Comscore Tracker

5 Hal yang Sangat Dihargai Orang dari Kesuksesanmu

#IDNTimesLife Bukan melulu uangmu

Kalau sudah sukses lalu apa? Inilah pertanyaan yang bila gak berhasil dijawab dengan baik akan membuat hidupmu hampa. Orang bisa melihat pemandangan indah setelah tiba di puncak gunung.

Namun bila kamu gagal menjawab pertanyaan di atas, di puncak kesuksesanmu hanya akan ada kekosongan. Jika kesuksesan hanyalah tentang apa yang berhasil kamu raih, itu sama sekali gak menerbitkan rasa hormat dari orang lain.

Apakah itu penting? Tentu saja, sebab tanpa rasa hormat dari orang lain, kesuksesan atau kegagalanmu jadi nyaris gak ada bedanya. Makanya, ayo cari tahu apa saja yang membuat orang menghargai perjalanan kesuksesanmu!

1. Sejak awal, kamu mandiri dalam mencari jalan untuk sukses

5 Hal yang Sangat Dihargai Orang dari KesuksesanmuIlustrasi seorang wanita (pexels.com/kamaji-ogino)

Kamu gak pernah merepotkan orang lain demi apa-apa yang kamu inginkan dalam hidupmu. Kamu tahu betul mana yang menjadi tanggung jawab pribadimu, termasuk di dalamnya ialah kesuksesanmu di masa depan.

Kamu giat mencari berbagai informasi dan kesempatan yang dibutuhkan untuk mendekatmu pada tujuan. Kamu menghargai bantuan orang lain, tetapi tidak pernah meminta apalagi memaksa siapa pun melakukan ini itu untukmu. 

2. Kamu gak menghalalkan segala cara demi terwujudnya keinginan

5 Hal yang Sangat Dihargai Orang dari KesuksesanmuIlustrasi seorang pria (pexels.com/kadir-ciftci-2710969)

Seperti mayoritas orang, tentu kamu juga ingin cepat sukses. Lebih cepat lebih baik. Akan tetapi ini gak membuatmu buta akan cara yang baik dan cara yang buruk.

Kamu cuma mau yang pertama, sebisa mungkin tidak tergelincir oleh godaan cara-cara kilat tetapi jahat demi teraihnya impian. Selalu ada kesempatan untuk itu kalau kamu mau, tetapi kamu berkeras menolak.

3. Setelah sukses, kamu gak menggunakannya untuk menekan orang lain

5 Hal yang Sangat Dihargai Orang dari KesuksesanmuIlustrasi bermain catur (pexels.com/emrekeshavarz)

Kesuksesan adalah kekuatan yang sangat besar. Banyak yang bisa meraihnya, tetapi hanya sedikit yang mampu menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Dibutuhkan kearifan untuk membuat kesuksesanmu gak berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain. Yang paling kerap terjadi, arogansi muncul seiring dengan kesuksesan.

Baca Juga: 5 Tips Terhindar dari Sikap Iri Hati pada Kesuksesan Orang Lain

4. Kamu tidak terlalu membanggakan diri atas kesuksesan yang diraih

5 Hal yang Sangat Dihargai Orang dari KesuksesanmuIlustrasi seorang wanita (pexels.com/khoa-vo-2347168)

Tentu bukan berarti kamu gak bangga. Kamu sangat bangga pada hasil kerja kerasmu. Akan tetapi kamu juga sadar ada banyak orang dan hal lain yang membuat kesuksesan itu dapat diraih.

Misalnya, dukungan dari orang-orang terdekat. Juga bimbingan dari para mentor, waktu yang tepat, serta izin Tuhan. Kamu mampu mengapresiasi diri sendiri sekaligus gak melupakan faktor-faktor kesuksesan yang lain.

5. Kamu tetap bersahaja dan mampu menggunakan kesuksesanmu untuk membantu sesama

5 Hal yang Sangat Dihargai Orang dari KesuksesanmuIlustrasi pria duduk di bangku (pexels.com/budgeron-bach)

Seiring dengan kesuksesanmu, tentu ada yang berubah dari dirimu. Misalnya, penampilan dan caramu membawa diri di depan banyak orang. Secara garis besar, kamu tampil makin elegan.

Namun semua itu gak mengubah karakter aslimu yang bersahaja. Kamu gak lantas berlebihan dalam berpenampilan maupun berbicara. Kamu tetap terlihat wajar dan bisa membaur dengan yang lain.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan manfaat melalui kesuksesanmu. Mungkin dengan memberikan bantuan berupa materi maupun nonmateri seperti dukungan untuk teman-temanmu mencapai kesuksesan masing-masing.

Meraih kesuksesan saja bukan proses yang mudah. Namun menjadi orang sukses yang dihargai lebih sulit lagi. Salah bersikap, kesuksesanmu malah menjadi olok-olok belaka.

Baca Juga: Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya