Comscore Tracker

6 Tips Berbelanja Pakaian Lebaran, Jangan Sampai Kalap, Ya!

Gak beli juga gak apa-apa, lho

Lebaran dan pakaian baru sepertinya sudah sangat sukar dipisahkan dari kebiasaan masyarakat kita, ya? Meski bukan sesuatu yang wajib, sebagian besar masyarakat memang menabung khusus untuk keperluan Hari Raya.

Salah satunya, membeli pakaian baru untuk dikenakan saat Lebaran. Boleh-boleh saja, kok, jika kamu juga punya kebiasaan seperti ini. Yang penting, enam hal berikut ini gak kamu lupakan. Simak, ya!

1. Cek dahulu isi lemarimu

6 Tips Berbelanja Pakaian Lebaran, Jangan Sampai Kalap, Ya!Unsplash.com/beccamchaffie

Ini penting untuk memastikan jenis pakaian seperti apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Jangan sampai kamu lupa sudah punya model pakaian tertentu, lalu membeli yang sama. Apalagi yang lama saja belum pernah dipakai. Ujung-ujungnya cuma pemborosan.

Kalaupun model yang kamu miliki gak ada yang baru, sejauh masih layak pakai, kamu bisa membatalkan rencana belanjamu. Terlebih bila ada kebutuhan yang lebih penting untuk dipenuhi. Toh, di masa pandemi begini, kamu gak akan banyak bepergian atau menerima tamu, kan?

2. Ingat, jangan kalap!

6 Tips Berbelanja Pakaian Lebaran, Jangan Sampai Kalap, Ya!Unsplash.com/belart84

Kalau sudah mengecek isi lemari dan merasa tetap butuh membeli pakaian baru, pastikan kamu tahu apa yang akan dibeli. Biar kamu gak malah membeli yang di luar keperluan. Nanti, pengeluaranmu jadi berlipat-lipat.

Belilah secukupnya saja. Kan, pakaian gak seperti makanan. Pakaian bisa dipakai berkali-kali. Gak usah malu bila mengenakan pakaian yang sama dengan Lebaran sebelumnya. Mungkin malah gak ada yang memperhatikan soal itu.

3. Pilih penawaran harga terbaik

6 Tips Berbelanja Pakaian Lebaran, Jangan Sampai Kalap, Ya!Unsplash.com/ger46

Namanya pembeli, boleh banget mencari harga yang lebih miring. Kan, kalau membelinya lebih dari satu bakal terasa banget besaran uang yang perlu dikeluarkan. Jadi, jangan sungkan membandingkan harga di beberapa pelapak.

Juga, gunakan kesempatan menawar bila ada. Yang penting, gak sadis banget saat menawar. Pokoknya, biar kamu senang tetapi penjual juga gak lantas bersungut-sungut karena dagangannya ditawar kelewat rendah.

Baca Juga: 5 Tips Beli Baju Lebaran di Online Shop, Awas Menyesal!

4. Jangan lupa belikan juga orang-orang yang bekerja padamu

6 Tips Berbelanja Pakaian Lebaran, Jangan Sampai Kalap, Ya!Unsplash.com/anhvygor

Misalnya, asisten rumah tangga. Jangan sampai kamu dan keluarga mengenakan pakaian baru di Hari Raya, sementara ia hanya menonton. Sekalipun ia gak meminta, sudah seharusnya kamu juga membelikannya.

Syukur-syukur gak cuma buat dirinya melainkan untuk keluarganya juga. Mereka pasti akan senang sekali dan merasa dianggap sebagai bagian dari keluargamu. Lagi pula, asisten rumah tangga juga sudah menjadi pahlawan sehari-hari di rumahmu, kan?

5. Jangan sungkan mengajak teman atau saudara yang bisa membantumu mengendalikan diri

6 Tips Berbelanja Pakaian Lebaran, Jangan Sampai Kalap, Ya!Unsplash.com/yuli_superson

Kalau belanjanya sendirian, takutnya kamu gampang banget lepas kendali. Segala macam dibeli lalu menyesal sesampainya di rumah. Namun jika hendak mengajak teman atau saudara, pastikan dia bisa membantumu mengendalikan diri, ya!

Bukan malah mengomporimu untuk berbelanja lebih dari yang diperlukan. Memang seru, sih, berbelanja ditemani orang yang juga suka belanja. Namun bayangkan akibat buruknya. Anggaran belanjamu bisa membengkak!

Bahkan, jika kamu hendak berbelanja online, kamu juga bisa meminta pendapat orang lain yang tepercaya. Biar dia bisa memberimu pertimbangan tentang mana yang perlu dibeli dan mana yang gak.

6. Karena masih masa pandemik, prokesnya jangan lupa, ya!

6 Tips Berbelanja Pakaian Lebaran, Jangan Sampai Kalap, Ya!Unsplash.com/arturorey

Nah, kalau kamu memutuskan untuk berbelanja secara langsung di mal, toko, atau pasar; pastikan kamu gak lupa kalau sekarang masih masa pandemi korona. Protokol kesehatan harus tetap dijaga.

Jangan sampai karena sudah gak tahan berbelanja, kamu jadi mengabaikan prokes. Pilihlah jam-jam yang lumayan sepi agar terhindar dari kerumunan. Jangan lupa tetap mengenakan masker, sering cuci tangan, dan segera mandi serta berganti pakaian setibanya di rumah.

Dengan menerapkan enam tips di atas, semoga kamu bisa berbelanja pakaian Lebaran dengan aman dan nyaman. Kesehatan tetap terjaga di tengah masa pandemik, kantong pun gak terkuras. 

 

Juga, jangan sampai keasyikan berbelanja mengganggu ibadah puasamu, ya! Pakaian baru di Hari Raya bukan hal wajib, kok. Yang penting, sucikan hati sampai hari kemenangan nanti!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Baju Koko agar Penampilanmu Saat Lebaran Lebih Kece

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya