Comscore Tracker

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu Lakukan

#PANJATPOIN Semua manusia pernah melakukannya kok

Manusia cenderung menghindari kesalahan di setiap aspek kehidupannya. Namun, kenyataannya manusia tidak luput dari melakukan kesalahan, mulai dari hal kecil hingga yang besar.

Terjebak dalam hubungan yang salah, suka gonta-ganti pekerjaan, salah dalam memilih suatu keputusan, menyia-nyiakan waktu, gagal merencanakan, dsb. Namun, jangan berlarut-larut dalam rasa frustasi dan menyalahkan diri sendiri, apalagi menyalahkan orang lain. Dibalik kesalahan yang dibuat terdapat pelajaran berharga seperti di bawah ini.

1. Membuatmu menyayangi diri sendiri untuk meningkatkan kualitas diri

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu Lakukanwallpapersafari.com

Ketika kamu belajar dari kesalahan maka kamu akan lebih paham mengenai dirimu sendiri. Kekurangan dan kelebihan apa yang selama ini ternyata baru kamu sadari. Batas kemampuan kamu dan bagaimana kamu mengatasinya dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Kamu akan mengeksplorasi dirimu, lebih jujur pada dirimu sendiri, dan menyayangi dirimu sendiri sehingga akan lebih mudah bagimu untuk tumbuh dan berkembang sebagai seorang pribadi yang memesona.

2. Kesalahan mengajarkanmu untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu Lakukanxocialz

Ketika melakukan kesalahan kamu cenderung menyesal dan pada akhirnya menyalahkan diri sendiri bahkan orang lain. Namun kamu harus paham satu hal, kesalahan yang terjadi merupakan proses dari berbagai hal, misalnya datang terlambat ke kantor karena menolong korban kecelakaan lalu lintas, memprioritaskan keluarga di atas pekerjaan, dsb.

Ketika kamu menyadari dan belajar dari kesalahan tersebut serta alasan dibaliknya, kamu akan lebih mudah memaafkan diri sendiri dan memaafkan kesalahan orang lain yang juga tidak luput dari kesalahan.

3. Membuatmu lebih peka terhadap sekelilingmu dan paham bahwa kamu sama seperti orang lain

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPexels/HelenaLopes

Ada sebagian orang yang benar-benar perfeksionis dan tidak mentolerir kesalahan padahal tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Sama seperti manusia lainnya, kamu bukan satu-satunya orang yang yang berbuat kesalahan. Mengetahui hal tersebut akan membuatmu lebih berempati pada orang lain sehingga tidak mudah menghakimi sesama.

4. Menumbuhkan semangat dan harapan dalam diri

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanWallpapercave.com/Caveman

Jika kamu belajar dari kesalahan maka kamu akan lebih semangat untuk memperbaikinya karena kamu sudah tahu sisi mana saja yang harus diperbaiki dan dengan cara apa diperbaiki. Tanpa disadari kamu akan menemukan cara yang lebih efektif dan efisien untuk meningkatkan produktivitasmu.

5. Menuntun pada puncak kesukesan

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanStockpic.com/EdGregory

Kesuksesan tidak dibangun dengan sekejap mata. Tidak jarang sebagian orang menemukan passion mereka ketika mereka melalukan kesalahan. Jika kamu terus mencoba dan terus memperbaiki, proses trial and error tersebut akan membuat kamu semakin dekat dengan kesuksesan.

Baca Juga: Ketika Mulai Putus Asa, Gunakan Kalimat Ini untuk Membakar Semangatmu

6. Membantumu untuk mengatasi rasa takut

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPixabay.com/CCO

Mencoba dan melakukan kesalahan menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang karena mereka takut tidak akan berhasil. Namun bagaimana bisa tahu kamu berhasil atau tidak jika tidak mencoba? Percobaan pertama mungkin tidak akan memberikan hasil yang memuaskan namun jika kamu terus mencoba lagi dan lagi maka kamu akan semakin ahli dalam bidang yang kamu tekuni.

7. Membantumu untuk membuat keputusan yang lebih baik

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPexels.com/brucemars

Kamu akan mengoreksi cara berpikir dan bertindakmu. Kamu akan lebih dewasa dan tidak tergesa-gesa dalam bertindak. Sebelum membuat keputusan, kamu akan mempertimbangkannya masak-masak, apa kerugian dan manfaatnya, bagaimana dampak jangka pendek dan panjangnya sehingga bisa membuat keputusan yang lebih baik.

8. Membuatmu lebih selektif dalam menjalin hubungan

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPexels.com/mentatdgt

Seringkali hubungan pertemanan maupun percintaan tidaklah seindah kenyataannya. Tidak jarang kamu menemukan orang-orang manipulatif yang memanfaatkanmu untuk kepentingan mereka. Orang-orang seperti inilah yang hanya akan menjadi parasit dalam hidupmu dan sebaiknya kamu menjaga jarak dengan mereka.

9. Kesalahan merupakan peringatan dalam hidupmu

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPixabay.com/rickey123

Kamu hampir mengalami kecelakaan karena menerobos lampur merah? Kamu keasyikan begadang nonton bola dan akhirnya bangun kesiangan lalu telat masuk kantor? Kesalahan-kesalahan tersebut merupakan peringatan dalam hidupmu mengenai konsekuensi yang kamu dapatkan jika mengulanginya lagi.

10. Kesalahan membuatmu lebih bertanggung jawab

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPexels/GeorgeDolgikh

Setelah kamu melakukan kesalahan, pastinya kamu tidak ingin kesalahan tersebut terulang lagi, kan? Kamu akan lebih bertanggung jawab terhadap hidupmu sendiri dan setiap keputusan yang kamu buat. Tidak hanya diri sendiri, kamu juga bertanggung jawab pada orang lain karena konsekuensi atas kesalahan yang dibuat bisa berdampak pada mereka yang kamu sayangi.

11. Membuatmu ahli dalam memecahkan masalah

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPexels/Helena Lopes

Ketika kamu melakukan kesalahan, kamu akan semakin tahu. Kamu tahu kapan harus berlari atau sekedar berjalan. Kamu akan menemukan cara pandang yang lebih luas dan bervariasi ketika menghadapi suatu masalah sehingga pilihan solusi pun akan lebih banyak. Kamu tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan kondisimu saat itu.

12. Kesalahan bukan untuk diulangi, tetapi untuk diperbaiki

12 Pelajaran Berharga di Balik Kesalahan yang Pernah Kamu LakukanPexels/Rawpixel

Lakukan refleksi diri dan jangan buat kesalahan yang sama. Belajarlah dari kesalahanmu dan orang lain. Terlepas dari poin-poin di atas, kesalahan yang telah kamu lakukan bukan untuk disesali, didiamkan, atau diulangi, tetapi untuk kamu perbaiki.

Belajarlah dari kesalahan dan jangan pernah takut untuk mencoba.

Baca Juga: Meski Sulit, Ini 7 Alasan Kamu Harus Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Melisa Camalia Photo Verified Writer Melisa Camalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya