Comscore Tracker

Boleh Capek Asal Berfaedah, Seperti Melakukan 6 Kegiatan Ini 

#IDNTimesLife Biar waktu dan tenagamu gak sia-sia 

Semua aktivitas pasti akan membuatmu capek. Itu karena kamu sudah mengeluarkan energi yang cukup besar. Capek itu gak apa-apa kok. Hanya saja, sama seperti begadang, kamu harus memastikan capekmu ada manfaatnya.

Bukan sekadar melakukan hal-hal yang gak berguna atau malah buruk untuk hidupmu. Seperti apa sajakah kegiatan berfaedah yang bikin capekmu gak perlu disesali? Simak daftarnya berikut ini.

1. Bekerja dan belajar 

Boleh Capek Asal Berfaedah, Seperti Melakukan 6 Kegiatan Ini Pexels.com/charlotte-may

Keduanya akan membawa dampak positif yang besar dalam hidupmu sampai jauh ke masa depan. Kalau kamu masih menempuh pendidikan, belajar dengan giat akan mendekatkanmu pada cita-citamu.

Sebaliknya kalau malas belajar lalu nilai-nilaimu jelek, mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pun susah. Sedang bila kamu sudah bekerja, meski capek, nyatanya dari situ kamu bisa hidup layak bukan? Bahkan hasilnya bisa ditabung untuk hari tuamu kelak.

2. Berolahraga 

Boleh Capek Asal Berfaedah, Seperti Melakukan 6 Kegiatan Ini Pexels.com/ollivves

Berolahraga jelas bikin capek. Namun bukan capek yang bikin kamu loyo terus-terusan. Setelahnya, badan justru terasa bugar. Kesehatanmu pun terjaga. Ini cara paling mudah dan murah untuk menghindarkanmu dari penyakit-penyakit berbahaya.

Kalau sama sekali gak pernah berolahraga, bahkan yang sesimpel jalan kaki, kesehatanmu benar-benar menjadi taruhan. Makanya, masih muda jangan mager, ya! Jangan makan, main gadget, sama rebahan terus.

3. Bersih-bersih tempat tinggalmu 

Boleh Capek Asal Berfaedah, Seperti Melakukan 6 Kegiatan Ini Pexels.com/gabby-k

Yang paling bikin orang malas membersihkan tempat tinggal biasanya memang karena capeknya. Serasa gak kelar-kelar. Pun berpikir sekarang dibersihkan, besok juga bakal kotor lagi.

Duh, kalau kamu juga berpikir begini, jangan lagi deh. Kan, sama saja dengan kamu tidur atau makan. Sekarang tidur atau makan, nanti juga mengantuk atau lapar lagi. Memang sudah seharusnya bersih-bersih itu dilakukan rutin. Biar tempat tinggalmu sehat dan nyaman dihuni.

Baca Juga: Hentikan! 5 Tanda Obrolanmu Sudah Gak Berfaedah 

4. Membantu orangtua atau pasangan 

Boleh Capek Asal Berfaedah, Seperti Melakukan 6 Kegiatan Ini Pexels.com/katerina-holmes

Kegiatan ini akan memperkuat hubunganmu dengan orangtua atau pasangan. Sambil membantu, kalian pasti jadi mengobrol lebih banyak. Lagi pula, kasihan kan, kalau orangtuamu mengerjakan segalanya untukmu?

Padahal mereka juga masih harus bekerja mencari uang. Sedang bila kamu sudah punya pasangan, kamu pun perlu membantunya dalam segala hal. Dari pekerjaan rumah tangga sampai mengasuh anak sudah seharusnya dilakukan bersama. Jadilah pasangan teladan!

5. Jadi sukarelawan kemanusiaan 

Boleh Capek Asal Berfaedah, Seperti Melakukan 6 Kegiatan Ini Pexels.com/rodnae-prod

Nah, kalau di sela-sela kesibukanmu, kamu masih punya waktu luang dan energi yang cukup, menjadi sukarelawan kemanusiaan juga bisa menjadi pilihan. Capek pasti capek. Namun pada saat yang sama, jiwamu akan selalu terasa hangat.

Tahu gak sih? Bahagia itu kadang sesederhana mengetahui diri kita masih bisa bermanfaat buat orang lain, lho. Sekecil apa pun peran kita dalam suatu kegiatan kemanusiaan, pasti bakal terasa menghangatkan jiwa.

6. Menyebarkan energi positif 

Boleh Capek Asal Berfaedah, Seperti Melakukan 6 Kegiatan Ini Pexels.com/Tim Douglas

Bingung caranya? Banyak kok. Kalau ada yang sedang sedih dan kamu datang untuk menghiburnya, itu juga menyebarkan energi positif. Kamu juga bisa membuat konten-konten yang menghibur sekaligus mendidik.

Minimal, gak menyebarkan kebencian deh. Percayalah, energi positif yang kamu pancarkan untuk orang lain akhirnya akan memantul kembali padamu kok. Hidupmu bakal terasa lebih bahagia dan penuh.

Jangankan enam kegiatan di atas, menghabiskan hidup hanya dengan makan dan tidur sepanjang hari juga capek, kan? Namun jelas, capeknya melakukan kegiatan-kegiatan di atas memberi manfaat besar baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jadi, beranilah capek asal berfaedah!

Baca Juga: 5 Akun TikTok Berfaedah Milik Para Perempuan Kreatif

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya