekurangan itu jadi kekuatan. Sehingga rasa insecure terkadang perlu hadir, supaya kamu tetap ingat bahwa kamu juga layaknya manusia biasa yang punya kekurangan.

Kamu butuh belajar atas setiap hal yang terjadi dalam hidup agar bisa terus berkembang.

Baca Juga: Ingat Ini Saat Insecure, 5 Alasan Kamu Patut Mengapresiasi Diri

3. Rasa insecure menjadi penggerak dalam dirimu untuk melangkah maju dan bertindak lebih

5 Alasan Sesekali Kamu Perlu Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diriilustrasi wanita bertekad kuat (pexels.com/Xiaoming Tian)

Rasa insecure sejatinya hadir ketika kamu merasa menemukan kekurangan dalam diri. Meski banyak yang menjadikan fase insecure ini menjadi titik terendah dalam hidup, nyatanya ia gak melulu jadi sesuatu yang buruk. Sebab dengan menyadari kelemahan tersebut, kamu akan tergerak untuk bangkit, kemudian mengambil langkah maju, serta bertindak lebih agar bisa keluar dari lingkaran yang tidak nyaman itu.

4. Rasa insecure membuatmu berpikir untuk terus menemukan solusi terbaik

5 Alasan Sesekali Kamu Perlu Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diriilustrasi orang berpikir (unsplash.com/Tiko Giorgadze)

Seperti yang sudah dipaparkan pada poin sebelumya, bahwa insecure berkaitan erat dengan kekurangan dalam diri sendiri. Tapi hal tersebut bukan berarti bisa mematahkan semangat dan tekad karena perasaan insecure ini bisa menjadi titik balik bagi kamu untuk menemukan jalan keluar. Sebab kamu secara gak langsung dituntut selalu berpikir agar bisa lepas dari rasa tidak percaya diri tersebut.

5. Rasa insecure secara gak langsung membuatmu jadi mengenal diri sendiri lebih dalam

5 Alasan Sesekali Kamu Perlu Merasa Insecure dan Tidak Percaya Diriilustrasi wanita merasa insecure (pexels.com/JESSICA TICOZZELLI)

Sebelum kamu berasa di fase insecure, pasti kamu menganggap bahwa dirimu hebat dengan segala kelebihan yang kamu punya. Padahal, itu semua baru sebagian dirimu saja yang terlihat. Justru ketika kamu merasa insecure, kamu akan menemukan kekurangan diri, yang mana hal itu adalah bagian dirimu yang mungkin selama ini belum kamu kenali dengan baik.

Insecure sejatinya bukanlah sebuah tembok besar yang menjadi penghalang bagi dirimu untuk melakukan sesuatu. Bukan pula untuk membuat dirimu lemah dan tak berdaya. 

Jika kamu mau menerima dan memahaminya lebih dalam, justru perasaan itu yang memicu dirimu untuk memperbaiki semua kekurangan hingga kamu berhasil nantinya. Jadi, gak masalah apabila sesekali kamu merasa insecure atau gak percaya diri.

Baca Juga: Mulai Insecure, 5 Tanda Kamu Perlu Detoks Media Sosial untuk Sementara

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya