Comscore Tracker

5 Manfaat Hari Libur, Jangan Sia-siakan Kesempatan!

Santai tapi tetap produktif, ya! #IDNTimesLife

Ibarat seharian berpuasa untuk tidak makan dan minum, lalu tiba saatnya untuk berbuka ya siapa sih yang tak lahap menyantap makanannya. Begitu juga dengan adanya hari libur yang tak boleh tersia-siakan, ya.

Masa setelah berhari-hari bekerja keras dan tiba hari libur tapi dijalani dengan biasa saja. Bahkan masih ada yang bekerja di hari libur nih? Ya boleh saja, tapi usahakan jangan terlalu sering, ya. Hal tersebut karena hari libur itu memiliki manfaat seperti penjelasan di bawah ini, nih.

1. Alasan rasional untuk sesekali malas-malasan

5 Manfaat Hari Libur, Jangan Sia-siakan Kesempatan!ilustrasi orang istirahat (pixabay.com/cuncon)

Rasanya istilah malas-malasan ialah hal yang harus jauh-jauh dari kehidupan seseorang, ya. Bagaimana tidak jika dengan selalu bermalas-malasan hanya akan menyebabkan kerugian karena menjadi orang yang tidak produktif. Namun, tahukah kamu apa fungsi rasional dari adanya hari libur? Jelas untuk kamu nikmati dengan kebebasan, ya.

Di mana cara orang menikmati kebahagiaannya itu berbeda-beda, nih. Mungkin ada yang ingin tetap produktif tapi ada juga yang mau membuat rileks tubuh dan pikirannya dengan beristirahat sambil bermalas-malasan. Dengan menjadi selalu produktif memang bukanlah hal yang buruk, tapi apakah setega itu kamu terhadap dirimu sendiri ? Ingat bahwa kamu bukan robot yang punya perasaan apalagi hanya sekadar memperhatikan kesehatan mental dan fisikmu sendiri.

2. Menjadi diri sendiri tanpa batasan

5 Manfaat Hari Libur, Jangan Sia-siakan Kesempatan!ilustrasi orang bahagia (pixabay.com/Free-Photos)

Ketika pekerjaan yang kamu jalankan mengharuskan kamu untuk menjadi orang lain, maka hari libur adalah kesempatan emas yang tak boleh kamu sia-siakan. Misalnya saja, kamu bekerja dengan berpenampilan feminin, saat hari libur tiba kamu bisa berpenampilan sesuka hatimu, nih.

Mungkin juga saat bekerja kamu diharuskan memiliki sikap yang saat itu bukan kamu banget, maka hari libur adalah solusi untuk kamu kembali pada kepribadian aslimu, ya. Jadi, ketika hari libur tiba kamu bisa menjadi dirimu sendiri dengan versi sebaik-baiknya yang kamu mau tanpa ada batasan.

Baca Juga: 3 Jurus Atasi Boros Setelah Libur Lebaran

3. Lakukan hobi tanpa beban

5 Manfaat Hari Libur, Jangan Sia-siakan Kesempatan!ilustrasi orang bahagia (pixabay.com/Free-Photos)

Ketika hobi tak jodoh untuk menjadi pekerjaan utama kita rasanya memang menyebalkan, ya. Maunya sih memilih hobi saja tapi sayangnya tak berpeluang seperti pekerjaan utama yang kita jalankan sekarang ini. Nah, hari libur adalah kunci untuk kamu bisa kembali pada hobimu tersebut, lho. Dengan adanya hari libur kamu bebas melampiaskan segala lelahmu pada hobi yang begitu kamu sukai, ya.

Bahkan kamu bisa menjalankan hobimu tanpa perlu merasa terbebani karena ya itu tadi hobimu tak berpeluang mungkin secara finansial kurang mendukung hingga secara waktu hanya buang-buang tenaga saja. Pada intinya, saat hari libur tiba saatnya kamu berpesta dengan hobimu, nih!

4. Tingkatkan kuantitas dengan orang tersayang

5 Manfaat Hari Libur, Jangan Sia-siakan Kesempatan!ilustrasi potret persahabatan (pixabay.com/AdinaVoicu)

Memang sih meningkatkan kualitas hubungan dengan orang tersayang itu penting, bahkan sangat penting. Tapi kalau ada kesempatan untuk meningkatkan secara kuantitas kenapa harus ditolak?

Jangan sampai rugi, lho. Nah, dengan adanya hari libur kamu bisa mewujudkan peningkatan secara kuantitas dengan orang-orang yang kamu sayangi, nih. Kamu bisa memberikan seharian penuh waktumu untuk orang tersayang yang mungkin cuma sekadar aktivitas ringan dalam rumah.

5. Menyusun strategi baru untuk weekdays

5 Manfaat Hari Libur, Jangan Sia-siakan Kesempatan!ilustrasi orang bahagia (pixabay.com/ThePixelman)

Bosen gak sih menjalankan hari-hari kerja dengan rutinitas yang itu lagi dan itu lagi? Rasanya semua orang merasakannya, ya. Oleh karena itu, adanya hari libur itu selain bermanfaat bagi kebahagian yang kamu rasakan pada saat itu juga tapi bisa bermanfaat bagi kebahagiaanmu di hari kerja, lho.

Bagaimana sih caranya? Lakukan evaluasi pada saat hari libur tiba atas hari-hari kerja yang telah kamu lewati, ya. Melalui evaluasi itu kamu bisa mengetahui hal-hal apa yang membosankan, apa yang harus dipertahankan, serta apa yang harus dihindari. Selanjutnya kamu bisa menyusun strategi untuk memperbaiki hari-hari kerjamu yang lalu itu supaya bisa menjadi new weekdays yang memberikan kesan menawan. Misalnya saja, susun strategi sepulang kerja pergi ke kedai kopi lalu next weekdays pergi ke taman bunga. Pada intinya di hari libur itu susun strategi seindah mungkin supaya kamu bersemangat menghadapi kerasnya hari-hari kerja, ya.

Percayalah bahwa hari libur itu terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Jangan sampai hari liburmu sejenuh saat melewati hari-hari kerja, nih. Anggap saja hari libur itu sebagai isi ulang semangatmu untuk menjalani kejamnya perjuangan bekerja. Jadi, kamu bebas berbahagia di hari libur!

Baca Juga: 5 Ide Bekal Kantor yang Bisa Kamu Bawa setelah Libur Lebaran, Simple!

Melinda Fujiana Photo Verified Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya