Comscore Tracker

Meski Menyebalkan, Ini 5 Hal Baik yang Kamu Dapatkan dari Bersabar 

#IDNTimesLife Menyebalkan sih, tapi bermanfaat!

Sabar, sabar, dan sabar, tentu bukan hal yang menyenangkan. Bagaimana pun kamu pasti capek kalau harus melakukannya terus-menerus. Ketika porsi sabar ini habis, maka amarah dan kebencian yang akan menyelimuti  dirimu.

Tapi, ketahuilah bersabar itu banyak manfaatnya. Ini beberapa hal baik yang akan didapatkan kalau kamu mau bersabar dalam segala hal.

1. Selagi bersabar, kamu bisa merancang strategi terbaik

Meski Menyebalkan, Ini 5 Hal Baik yang Kamu Dapatkan dari Bersabar pexels.com/Andrea Piacquadio

Hidupmu mungkin diselimuti masalah dalam beberapa bulan terakhir. Namun, meluapkan amarahmu gak akan menyelesaikan masalah. Justru dengan bersabar, kamu bisa rancang strategi terbaik untuk menyelesaikan masalah.

Pasalnya, hati dan pikiran dalam keadaan tenang sehingga keduanya bisa bekerja maksimal. Maka dari itu, kontrol emosi dengan baik supaya kamu gak mudah terbawa suasana sehingga hasil yang didapat juga baik.

2. Juga mencoba peluang baru yang gak pernah dibayangkan

Meski Menyebalkan, Ini 5 Hal Baik yang Kamu Dapatkan dari Bersabar pexels.com/Nick Bondarev

Anggaplah saat ini kamu gagal lagi. Kamu pasti sedih, marah, atau benci sama diri sendiri. Tapi, membalas kegagalan dengan kebencian gak akan membuat hidupmu lebih baik. 

Namun, bersabarlah yang bikin kamu jauh lebih baik. Selagi menunggu keberuntungan datang, kamu bisa coba hal-hal baru yang bermanfaat untuk diri sendiri. Dan tetap berpikir positif kalau kamu bisa.

3. Bersabar melatihmu untuk lebih dewasa

Meski Menyebalkan, Ini 5 Hal Baik yang Kamu Dapatkan dari Bersabar pexels.com/Kamila Ferreira

Gak ada satu hal pun yang didapatkan secara instan. Jadi, jangan paksa diri untuk bekerja pagi, siang, malam non-stop cuma untuk menggapai sesuatu. Yang ada malah capek sendiri atau jadi stres kalau usahamu gak juga membuahkan hasil.

Bersabarlah! Cuma dengan cara ini kamu bisa tabah menjalani sesuatu. Ini secara gak langsung membuat kamu semakin dewasa dan berani melepas kalau memang bukan jalannya.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tetap Sabar saat Kebaikanmu tidak Dihargai Orang Lain

4. Hal-hal terbaik akan datang kalau kamu tetap bersabar

Meski Menyebalkan, Ini 5 Hal Baik yang Kamu Dapatkan dari Bersabar pexels.com/Omar López

Dengan sikap yang menggebu-gebu, kamu mungkin akan mendapatkan apa yang diinginkan. Sayangnya, itu gak bertahan lama, cuma sesaat karena kamu gak pikir panjang tentang efek sampingnya. Kamu terlanjur dibutakan dengan rasa senang yang gak ada habisnya.

Apa salahnya bersabar sedikit saja. Biarkan hal-hal baik terbentuk secara utuh terlebih dahulu, baru kamu boleh nikmati sehingga gak ada sengsara atau penyesalan nantinya.

5. Mendekatkanmu kepada Tuhan

Meski Menyebalkan, Ini 5 Hal Baik yang Kamu Dapatkan dari Bersabar pexels.com/John Ray Ebora

Sikap sabarmu secara gak langsung akan membuatmu semakin dekat dengan Tuhan. Kamu semakin pasrah pada apapun yang menjadi rencana Tuhan karena yang datang dari pada-Nya adalah yang terbaik.

Meski pasrah, kamu harus tetap berusaha untuk mewujudkan hal-hal baik itu agar cepat datang. Sedangkan sisanya serahkan kepada Yang Kuasa.

Kesabaran itu ada buahnya, kok. Jadi, jangan capek-capek bersabar dalam hidup, ya! Cepat atau lambat, kamu akan lihat sendiri hasilnya. 

Baca Juga: Sabar Dulu, Ini 5 Cara Bijak Menyikapi Pasangan yang Visinya Berubah

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya