Comscore Tracker

Ini Dia, 5 Alasan Kamu Harus Mengapresiasi Usaha Orang Lain

Karena saling menghargai itu indah!

Apresiasi adalah tindakan menghargai karya atau usaha seseorang, baik melalui kritik, saran, dan dukungan. Orang yang diapresiasi tentu akan bersemangat, dan kamu juga berjasa karena telah memberi mereka masukan dan dukungan agar mereka terus berusaha.

Namun, nampaknya perkara pentingnya apresiasi ini masih sering dilupakan oleh masyarakat. Padahal, kita bisa mengapresiasi orang lain dengan sederhana.

Nah, dalam artikel ini, penulis akan memberikan 5 alasan mengapa kamu harus mengapresiasi usaha orang lain. Yuk, kita simak!

1. Membuat orang lain lebih bersemangat

Ini Dia, 5 Alasan Kamu Harus Mengapresiasi Usaha Orang Lainpexels.com/bruce mars

Apresiasi merupakan tanda penghargaan atau penerimaan atas karya, jasa, atau usaha seseorang. Mengapresiasi orang lain berarti juga mendukungnya untuk senantiasa berkarya.

Dengan demikian, orang tersebut akan berpikir bahwa ada seseorang yang memandang usaha atau karyanya, sehingga apa yang telah ia kerjakan tidaklah sia-sia. Apresiasi dapat menjadi bahan bakar penyemangat untuknya.

2. Kamu akan mendapat timbal balik

Ini Dia, 5 Alasan Kamu Harus Mengapresiasi Usaha Orang Lainpexels.com/Christina Morillo

Biasanya, alasan seseorang dengan senang hati mengapresiasi orang lain karena ia tahu kebahagiaan karena sudah dihargai. Dengan demikian, ia berharap akan mendapat apresiasi atas usahanya di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, sesekali coba kamu tunjukkan atau ceritakan tentang usahamu dalam menghasilkan sesuatu kepada orang lain, terutama yang pernah kamu apresiasi usahanya. Siapa tahu, ia akan memberikan masukan dan dukungan yang berguna bagimu. Ia juga lebih senang hati dalam memberi berbagai masukan agar kamu semakin berkembang, sebab kamu juga pernah melakukan hal yang sama kepadanya.

Baca Juga: 5 Tanda Tak Terbantahkan Bahwa Kamu Sedang Insecure dalam Pertemanan

3. Mempererat hubungan

Ini Dia, 5 Alasan Kamu Harus Mengapresiasi Usaha Orang Lainpexels.com/VisionPic.net

Adanya tindakan mengapresiasi, berarti menghadirkan komunikasi antara kamu dengan orang lain yang kamu apresiasi. Bisa jadi, kalian akan semakin akrab nantinya. Barangkali ia akan datang lagi kepadamu saat membutuhkan masukan atau dukungan. Kamu juga bisa berbicara padanya saat kamu ingin meminta masukan darinya. Hubungan erat ini dapat terjadi karena adanya rasa saling percaya.

4. Belajar memberikan masukan yang membangun

Ini Dia, 5 Alasan Kamu Harus Mengapresiasi Usaha Orang Lainpexels.com/mentatdgt

Kita juga akan belajar memberikan masukan dan dukungan yang tepat kepada orang lain. Tentu saja, agar kita terbiasa begini, kita harus senantiasa belajar. Pernahkah kamu memberi masukan tetapi orang tersebut malah tersinggung? Maka dari itu, dengan inisiatif untuk senantiasa mengapresiasi orang lain, maka kita akan belajar bagaimana caranya mengkritik, memberi saran, serta dorongan semangat di saat yang sama.

5. Siapa tahu kamu juga bisa ikut merasakan hasilnya

Ini Dia, 5 Alasan Kamu Harus Mengapresiasi Usaha Orang Lainpexels.com/Bayu jefri

Katakanlah temanmu membuka bisnis atau membuat suatu karya lukis maupun sastra, dan kamu senantiasa memberikan apresiasi yang dapat menjadi pelajaran dan penyemangat baginya.

Berkat segala usaha yang ia lakukan, akhirnya bisnis atau karyanya sukses. Siapa tahu, kamu akan diundangnya untuk makan bersama atau hal-hal menyenangkan lainnya, sebagai perayaan atas kesuksesannya. Ini juga merupakan bentuk terima kasih darinya atas apresiasi yang senantiasa kamu berikan.

Itu tadi 5 alasan pentingnya mengapresiasi usaha orang lain ala penulis. Memang, setiap orang belum tentu memiliki cara yang sama dalam mengapresiasi, tetapi yang terpenting adalah kita sadar bahwa saling menghargai itu sangat penting dalam kehidupan. Semoga kita menjadi orang yang senantiasa menghargai orang lain, ya!

Nah, apa kamu punya alasan lain terkait pentingnya saling menghargai? 

Baca Juga: 6 Hal yang Kadang Gak Kita Apresiasi, tapi Berharga untuk Orang Lain

Madda Putra Photo Writer Madda Putra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya