Comscore Tracker

5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukan

Bisa membuka peluang baik lebih besar

Menjadi pribadi yang disenangi orang-orang cenderung mendatangkan keuntungan. Misalnya, orang akan senang membantumu di kala mengalami kesulitan dan memberimu kepercayaan terhadap peluang atau kesempatan baru.

Tetapi, kamu gak perlu berpura-pura bahagia atau ceria untuk menjadi pribadi menyenangkan. Dengan meningkatkan kualitas diri, maka dengan sendirinya pribadimu disukai banyak orang, kok.

Patut dilakukan, kamu bisa mulai melakukan beberapa sikap berikut ini agar menjadi pribadi yang mudah disenangi orang lain. Jangan terlalu memaksakan, ya.

1. Selalu bersikap jujur

5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukanilustrasi wanita berponi (unsplash.com/Guillaume Bleyer)

Untuk menjadi pribadi yang mudah disenang, kamu hanya perlu menjadi diri sendiri. Jujur mengatakan apa yang memang kamu rasakan, bukan apa yang orang lain ingin dengar.

Sikap jujurmu itu akan mendulang kepercayaan dari orang-orang sekitar. Mereka merasa nyaman saat meminta pendapat karena yakin apa yang kamu ucapkan itu memang yang sebenarnya.

2. Tertarik dengan pengalaman orang lain

5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukanilustrasi teman sedang ngobrol (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Salah satu cara ampuh untuk menjadi orang yang disukai banyak orang adalah dengan memiliki kemampuan mendengar. Kemampuan ini mudah kamu kuasai apabila ada rasa ingin tahu atau ketertarikan terhadap pengalaman yang dimiliki orang lain.

Saat orang bercerita tentang peristiwa mereka, kamu menjadikannya sebagai sumber pembelajaran. Di satu sisi kamu mendapatkan pengetahuan baru, di sisi lain lawan bicara jadi senang karena ada orang yang mendengarkan cerita mereka dengan saksama.

3. Selalu terapkan sikap rendah hati

5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukanilustrasi pria tersenyum (unsplash.com/Irene Strong)

Sekalipun kamu piawai dalam bidang yang dibutuhkan banyak orang, tapi kalau sikapmu tak baik, orang-orang gak akan suka. Sombong jadi salah satu sikap yang harus dibuang jauh-jauh.

Pada awalnya mungkin masih ditoleransi sikap congkakmu itu. Namun, ketika ada orang lain yang bisa menggantikan, mereka dengan senang hati menggesermu. Loyalitas hanya akan diperoleh bagi orang-orang yang punya sikap baik.

Maka dari itu, kalau ingin semua lancar dan peluang selalu terbuka lebar, cobalah bersikap rendah hati. Jangan menguasai pujian ketika prestasimu itu hasil dari kerja banyak orang. Berikan pula mereka apresiasi atas kerja keras yang telah ditunjukkan.

Baca Juga: 5 Aktivitas saat Pandemik untuk Meningkatkan Kualitas Diri

4. Berusahalah untuk selalu tepat waktu

5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukanilustrasi jabatan tangan (pexels.com/Anna Pou)

Kalau kamu sering jadi korban orang-orang yang gak tepat waktu, hal itu gak bisa jadi alasan untuk menjadikannya contoh. Sejauh ini, kalau kamu selalu konsisten tepat waktu, sikapmu itu pasti akan diperhatikan orang lain.

Selalu memenuhi janji sesuai jadwal adalah bentuk menghargai terhadap waktu yang dimiliki oleh orang lain. Timbal baliknya, orang lain pun akan menghargaimu, lho.

5. Memiliki empati yang tinggi

5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukanilustrasi teman berempati (pexels.com/Liza Summer)

Sikap lain yang mesti kamu latih supaya bisa jadi pribadi yang disukai orang lain adalah memiliki empati tinggi. Empati ini akan membuatmu jadi pribadi yang peka dan perhatian. Gak egois, deh.

Dengan empati yang tinggi, kamu pun gak segan memberi bantuan di kala orang lain kesulitan. Selama kamu mampu berusaha menolong mereka. Itulah sebabnya, ketika kamu sedang kesusahan, orang lain pun akan gerak cepat untuk membantumu.

Menjadi orang yang menyenangkan gak perlu sampai memaksakan diri atau berpura-pura, kan? Sikap-sikap tadi memang perlu dilatih setiap orang untuk menjadi pribadi yang berkualitas. Jadi, jangan lelah untuk terus melatih sikap baik tadi, ya!

Baca Juga: 5 Bahayanya Kalau Kamu Dekat dengan Orang yang Tak Memiliki Empati

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya