Comscore Tracker

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkan

Masih mau melakukannya?

Bangun pagi menjadi rutinitas harian yang bisa menjadi awal untuk menyambut hari yang positif dan produktif. Meski terlihat sederhana, salah menjalani pagi hari juga bisa membuat harimu malah berantakan dan gak produktif.

Yuk, perhatikan beberapa kebiasaan pagi yang harus segera kamu hilangkan. 

1. Menekan tombol snooze pada alarm

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels.com/Stas Knop

Beberapa dari kita, membutuhkan bantuan alarm untuk bisa bangun pagi. Dengan alasan masih mengantuk, kita justru menekan tombol snooze pada alarm dan memilih untuk tidur lagi.

Kalau kamu punya kebiasaan ini, segera hilangkan, ya. Tidur setelah mematikan alarm tidak membuat tidurmu menjadi berkualitas. Selain itu, kamu juga akan terbangun dengan perasaan bersalah karena sudah "mengkhianati" waktu yang sudah kamu rencanakan. 

2. Mengecek ponsel dan media sosial

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera DihilangkanIlustrasi/Pexels/Tracy Le Blanc

Tanpa sadar, handphone dan media sosial menjadi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa lepas dari genggaman kamu, termasuk ketika bangun tidur.

Namun, kebiasaan ini terkadang justru membuat mood kamu di pagi hari menjadi tidak positif. Informasi yang beragam atau tuntutan pekerjaan, bisa saja menjadi beban untuk pikiran kamu dan membuat semangat pagimu menurun.

Sebaiknya, jangan langsung mengecek ponsel ketika baru bangun tidur. Lakukan rutinitas pagi yang positif sebelum mengecek ponsel dan melihat dunia luar. 

3. Membiarkan tubuhmu kekurangan cairan

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels/Daria Shevtsova

Tidur berjam-jam, membuat cairan dalam tubuhmu berkurang. Pastikan untuk minum air putih segera setelah kamu bangun tidur. Ini akan membuat tubuh kamu lebih segar dan bersemangat untuk menjalankan rutinitas. 

4. Melewatkan sarapan sehat

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels.com/Rama Khandkar

Jangan pernah meremehkan sarapan sehat. Dibandingkan makan siang dan makan malam, makan di pagi hari menjadi sangat penting karena menjadi bahan bakar awal bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas. Pastikan kamu mengisi perutmu dengan makanan sehat dan bergizi seimbang, ya. 

Baca Juga: 5 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tetap Prima

5. Membiarkan kamarmu gelap

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels.com/Lukas Rychvalsky

Cahaya matahari di pagi hari memiliki banyak manfaat. Bukalah gorden kamarmu dan biarkan cahaya matahari masuk ke dalam. Membiarkan kamarmu gelap hanya akan membuat suasana suram dan menurunkan semangat pagimu.

6. Membiarkan tempat tidurmu berantakan

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels.com/NastyaSensei

Lingkungan yang berantakan, tidak pernah nyaman untuk dilihat. Sebelum meninggalkan kamar dan menjalankan aktivitas, pastikan tempat tidurmu sudah tertata rapi. Selain enak dipandang, ketika kamu pulang beraktivitas pun kamu bisa langsung beristirahat dengan nyaman tanpa harus mengeluh melihat kasur yang berantakan. 

7. Melewatkan mandi pagi

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels.com/Craig Adderley

Mandi pagi akan sangat bermanfaat untuk kesegaran dan kebugaran tubuhmu. Mandi pagi dapat mendorong pertumbuhan sel-sel dan merangsang otot-otot dalam tubuh kamu agar bugar dan menjadi lebih semangat. 

8. Tidak memiliki rencana kegiatan

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels.com/Frans Van Heerden

Buatlah setidaknya dua atau tiga target kegiatan yang harus kamu lakukan di hari itu. Tanpa rencana kegiatan, kamu bisa saja membuang harimu yang berharga untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif. 

9. Mengeluh

Bikin Gak Produktif, 9 Kebiasaan Pagi yang Harus Segera Dihilangkanpexels.com/Nathan Cowley

Cara terbaik untuk menyambut pagi hari adalah memulainya dengan pikiran dan emosi positif. Mulailah dengan mensyukuri udara segar yang bisa kamu hirup atau kehangatan sinar matahari yang menyirami tubuhmu. Mengeluh hanya akan membuat pundakmu terasa berat, terbebani, dan tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitas. 

Dari kesembilan kebiasaan itu, mana yang sering kamu lakukan? Yuk, segera ubah dan ganti kebiasaanmu dengan kebiasaan yang produktif. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu 'Susah' dan Capek Sendiri

Mia Rahmawati Photo Community Writer Mia Rahmawati

Loving, Caring, Thinking

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You