Comscore Tracker

Terapkan 5 Tips Ini agar Kembali Semangat Menyambut Senin

Gak kenal kata mager, deh

Mengawali hari Senin memang berat, ya? Karena berdekatan dengan weekend dan terkadang masih ada hawa-hawa libur yang masih terbawa di hari Senin bikin sebagian orang jadi malas bangun dan beraktivitas. Wah sebetulnya ini agak bahaya kalau kamu seorang pelajar atau pekerja yang harus bangun tepat waktu. Bisa-bisa kamu telat ke kantor atau ke kampus, nih!

Eits, tapi rasa malas dan mager itu sebetulnya bisa disiasati, lho. Selain dari mindset dan niat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah semangatmu lagi. Coba terapkan lima hal di bawah ini yuk!

1. Jangan begadang di hari Minggu

Terapkan 5 Tips Ini agar Kembali Semangat Menyambut Seninilustrasi tidur nyenyak [Pexels.com/Andrea Piacquadio]

Agar staminamu tetap terjaga, sebisa mungkin saat malam Senin tidurlah tepat waktu dan hindari begadang. Sebelum tidur cobalah untuk mereklasasi pikiran dan juga tubuhmu agar saat bangun esok hari kamu terasa segar dan bugar. Caranya dengan menyiapkan kasur dan baju tidur nyaman, minum jamu hangat agar badan tetap hangat dan fit, kamu juga bisa menulis diary atau membaca buku sebelum tidur agar pikiranmu rileks dan terbebas dari overthinking.

Yups, istirahat yang cukup adalah kunci tubuh bugar dan psikis yang sehat. Kalau kamu malah begadang karena berpikir ini masih akhir pekan, biasanya saat bangun di Senin pagi badanmu akan terasa kurang fit dan mengawali hari dengan penuh rasa kantuk. Jadi, kalau kamu mau begadang dan menikmati weekend, lebih baik di malam Minggu saja, ya.

2. Awali dengan sarapan kesukaan

Terapkan 5 Tips Ini agar Kembali Semangat Menyambut Seninilustrasi sarapan sehat [Pexels.com/Julian Jagtenberg]

Beberapa orang menjadikan makanan sebagai mood booster. Kalau kamu tipe orang yang seperti ini, pilihlah menu sarapan yang dapat menambah semangatmu, deh. Misal dengan salad, sereal atau makanan berat seperti nasi uduk, nasi kuning atau ketoprak kesukaanmu. Kamu juga bisa tambah dengan susu agar energimu semakin penuh atau secangkir kopi agar tetap terjaga seharian.

Makanlah secukupnya supaya kamu dapat beraktivitas dengan leluasa, ya. Biasanya kalau sampai kekenyangan kamu jadi susah gerak dan malas beraktivitas, nih. Kamu juga bisa ajak teman atau keluargamu untuk sarapan bersama sekalian quality time. Intinya, isilah energimu senyaman mungkin agar semangat menjalani hari, ya.

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengatasi Sunday Scaries, Jangan Takut Sama Hari Senin!

3. Segera bangun dan peregangan badan

Terapkan 5 Tips Ini agar Kembali Semangat Menyambut Seninilustrasi bangun tidur [Pexels.com/Andrea Piacquadio]

Kalau kamu tidur cukup, kamu pun akan bangun di hari Senin dengan segar tanpa rasa malas, lho. Segeralah bangun dari kasurmu dan lakukan peregangan singkat agar badanmu gak kaku dan terasa segar. Kamu juga bisa berjemur di bawah matahari beberapa menit sebelum mandi. Biasanya, berjemur di pagi hari bisa menghindari rasa kantuk seharian, lho. Coba yuk!

Setelah peregangan dan berjemur singkat, mandilah dengan bersih agar badanmu terasa segar dan wangi! Kalau kamu bersiap dengan baik, hari Seninmu dijamin akan jauh dari rasa kantuk dan mager deh.

4. Pakailah outfit yang nyaman

Terapkan 5 Tips Ini agar Kembali Semangat Menyambut Seninilustrasi memilih outfit [Pexels.com/Liza Summer]

Penampilan dan outfit yang nyaman juga bisa menambah rasa percaya dirimu, lho. Gak harus baru atau mengikuti trend, kok. Berdandanlah secukupnya dan sesuai dengan kepribadianmu saja, ya. Misal dengan menggunakan makeup sesuai acara, memakai baju bersih dan rapi, juga memakai deodorant atau parfum agar segar seharian.

Penampilan yang nyaman juga dapat membuatmu bebas bergerak dan percaya diri saat bertemu dengan orang. Apalagi jika pekerjaanmu sering bertemu klien, pakaian dan kesopananmu akan menjadi tolak ukur perusahaanmu, lho. Jadi pastikan kamu segar dan semangat menjalani hari meskipun hari Senin, ya!

5. Awali hari dengan senyuman dan menyapa orang terdekat

Terapkan 5 Tips Ini agar Kembali Semangat Menyambut Seninmemberi makanan [Pexels.com/Uriel Mont]

Menebar kebahagiaan dan senyuman pada orang lain juga bisa menambah rasa bahagia pada hati kita, lho. Coba deh untuk memulai hari Senin dengan menyapa temanmu saat berpapasan. Tanyalah bagaimana kabarnya dan weekend-nya kemarin. Karena kamu sudah menyiapkan diri dengan baik sebelum beraktivitas, dapat dipastikan perasaanmu juga senang dan dalam mood yang baik, kan? Nah alangkah baiknya kalau kamu jadi mood booster bagi orang lain agar suasana kantor atau kelas menjadi happy!

Mengawali hari Senin memang berat dan penuh tantangan. Apalagi jika disambut dengan banyak deadline dan tugas yang menumpuk. Namun tetaplah menjaga semangat dan mood-mu tetap baik agar menjalani hari dengan semangat dan membawa happy virus untuk sekitar, ya. Meskipun bangun di hari Senin memang sulit, tapi gak ada salahnya untuk dicoba. Yuk, semangat para pejuang kesuksesan. Jangan mau kalah sama rasa malas, ya!

Baca Juga: 10 Meme Lucu Ketemu Hari Senin Ini Bikin Ketawa, Makin Mager deh!

Juliettt Aff Photo Verified Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya