Comscore Tracker

4 Tips Khatam Al-quran di Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Biar pahalanya berlipat ganda!

Bulan suci Ramadan adalah bulan penuh keberkahan, dimana setiap amalan yang dilakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Kamu yang termasuk ke dalam umat muslim mungkin  punya target beribadah, yaitu minimal satu kali khatam membaca Al-quran selama bulan Ramadan. Nah, berikut ini ada tips nih buat kamu agar target ibadah tersebut bisa dicapai. Let's check this out guys!

1. Qiroah

4 Tips Khatam Al-quran di Bulan Ramadanudemy.com

Qiroah adalah memperbanyak bacaan Alquran tanpa fokus untuk menggali makanannya. Biasanya orang yang sering melakukannya disebut Qori atau Qoriah. Mereka melantunkan ayat suci Al-quran dengan nada yang indah. Kalau biasanya kamu suka baca Al-quran dengan mentadaburi artinya, itu cukup menyita waktu. Selama bulan Ramadan tidak apa-apa untuk fokus membaca ayat-ayat Al-quran dalam bahasa Arabnya saja.

2. Targetkan sehari minimal satu juz

4 Tips Khatam Al-quran di Bulan Ramadanfreepik.com

Al-quran terdiri atas 30 juz, puasa juga dilakukan selama kurang lebih 30 hari. Nah, kamu bisa membagi waktu setiap hari untuk membaca satu juz Al-quran. Tapi biasanya, khusus untuk perempuan tidak bisa beribadah full selama tiga puluh hari, karena alasan datang bulan. Jadi, kamu harus punya target lebih dalam satu hari, misalnya 1,5 juz atau 2 juz.

Baca Juga: Biar Puasa Kamu Makin Bermakna, Ini 6 Tips Khatam Alquran di Ramadan

3. Bagi waktu ke dalam salat lima waktu

4 Tips Khatam Al-quran di Bulan Ramadanindependent.co.uk

Kalau kamu tidak bisa membaca satu juz Al-quran dalam sekali waktu. Kamu bisa membacanya dengan cara dicicil dalam waktu sebelum atau sesudah salat wajib. Seperti pada 1 juz pertama yang terdiri atas 7 ayat surah Al Fatihah dan 141 ayat surah Al Baqarah yang jumlahnya adalah 148 ayat. Nah, 148 ayat  tersebut kamu bisa bagi ke dalam lima waktu salat, di mana nantinya kamu hanya akan membaca kurang lebih 28 ayat per setiap waktu sebelum atau sesudah salat wajib.

4. Perhatikan makhroj

4 Tips Khatam Al-quran di Bulan Ramadankidsquranonline.com

Ingat ya, guys jangan karena merasa terbebani kamu jadi terburu-buru  dalam  membaca Alquran. Yang harus kamu  kejar bukan khatamnya, tetapi sunah untuk mengejar pahala di bulan Ramadan dengan memperbanyak membaca Al-quran. Jadi jangan asal dalam membacanya, perhatikan makhroj huruf dan tajwidnya. Lebih baik terbata-bata daripada salah membaca. Karena setiap kamu mengulangi bacaan maka pahala kamu akan dilipatgandakan.

Itulah tips khatam membaca Alquran selama Ramadan, semoga bermanfaat ya! Bulan Ramadan adalah bulan yang diagungkan oleh Al-quran, maka ketika kamu berinteraksi dengan Al-quran, Allah SWT akan mengagungkanmu. 

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya