Comscore Tracker

Jangan Merasa Dirimu Tak Berguna Hanya Karena 5 Hal Ini 

Ada peran-peran kecil yang harus tetap diambil 

Walau tak terlihat dari luar, kalau kamu memendam perasaan dirimu tidak berguna, itu bisa sangat berbahaya. Makin hari, perasaan itu bisa makin terasa nyata bagimu. Sementara kamu tidak tahu pasti batas kesanggupanmu menanggungnya.

Lalu yang terburuk, kamu sampai pada hari ketika perasaan itu tak lagi tertanggungkan. Kondisi kejiwaanmu seperti patah dan mendorongmu melakukan upaya bunuh diri.

Maka penting untukmu terus membangun keyakinan bahwa dirimu berguna dan tak kalah hebat dari orang lain. Jangan sampai kamu merasa tak berguna hanya karena 5 hal di bawah ini!

1. Gak bisa melakukan hal-hal besar yang tampak hebat 

Jangan Merasa Dirimu Tak Berguna Hanya Karena 5 Hal Ini Unsplash.com/rnphotos

Dunia ini memang tak hanya berisi hal-hal besar kok. Ada hal-hal kecil yang harus tetap diurusi. Ada peran-peran kecil yang harus tetap diambil. Jika tidak, harmoni kehidupan malah terganggu dan tak berjalan normal.

Ini seperti sebuah mobil. Apa yang paling penting dari sebuah mobil? Kamu mungkin akan menjawab kerangka dan mesinnya. Namun bayangkan ada berapa banyak baut dalam sebuah mobil.

Baut-baut kecil yang jika satu saja terlepas, bisa fatal akibatnya. Ya, kamu mungkin hanya sebuah baut kecil. Tetapi tanpa peranmu, peran lebih besar yang diambil orang lain juga jadi tak bisa dijalankan.

Jika ini sebuah pementasan, tak semua orang perlu berdiri di atas panggung. Namun agar pementasan bisa berjalan, begitu banyak orang harus mengambil peran di balik layar.

2. Teman-temanmu terlihat sudah sukses sementara kamu masih begitu-begitu saja 

Jangan Merasa Dirimu Tak Berguna Hanya Karena 5 Hal Ini Unsplash.com/jannis_lucas

Kamu sudah sering mendengar tentang semua orang punya waktu masing-masing untuk sukses dan lama-kelamaan kamu muak. Kamu merasa waktumu tak kunjung tiba.

Sementara teman-temanmu sudah memamerkan kesuksesan mereka sekalipun sepertinya mereka tak melakukan usaha yang lebih keras daripada kamu. Kamu merasa lelah dan tak yakin hidupmu akan berubah.

Karena kamu sudah muak soal setiap orang punya waktu masing-masing, ayo hentikan saja pembicaraan soal itu. Sekarang fokus pada apa yang kamu sebut kesuksesan.

Barangkali ini bukan soal kesuksesan yang tak kunjung datang dalam hidupmu melainkan kamu sendiri tak punya definisi sukses yang jelas. Kamu hanya ingin sesukses orang lain.

Padahal orang lain yang kamu lihat kesuksesannya amat banyak dengan keberhasilan berbeda-beda. Tanpa sadar, kamu ingin merangkum seluruh keberhasilan itu dalam dirimu.

Inilah yang membuatmu merasa tak kunjung sukses. Kamu membebani diri sendiri terlalu berat. Sederhanakan definisi kesuksesanmu dan kamu akan merasa jauh lebih baik.

3. Orang-orang terdekatmu selalu meremehkan kemampuanmu 

Jangan Merasa Dirimu Tak Berguna Hanya Karena 5 Hal Ini Unsplash.com/project290

Ada beberapa kemungkinan. Pertama, kamu memang dikelilingi orang-orang yang suka meremehkan orang lain, gak bisa melihat orang lain dengan lebih positif.

Jika seperti ini, pilihanmu adalah keluar dari lingkungan yang gak suportif itu atau benar-benar belajar bersikap masa bodoh. Kamu lebih tahu soal kemampuanmu.

Tetapi bisa juga kamu sering diremehkan karena kamu sendiri kurang menunjukkan kemampuan-kemampuanmu. Kamu masih malu-malu, cenderung minder.

Atau kamu hanya selalu bilang bisa melakukan ini itu, tetapi buktinya tidak ada. Kalau ini yang terjadi, inilah waktunya kamu unjuk gigi. Jadikan penyemangat, jangan justru seperti membenarkan anggapan mereka tentangmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orangtua Menjadi Motivasi Terbaik untuk Kesuksesanmu

4. Kamu lebih cepat menyadari kekuranganmu ketimbang kelebihanmu 

Jangan Merasa Dirimu Tak Berguna Hanya Karena 5 Hal Ini Unsplash.com/_samlopez_

Sebenarnya ada bagusnya juga kamu bisa cepat menyadari kekuranganmu. Gak semua orang bisa lho. Tetapi jangan sampai hanya kekurangan diri sendiri yang terus yang kamu sorot seakan-akan kamu gak punya satu pun kelebihan.

Ini bisa membuatmu kehilangan rasa bangga pada diri sendiri lalu merasa tak berguna. Padahal, mampu menyadari kekurangan diri juga sudah suatu kelebihan.

Biar kamu gak merasa dirimu hanya berisi kekurangan, setiap kamu menemukan satu kekurangan, temukan juga satu kelebihanmu sebagai penyeimbangnya. Terus seperti itu.

Kalau kamu masih kesulitan, tanyakan pada orang-orang terdekatmu. Barangkali, tanpa kamu sadari, di mata orang lain kamu justru memiliki banyak keistimewaan.

5. Kekasihmu memilih orang lain dan bilang dia lebih baik daripada kamu 

Jangan Merasa Dirimu Tak Berguna Hanya Karena 5 Hal Ini Unsplash.com/byrdman85

Kalau kamu dicampakkan kekasihmu yang memilih orang lain karena menganggap dia lebih baik daripada kamu, ada dua hal yang perlu kamu lakukan. Pertama, introspeksi.

Mungkin memang ada hal-hal yang membuat mantanmu menilai hubungan kalian gak bisa lagi dipertahankan dan sumber masalahnya ada di kamu. Apa pun yang kamu temukan nanti, jangan bikin kamu terlalu sedih. Fokus saja pada perbaikan diri.

Namun bila kamu sudah introspeksi dan yakin kamu gak seburuk kata mantanmu dan dia hanya mencari-cari pembenaran untuk ketidaksetiaannya, kamu juga harus menegakkan harga diri.

Tunjukkan kalau kamu malah bisa menjadi lebih baik tanpanya dan mungkin kelak dia akan menyesal telah meninggalkanmu.

Baca Juga: 5 Cara Cerdas Mengelola Rasa Iri Menjadi Motivasi, Wajib Dicoba

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya