Comscore Tracker

6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata Bahagia

Ayolah, kurang-kurangi sambat biar hepi terus

Setiap orang pasti punya kesulitan dan tantangan masing-masing dalam hidupnya. Cara kita menghadapi setiap kesulitan itulah yang menjadi kuncinya. Kita harus cerdik untuk bisa menyesuaikan diri dengan berbagai tantangan yang datang silih berganti.

Jika kamu bersikap sabar dan ikhlas, tentu kamu akan menjalaninya dengan penuh harapan. Tapi, jika kamu menjalaninya dengan mengeluh, bukan harapan yang kamu dapat, melainkan hal-hal yang membuat hidupmu jauh dari kata bahagia. Seperti 6 hal berikut.

1. Mengeluh hanya akan memadamkan semangatmu

6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata BahagiaUnsplash/Ben White

Hal negatif pertama dari mengeluh adalah dapat mematikan semangatmu. Ingat, kehilangan semangat sama seperti kehilangan harapan. Hal itu akan meredupkan niat, tekad, dan aksimu dalam menjalani hidup.

2. Kamu jadi tidak fokus menyelesaikan setiap pekerjaaan

6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata BahagiaUnsplash/JESHOOTS.COM

Setiap kali kamu mengeluh, fokus dan perhatianmu akan terpusat pada kesulitan yang sedang kamu hadapi saja. Kamu akan sulit mendapatkan solusi untuk menyelesaikannya. Kalau sudah begitu, pekerjaanmu bukannya selesai, malah jadinya terbengkalai.

Baca Juga: 6 Tips Agar Kamu Tetap Survive Hadapi Hidup, Berhentilah Mengeluh

3. Menguras waktu dan tenagamu dengan sia-sia

6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata BahagiaUnsplash/ahmad gunnaivi

Sadar atau tidak, mengeluh itu benar-benar menyita waktu dan tenagamu untuk berpikir keras dan mengucapkan kata-kata keluhan.

Daripada waktu dan tenagamu terbuang sia-sia, lebih baik kamu gunakan untuk cepat menyelesaikan masalahmu, karena jika tidak, masalahmu akan terus-menerus menghambatmu merasakan kebahagiaan hidup.

4. Menularkan hal-hal negatif kepada orang-orang di sekitarmu

6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata BahagiaPexels/Slobodan Jošić

Keluhan adalah hal yang tidak enak didengar. Begitu pun jika kamu mengeluh di depan orang lain, orang tersebut jadi ikut terseret dengan suasana negatif yang kamu ciptakan.

Tidak hanya itu, orang lain yang mendengar keluhanmu itu bisa membuatmu dicap sebagai pembawa dampak negatif. Bukannya kebahagiaan yang kamu dapatkan, justru kamu bisa dijauhi orang.

5. Mengeluh jadi tanda kalau kamu kurang bersyukur

6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata BahagiaUnsplash/Nik Shuliahin

Meskipun jarang disadari, kebiasaanmu mengeluh itu sebenarnya tanda kalau kamu kurang mensyukuri apa pun yang ada dalam hidupmu.

Perlu kamu ingat selalu bahwa hidup yang kamu jalani sangat berharga, apa pun tantangan yang sedang kamu hadapi. Yakinlah bahwa dengan bersyukur, kamu bisa merasakan kebahagiaan dalam setiap hal yang ada dalam hidupmu.

6. Kamu jadi merasa berat hati menjalani hidup

6 Alasan Mengeluh Bikin Hidupmu Jauh dari Kata BahagiaPexels/bruce mars

Last but not least, mengeluh juga akan membuatmu merasa terbebani dalam menjalani setiap hal yang sedang kamu lakukan. Jika kamu menjalaninya dengan berat hati, hasilnya tentu jadi kurang maksimal dan malah merugikanmu, kan?

Nah, itulah 6 alasan kenapa mengeluh akan membuat hidupmu jauh dari kata bahagia jika terus-menerus kamu lakukan. Semoga hal di atas bisa mengingatkanmu bahwa apa pun yang kamu lakukan akan menentukan bahagia atau tidaknya hidupmu. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: 6 Mindset agar Berbesar Hati Menerima Keadaan yang Kamu Alami

Martaria Yohana Photo Community Writer Martaria Yohana

a journey of a thousand miles begins with a single step :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You