Comscore Tracker

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat Sedih

Apapun pilihanmu, pastikan gak negatif, ya! 

Sebagian orang memilih cepat-cepat curhat pada keluarga, pasangan, atau teman dekat saat merasa sedih. Sebagian lagi memilih bungkam. Mereka yang gak suka curhat malah akan merasa makin gak nyaman jika dipaksa untuk bercerita.

Kamu sendiri termasuk yang mana? Kalau kamu termasuk yang enggan dan malas curhat, kamu mungkin lebih suka melakukan salah satu di antara sepuluh hal berikut ini.

1. Tidur 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/egorvoytikov

Kesedihan biasanya muncul karena adanya masalah. Memang benar, tidur gak menyelesaikan masalah. Namun nyatanya, setelah tidur yang cukup, kamu jadi merasa lebih tenang. Kalau sudah tenang, kamu pun bisa berpikir lebih jernih untuk menemukan solusi atas permasalahanmu.

2. Beraktivitas fisik 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/conscious_design

Aktivitas fisik memang berguna untuk menurunkan tingkat stres. Kamu mungkin akan berolahraga lebih lama dari biasanya. Atau bahkan, berolahraga lagi setelah lama tidak. Bagusnya, selain menurunkan tingkat stres, tubuhmu juga akan lebih sehat. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

3. Bersikap lebih ramah dan dermawan pada orang lain 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/colnago

Bukan berarti kamu munafik, menyangkal kesedihanmu dengan pura-pura bahagia. Hanya saja, kamu merasa bersikap lebih ramah dan dermawan justru akan mempercepat pulihnya suasana hatimu. Ini semacam pancingan.

Kamu berusaha bersikap positif pada orang lain sekalipun kondisi perasaanmu sebenarnya sedang negatif. Sikap positifmu akan mengundang reaksi positif dari orang lain sehingga kamu sungguh-sungguh merasa lebih bahagia.

4. Belanja yang terkait dengan fesyen 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/wx1993

Beberapa orang yakin memperbaiki suasana hati bisa dimulai dengan memperbaiki penampilan. Bisa dipahami, sih, sebab saat kamu sedih, biasanya kepercayaan dirimu juga menurun. Maka mengenakan pakaian, alas kaki, atau topi yang kekinian bisa membuatmu merasa lebih baik.

Yang perlu kamu ingat cuma satu, jangan berlebihan dalam berbelanja. Nanti malah kesedihanmu bertambah mendapati banyaknya tagihan yang harus dibayar atau gaji ludes padahal masih pertengahan bulan.

5. Menghubungi keluarga atau teman 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/liaoweimeifang

Jelas bukan buat menceritakan kesedihanmu. Sering kali hanya sekadar bertanya kabar, menyapa terlebih dahulu setelah lumayan lama gak berkomunikasi, atau bercanda. Ini bisa membuatmu gak merasa kesepian. Tanpa perlu memberitahukan kesedihanmu, berkomunikasi dengan mereka saja sudah membuat perasaan dan pikiranmu lebih enteng.

Baca Juga: Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai Rencana

6. Baca buku 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/annetran

Menenggelamkan diri dalam lautan kata biasa dilakukan oleh mereka yang memang sudah punya hobi membaca. Lalu, apa bedanya dengan hari-hari biasa, dong? Saat mereka sedih, mereka membaca lebih banyak ketimbang biasanya.

Jika itu buku motivasi, mereka jadi lebih bersemangat. Jika itu buku fiksi, ceritanya membuat mereka seolah-olah berada di kehidupan yang berbeda. Menjadi orang yang berbeda dengan kisah yang juga berbeda. Cara yang menyenangkan untuk lari sejenak dari pahitnya kenyataan hidup.

7. Mengudap lebih banyak 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/annetran

Kalau bisa memilih antara sedih dan bahagia, tentu semua orang maunya selalu bahagia ya? Sayangnya kesedihan kerap tak terelakkan. Nah, kalau sudah sedih, tentu lebih baik sedih tetapi kenyang ketimbang sudah sedih masih juga kelaparan.

Sekalipun sedih bisa menurunkan nafsu makan, nyatanya kita akan merasa sedikit lebih baik jika ada yang bisa dikunyah. Sama seperti belanja terkait fesyen, yang penting jangan berlebihan. Selain nanti berat badan melonjak, bisa-bisa malah jatuh sakit kalau kudapannya gak sehat.

8. Bermain dengan binatang peliharaan 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/annetran

Wajah mereka yang lucu, tatapan mata yang seolah-olah memahamimu, dan jelas gak pernah menghakimi akan membuatmu nyaman. Hewan yang sudah kamu rawat sejak kecil selalu bisa membuatmu merasa pulang ke rumah yang sesungguhnya.

Di tengah mereka, kamu merasa diterima dengan apa adanya. Gak cuma bermain, kamu mungkin sampai ketiduran bareng mereka. Kalau binatang peliharaanmu ikan, warna-warni sisik mereka memberimu ketenangan tersendiri.

9. Bepergian sendirian 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/marcute

Gak jarang, kesedihan bikin kamu merasa perlu menjaga jarak dari siapapun. Ketimbang mereka khawatir oleh raut murungmu dan kamu harus menjawab terlalu banyak pertanyaan, kan? Maka kamu memilih bepergian sendirian untuk menenangkan diri. Jauh atau dekat, yang penting sendiri saja.

10. Memperbanyak doa dan mengingat arti kehidupan 

Malas Curhat, Ini 10 Hal yang Biasa Dilakukan Orang Saat SedihUnsplash.com/1lukkon

Kesedihan bikin kamu merasa rapuh, gak berdaya. Wajar bila kamu jadi ingin lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Salah satunya dengan berdoa, meminta penguatan dan petunjuk. Kamu juga akan merenungkan seluruh perjalanan hidupmu dan mencari makna dari setiap kejadian.

 

Semua orang memiliki cara masing-masing untuk membuat mereka merasa lebih baik setelah bersedih. Selain sepuluh hal di atas, apa lagi yang biasa kamu lakukan? Apa pun itu, pastikan masih positif dan gak berbahaya, ya!

Baca Juga: 5 Cara Tepat Mendukung Sahabat Saat Bersedih, Bikin Ikatan Makin Erat

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya