Comscore Tracker

5 Self-Talk Positif yang Harus Kamu Biasakan saat Mengalami Depresi 

Sudahkah kamu terapkan?

Depresi bisa dibilang dengan keadaan di mana kondisi perasaan seseorang merasa sedih hingga kehilangan minat dengan berbagai hal. Biasanya hal ini biasa dipicu oleh faktor lingkungan, pengalaman masa lalu yang menyakitkan, hingga perubahan hormon. Orang yang sedang mengalami depresi sangat membutuhkan support system untuk menjaga kondisinya agar tidak semakin memburuk.

Support system itu selain dari luar juga bisa berasal dari dalam diri masing-masing, layaknya self-talk positif. Hal itu dapat menguatkanmu baik secara fisik maupun mental. Nah, berikut lima self-talk positif yang harus kamu biasakan saat terjebak dalam depresi.

1. “Aku berharga..."

5 Self-Talk Positif yang Harus Kamu Biasakan saat Mengalami Depresi pixabay.com/ivanovgood

Saat depresi melanda, mudah sekali bagi pemikiran negatif untuk mendominasi. Sehingga tak jarang banyak orang yang merasa dirinya tak berguna dan tak terlihat, layaknya angin yang tak pernah terjamah oleh indera penglihatan.

Namun, kamu perlu membiasakan diri dengan kata-kata yang membangun pada saat merasa depresi. Sebab, setiap orang itu berharga, istimewa, dan punya tempat di hati orang-orang tertentu dengan caranya masing-masing.

2. "Aku pasti bisa melewatinya”

5 Self-Talk Positif yang Harus Kamu Biasakan saat Mengalami Depresi pixabay.com/DanaTentis

Tidak akan ada orang yang diuji di luar batas kemampuannya. Percayalah, pernyataan itu benar adanya. Sebab setiap ujian yang melanda sudah dengan porsinya masing-masing. Dengan begitu, kamu pasti bisa melewati semuanya, meskipun harus ada harga yang dibayar sebelum mencapai bahagia, yaitu tangis dan kesedihan.

Baca Juga: 5 Cara Praktikkan Self-Talk Positif untuk Hidup Lebih Tenang & Bahagia

3. "Tenang saja, semua pasti berlalu”

5 Self-Talk Positif yang Harus Kamu Biasakan saat Mengalami Depresi pixabay.com/ivanovgood

Tidak ada hal kekal di dunia yang fana ini. Semua hal pasti memiliki masanya masing-masing, begitu pula dengan rasa sedih. Sehingga saat kamu mulai merasa depresi, yakinkan saja bahwa itu semua hanya sementara. Dengan afirmasi positif itu, tentu kamu akan lebih kuat lagi dan nantinya mampu keluar dari ketidaknyamanan itu.

4. “Aku pantas untuk bahagia"

5 Self-Talk Positif yang Harus Kamu Biasakan saat Mengalami Depresi unsplash.com/Kelly Sikkema

Ketahuilah, setiap orang memiliki hak untuk merasakan bahagia. Setiap orang juga punya hak untuk mendefinisikan kebahagiannya. Jadi, jangan pernah putus asa saat kamu ditimpa kesedihan yang berkepanjangan. Bukan karena kamu tak layak untuk merasa bahagia, melainkan kesedihan itulah yang akan membuat ‘bahagia’mu semakin memliki arti yang mendalam.

5. "It’s okay to not be okay”

5 Self-Talk Positif yang Harus Kamu Biasakan saat Mengalami Depresi pixabay.com/Free-Photos

Kalimat seperti pada poin kelima ini terdengar sederhana, namun jika dipahami lebih dalam lagi akan didapatkan arti yang luar biasa. Tidak masalah bagimu untuk menjadi tidak baik-baik saja. Karena setiap emosi itu hadir untuk diakui dan dijadikan pelajaran. Tidak apa-apa untuk merasa tidak bahagia, sebab kamu tidak sendiri, ada banyak orang yang juga merasakan emosi-emosi negatif lainnya.

Itulah lima self-talk positif yang perlu kamu biasakan saat depresi melanda. Percayalah, setiap luka yang hadir pasti memiliki alasan. Begitu pula dengan depresi yang hadir dengan tujuan untuk menguatkan jika kamu mampu melewatinya dengan afirmasi positif. Semangat, ya!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghindari Negative Self Talk, Bebas Stres! 

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya