Comscore Tracker

5 Mindset yang Membuatmu Tangguh Menjalani Hidup

Pikiran positif akan menghasilkan banyak hal positif

Kehidupan tidak selalu berjalan dengan mudah. Dalam setiap langkah, ada saja duri yang siap menerjang. Tidak ada pilihan selain berupaya melaluinya tanpa luka. Kehidupan yang sulit, hanya bisa dihadapi dengan mental yang kuat.

Bukan hanya kerja kerasmu yang menentukan bagaimana kamu bisa menggapai semua impian. Namun mindset yang positif, juga sangat menentukan caramu melangkah. Berikut lima mindset yang bisa membuatmu semakin tangguh menjalani hidup.

1. Tidak ada yang mustahil dalam kerja keras

5 Mindset yang Membuatmu Tangguh Menjalani HidupIlustrasi pria berbahagia. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesuksesan selalu bekerja seperti proses produksi produk. Apa yang kamu masukkan sebagai bahan baku, bagaimana kualitas prosesnya, akan menentukan bagaimana kualitas produk yang dihasilkan.

Demikian pula dengan strategi persaingan dalam kehidupan. Banyak hal yang tampak mustahil, namun dengan kerja keras, seseorang bisa menciptakan keajaiban. Kamu mungkin tidak punya modal bakat, namun kamu bisa mendapatkan kualitas dengan belajar tanpa batas. Itu yang menentukan kualitas akhirmu.

 

2. Ketulusan akan selalu berbuah kebahagiaan

5 Mindset yang Membuatmu Tangguh Menjalani HidupIlustrasi duduk-duduk santai. (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu terkadang minder dengan kekuranganmu dalam banyak hal. Fisik yang kurang sempurna, keuangan yang sempit, pekerjaan yang tidak bergengsi. Namun, dalam setiap kekurangan itu, kamu mampu menemukan kebahagiaan yang tak terbatas.

Selalu hadir memberikan kebahagiaan bagi banyak orang, memberikan apa saja yang kamu miliki, menghadirkan kebahagiaan yang nyata. Kamu sadar bahwa dalam semua keterbatasan hidup, kamu memiliki hidup yang sempurna.

 

3. Kebaikan bisa dalam wujud apa pun

5 Mindset yang Membuatmu Tangguh Menjalani Hidupilustrasi bersama ibu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu tidak memiliki kehidupan yang lapang seperti banyak teman-temanmu. Namun, justru kamu yang bisa memberi banyak hal. Kamu bisa memberikan perhatian, kepedulian, kehadiran, senyuman dan persahabatan.

Kamu memahami bahwa kebaikan bukan hanya tentang harta, tentang gengsi, namun bisa dalam wajud apa saja. Apa pun bentuknya, tetap tujuannya adalah kebahagiaan.

 

Baca Juga: Realistis, 5 Lagu KPop tentang Pentingnya Uang di Kehidupan Kita

4. Apa yang kamu berikan, demikian juga yang akan kamu dapatkan

5 Mindset yang Membuatmu Tangguh Menjalani HidupIlustrasi dua pria bersama. (pexels.com/Nicholas Swatz)

Kehidupan selalu menganut prinsip memberi dan menerima. Apa yang kamu berikan, seperti itu pula yang akan layak kamu dapatkan.

Kamu tidak pernah khawatir dan meragukan masa depan. Karena kamu terus memberikan versi terbaikmu dalam setiap momen yang membutuhkanmu. Kamu selalu percaya, bahwa kebahagiaan dan kesuksesan hanya tentang waktu.

 

5. Kehidupan akan seperti yang kamu pikirkan

5 Mindset yang Membuatmu Tangguh Menjalani HidupIlustrasi wanita berpikir. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mindset berbicara tentang cara berpikir. Caramu menempatkan kehidupan, tentang baik buruknya. Tentang banyak hal positif dan negatif. Bahwa segalanya akan seperti bagaimana kamu memperlakukannya.

Saat kamu berpikir segalanya akan sulit, kamu jelas menghadapi kesulitan. Karena pikiranmu hany terfokus pada kata ‘sulit’. Akhirnya kamu tidak bisa melihat kemudahan di sisi yang berbeda.

Mindset selalu menjadi pengendali bagaimana kamu melangkah. Jika kamu menempatkannya pada sudut negatif, respons lingkunganmu juga akan negatif. Namun, jika kamu menciptakan pikiran yang positif, segalanya menjadi mudah. Segalanya kembali pada caramu menempatkan pikiranmu. Stay positive, semoga bermanfaat.

 

Baca Juga: 5 Ketakutan yang Dialami Seseorang di Kehidupan selain Gagal

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya