Comscore Tracker

6 Tips saat Melakukan Street Feeding, Perhatikan Kebersihan

Tidak hanya manusia, hewan jalanan juga butuh bantuan kita, nih!

Setiap keluar rumah, kita pasti sering bertemu dengan kucing dan anjing jalanan. Tidak jarang, kita melihat kondisi mereka yang kelaparan dan memprihatinkan. Oleh karena itu, kita bisa membantu mereka dengan melakukan street feeding. 

Street feeding adalah kegiatan mulia dengan memberikan makanan untuk hewan jalanan. Kita hanya perlu membawa makanan kucing atau anjing saat bepergian. Tidak perlu berkelompok, kegiatan ini juga bisa dilakukan sendiri.

Nah, simak deretan tips penting di bawah ini sebelum kalian mulai melakukan street feeding, ya. 

1. Pilih jenis makanan

6 Tips saat Melakukan Street Feeding, Perhatikan Kebersihanilustrasi makanan anjing dan kucing (unsplash.com/@sammoqadam)

Memilih jenis makanan yang tepat, penting untuk dilakukan sebelum melakukan street feeding.

Pastikan kamu memisahkan makanan untuk kucing dan anjing, karena kandungan makanan kedua hewan ini berbeda. Pilihlah kualitas makanan yang baik pula, ya. Tidak perlu mahal, karena sudah banyak merk makanan kucing ataupun anjing di pasaran yang berkualitas tapi tidak menguras kantong. 

2. Siapkan wadah

6 Tips saat Melakukan Street Feeding, Perhatikan Kebersihanilustrasi street feeding (unsplash.com/@bonniekdesign)

Saat keluar rumah, pastikan untuk membawa wadah yang pas untuk menyimpan makanan hewan. Biasanya lebih mudah membawa makanan kering dalam wadah kecil, seperti botol plastik ataupun toples kecil. Sesuaikan dengan kapasitas tas yang akan kamu bawa di perjalanan. 

3. Pilih alas yang tepat

Lebih baik meletakkan makanan hewan di atas alas, daripada diletakkan langsung ke permukaan lantai atau tanah.

Selain terlihat lebih rapi, makanan akan tetap bersih, sehingga hewan jalanan terhindar dari kuman dan bakteri.

Bawalah kertas baru ataupun bekas dan coba lipat seperti mangkuk. Kertas juga lebih aman daripada plastik, sehingga tidak menimbulkan sampah yang berlebih. 

Baca Juga: 8 Spesies Keluarga Kucing yang Hidup di Indonesia, Ada Kucing Merah

4. Jangan lupakan air minum

6 Tips saat Melakukan Street Feeding, Perhatikan Kebersihanilustrasi air minum anabul (unsplash.com/@dorographie)

Makan tanpa minum rasanya tidak enak, bukan? Apabila memungkinkan, pastikan kucing atau anjing yang kalian libatkan dalam street feeding juga minum setelah mereka makan. Sering minum juga bisa membuat mereka lebih sehat, lho. Jangan lupa, pastikan air yang mereka minum adalah air bersih, bukan air comberan atau bekas cucian. 

5. Berinteraksi dengan anabul

6 Tips saat Melakukan Street Feeding, Perhatikan Kebersihanilustrasi interaksi dengan anabul (unsplash.com/@thesollers)

Saat kamu melakukan street feeding, ajak juga anabul alias anak bulu untuk berinteraksi. Cobalah untuk berbicara, mengelus, dan tetap berada di dekatnya saat mereka sedang makan. Kegiatan ini juga bisa meredakan stres, lho. 

6. Cek kondisi mereka

6 Tips saat Melakukan Street Feeding, Perhatikan Kebersihanilustrasi cek kondisi anabul (unsplash.com/@ankumpan)

Selain memberikan makan, jangan lupa juga untuk mengecek kondisi mereka. Biasanya, kucing atau anjing jalanan ada yang menderita penyakit tertentu, baik itu berat maupun ringan.

Jika memungkinkan, kamu bisa bantu mereka untuk membawa ke vet terdekat. Sekarang banyak sekali komunitas kucing atau anjing yang siap membantu untuk biaya pengobatan hewan jalanan.

Saat melakukan street feeding, tetap lakukan kebiasaan baik pula, ya. Seperti buang sampah pada tempatnya dan bantulah hewan jalanan yang sedang dalam kesulitan.

Baca Juga: 7 Anjing Ini Sering Membantu Polisi dan Militer

Maratus Solihah Photo Writer Maratus Solihah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya