Comscore Tracker

Meski Bukan Segalanya, 5 Manfaat Menjaga Penampilan Diri

Pernah menyadari hal ini tidak?

Orang sering berkata bahwa penampilan bukan segalanya. Memang benar, karena karakter dan sikap seseorang jauh lebih penting ketimbang penampilannya. Namun, pada kenyataannya dirimu melihat seseorang itu pasti dari penampilannya terlebih dahulu.

Dirimu juga tak bisa menampik bahwa penampilan yang oke itu lebih menarik banyak perhatian dan kekaguman banyak orang. Maka dari itu, yuk simak lima manfaat dari menjaga penampilan. Let's get to the list. 

1. Menggambarkan kedewasaan seseorang 

Meski Bukan Segalanya, 5 Manfaat Menjaga Penampilan Diriilustrasi kebahagiaan (pixabay.com/Allinoch)

Ternyata kedewasaan seseorang tidak hanya dilihat dari bagaimana dia berpikir, namun juga bagaimana dia berpenampilan. Saat masih muda atau masih bocah sekolah dasar, apakah kamu berpikiran untuk membeli skin care, perawatan rutin, dan lainnya? Tentunya tidak.

Namun, ketika sudah dewasa, merasakan sakitnya ditolak karena penampilan, dirimu jadi lebih mengerti tentang arti penampilan yang sesungguhnya. Makanya, ketika sudah dewasa dan bisa mengurus diri sendiri, secara otomatis dirimu akan merawat penampilan. 

2. Memudahkan untuk bisa diterima di awal hubungan 

Meski Bukan Segalanya, 5 Manfaat Menjaga Penampilan Diriilustrasi pasangan (pixabay.com/StockSnap)

Jangan muluk-muluk sampai ke tahap paling akhir. Setidaknya dengan memiliki penampilan yang rapi, dirimu sudah membuka satu pintu dari sebuah hubungan. Bagaimana mau kenalan dan berhubungan lebih lanjut, kalau di awal saja sudah ditolak?

Maka dari itu, penting sekali menjaga penampilan supaya dapat memudahkan dirimu ke tahap selanjutnya. Menjaga penampilan bukan artinya harus menarik secara fisik, namun setidaknya dirimu merawat apa yang sudah diberikan Tuhan dalam dirimu. 

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Merawat Diri Harus Mulai Dilakukan Saat Remaja

3. Bisa menggambarkan citra diri

Meski Bukan Segalanya, 5 Manfaat Menjaga Penampilan Diriilustrasi kendaraan (pixabay.com/Pexels)

Penampilan itu menggambarkan dirimu. Karena penampilan adalah bagian dari ekspresi diri. Yuk, mulai sekarang cobalah self branding. Apa sih image yang kamu inginkan orang lain tahu tentang dirimu? Maka cobalah tuangkan hal itu dalam penampilan kamu. 

Dengan demikian, kamu akan menyaring orang-orang yang memang tertarik dengan image yang ingin kamu bawakan. Dirimu pun akan lebih mudah diterima dan dilihat orang ketika berpenampilan sesuai dengan image yang digambarkan. Enak banget, bukan? 

4. Sebagai bentuk penghargaan untuk diri sendiri 

Meski Bukan Segalanya, 5 Manfaat Menjaga Penampilan Diriilustrasi kemewahan (pixabay.com/PhotoMix-Company)

Penampilan juga merupakan bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Karena melalui penampilan yang baik, dirimu sadar akan pentingnya memberikan self reward atas kerja keras yang sudah kamu lakukan. Tak melulu menghabiskan uang untuk makan di luar kontrol.

Sesekali berinvestasilah untuk badan sendiri. Investasi yang dengan membeli pakaian yang rapi dan enak dilihat orang. Dirimu sudah bekerja keras, jadi tak ada salahnya mulai memperhatikan cara berpenampilan yang baik.

5. Terlihat elegan oleh orang lain

Meski Bukan Segalanya, 5 Manfaat Menjaga Penampilan Diriilustrasi penampilan (pixabay.com/xusenru)

Ketika kamu hanya fokus kepada beli barangnya saja atau fashion-nya saja, tapi tidak memperhatikan penampilan dirimu terkini, maka akan percuma saja. Ketika kamu memiliki penampilan yang oke, badan yang fit, pola hidup sehat, maka barang murah pun akan terlihat mahal jika kamu yang pakai.

Jadi, boleh beri barang branded. Tapi perhatikan juga apakah kamu sudah siap memakainya atau belum. Jadi, fokuslah merawat diri sendiri terlebih dahulu. Baru berpikiran untuk beli barang-barang mewah.

Penampilan memang bukan segalanya. Namun, dengan memperhatikan penampilan pun, nyatanya membawa segudang manfaat untuk kamu. Jadi, sudahkah kamu menjaga penampilan kamu?

Penjelasan di atas bukan berarti dunia menuntutmu menjadi sosok rupawan, namun menjaga dan merawat yang telah ada. Seperti menjaga kebersihan dan kerapian penampilanmu. Kalau kamu sendiri merasa nyaman, tentu akan terpancar kebahagiaan dirimu.

Baca Juga: 5 Skin Care Dasar Harus Dimiliki Kamu yang Baru Belajar Merawat Diri

Laurensius Aldiron Photo Verified Writer Laurensius Aldiron

Seorang pegawai kantoran pada umumnya, yang memilih menulis untuk mengeluarkan opini yang tak bisa disampaikan secara langsung..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya