Comscore Tracker

Hadirnya Sering Tak Dirasa, Ternyata Inilah 5 Sisi Menonjol Si Pendiam

Di balik diamnya ada kualitas diri yang luar biasa!

Tak semua orang bisa luwes dalam bersosialisasi, pandai meramu kata-kata atau memancing obrolan. Ada pula karakter pendiam yang lebih senang mendengarkan, daripada ikut terlibat dalam perdebatan.

Karena tipenya yang irit kata, kehadiran si pendiam ini sering tak dirasa dan menjadi seorang pendiam sering dipandang negatif sebagai kekurangan. Padahal, tiap karakter memiliki keunggulannya masing-masing.

Dan pendiam pun punya banyak sisi menonjol yang bisa diacungi jempol. Seperti yang akan dijabarkan berikut ini.

1. Pendengar yang baik

Hadirnya Sering Tak Dirasa, Ternyata Inilah 5 Sisi Menonjol Si Pendiampexels.com/@fauxels

Banyak orang pandai bicara, tapi tak semuanya bisa jadi pendengar yang baik. Menjadi pendengar yang baik tak sekadar pasang kuping, selesai!

Dibutuhkan kemampuan dalam menekan ego untuk mencurahkan masalah pribadi sendiri, dan menggantinya dengan kesetiaan untuk menampung berbagai curhatan lawan bicara. Dan biasanya orang pendiam lebih jago dalam hal ini, disebabkan mereka bukanlah seorang yang gemar mengumbar kata.

2. Berpikir dulu sebelum berbicara

Hadirnya Sering Tak Dirasa, Ternyata Inilah 5 Sisi Menonjol Si Pendiampexels.com/@fauxels

Orang yang pendiam biasanya tidak asal bicara. Mereka akan berpikir dan mempertimbangkan matang-matang dahulu, sebelum mengemukakan pendapatnya. Jadinya, walau irit kata tapi bermakna.

Baca Juga: 6 Suka Duka jadi Orang Pendiam, Jangan Sedih Ya

3. Pengamat yang cermat

Hadirnya Sering Tak Dirasa, Ternyata Inilah 5 Sisi Menonjol Si Pendiampexels.com/@fauxels

Di saat yang lain sibuk bicara, si pendiam malah sibuk mengamati apa yang sedang dibicarakan. Di balik sikapnya yang tampak santai, ia sebenarnya menyerap informasi yang disampaikan, kemudian menganalisisnya.

Tak hanya itu, orang pendiam juga cermat dalam membaca lingkungan sekitar, mimik muka atau bahasa tubuh rekan-rekannya, yang kerap terlewat dari perhatian. Itulah sebabnya orang pendiam lebih sulit dibohongi, karena dia selalu memperhatikan gerak-gerik sekitarnya, yang kadang mereka sendiri tak menyadari.

4. Bisa jaga rahasia

Hadirnya Sering Tak Dirasa, Ternyata Inilah 5 Sisi Menonjol Si Pendiampexels.com/@fauxels

Disebabkan dasarnya orang pendiam tak begitu suka bicara, mereka sangat bisa diandalkan untuk menjaga rahasia. Curhat padanya insya Allah aman, karena mereka tak akan tergoda untuk membocorkan dengan tujuan menciptakan drama.

5. Berwibawa

Hadirnya Sering Tak Dirasa, Ternyata Inilah 5 Sisi Menonjol Si Pendiampexels.com/@fauxels

Orang pendiam umumnya dimintai pendapat di akhir-akhir. Meski tak banyak bersuara, sekalinya bicara, muatannya berbobot. Karena itu tadi, si pendiam biasanya memikirkan dulu matang-matang sebelum memberi ide. Ia akan coba menganalisis dari berbagai sudut pandang.

Itulah mengapa, orang pendiam biasanya lebih berwibawa daripada orang yang banyak cakap. Walaupun cuitannya jarang, tapi sekali bercuit, berisi!

Dari paparan di atas, terbukti kan bahwa tiap karakter memiliki kelebihannya sendiri. Termasuk si pendiam yang sering luput dari perhatian terkalahkan mereka yang memang senang bicara. Karena itu, buat kamu si pendiam, tak usah minder lagi, ya!

Baca Juga: Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat Kerja

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya