Comscore Tracker

5 Cara Praktikkan Self-Talk Positif untuk Hidup Lebih Tenang & Bahagia

Jangan lupa berterima kasih kepada diri sendiri, ya!

Self-talk adalah percakapan batin yang sadar gak sadar bisa mempengaruhi perasaan kita tentang diri kita sendiri dan dunia pada umumnya. Self-talk bisa negatif maupun positif. Self-talk negatif biasanya tentang kerangka berpikir yang pesimis atau meragukan kemampuan diri. Sedangkan self-talk positif adalah tentang bentuk optimistik dan hal yang membangun.

Adanya gagasan-gagasan seperti “kita manusia yang tidak selalu baik”, “selalu gagal” dan lain sebagainya, mendorong kita lebih mudah memiliki pemikiran negatif daripada positif. Nah, apa yang bisa kita lakukan untuk membentuk pemikiran positif biar hidup lebih tenang dan bahagia? Yuk, simak di bawah ini.

1. Menanggalkan segala bentuk negativitas  

5 Cara Praktikkan Self-Talk Positif untuk Hidup Lebih Tenang & Bahagiapexels.com/Taryn Elliott

Pikiran adalah pendahulu perasaan, di mana ketika kita mengulanginya berkali-kali akan membentuk suatu pola pikir kepercayaan dan akan tertanam dalam kepribadian. Ketika kita berpikir negatif terhadap diri kita, maka pemikiran tersebutlah yang akan mengendalikan kita.

Cobalah untuk mulai memperhatikan pikiran-pikiran kamu dari waktu ke waktu. Berkomitmenlah untuk menciptakan self-talk yang membangun dan menanggalkan segala bentuk negativitas. Dengan demikian,  kamu akan lebih mudah melatih diri untuk berpikir positif.

2. Fokus melakukan yang terbaik 

5 Cara Praktikkan Self-Talk Positif untuk Hidup Lebih Tenang & Bahagiapixabay/Free-Photos

Terkadang memang banyak jebakan yang membawa kembali ke pemikiran negatif. Seperti lingkungan pergaulan maupun pengalaman-pengalaman hidup. Cobalah untuk tetap fokus melakukan yang terbaik dan percaya bahwa hasil baik juga akan mengikuti.

Dengan begitu, kamu akan merasa lebih baik dan mudah menerima kesalahan diri. Membuat batas dengan lingkungan yang negatif juga akan membantu kamu menjalani hari-hari dengan lebih bahagia.

Baca Juga: 6 Bukti Kamu Tipikal Orang yang Berpikir Positif, Patut Dicontoh!

3. Selalu berterima kasih terhadap diri sendiri  

5 Cara Praktikkan Self-Talk Positif untuk Hidup Lebih Tenang & Bahagiaunsplash/Thought Catalog

Menurut sebuah penelitian, ungkapan syukur maupun terima kasih memainkan peran penting untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Karena dengan bersyukur, seseorang bisa mengabaikan perasaan atau pemikiran negatif dan terus berupaya menghargai diri sendiri.

Mulai sekarang, cobalah untuk meluangkan waktu menemukan hal-hal yang bisa kita syukuri setiap harinya. Kata-kata positif yang sering kita ucapkan ini akan selalu mengingatkan  tentang hal-hal baik dan mengubah fungsi otak ke arah yang positif dari waktu ke waktu.

4. Temukan hal-hal yang membuat kita bahagia ketika mengalami kegagalan 

5 Cara Praktikkan Self-Talk Positif untuk Hidup Lebih Tenang & Bahagiapixabay.com/2704056

Ketika suatu hal berjalan tidak sesuai yang kita harapkan, cobalah selalu menemukan hal-hal positif yang bisa kita rasakan. Misalnya, sebagai seorang penulis, tak jarang kita mengalami penolakan karya. Lihatlah hal tersebut sebagai cara memotivasi diri untuk meningkatkan kualitas kepenulisan kita.

Ubahlah setiap tantangan menjadi sebuah peluang. Dengan begitu, kamu akan memiliki kepercayaan diri yang lebih baik menghadapi tantangan-tantangan lain dalam hidup.

5. Selalu lakukan afirmasi positif 

5 Cara Praktikkan Self-Talk Positif untuk Hidup Lebih Tenang & BahagiaPexels/Andrea Piacquadio

Afirmasi positif adalah cara yang bagus untuk mengalihkan kebiasaan dari self-talk negatif ke positif. Kamu bisa memulainya dengan melakukan afirmasi positif di depan cermin atau membuat catatan kecil atau post-it dan menyimpannya di tempat yang sering dijangkau. Dengan begitu, kamu akan terbantu dalam membentuk pola pikir positif pada keseharian.

Itulah cara yang bisa kamu praktikkan untuk mulai berpikir positif ke diri sendiri. Meski membutuhkan sedikit upaya, yuk mulai kurangi pemikiran negatif dan menciptakan pola pikir positif untuk perkembangan diri!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Positif Ini Agar Kamu Tidak Menjadi Orang yang Baperan

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

Words heal me https://dwiwahyuintani.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya