Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Mengapresiasi Sesuatu dalam Hidup

Setiap hal itu bermakna

Hidup tidak selalu berjalan sesuai apa yang kita inginkan. Terkadang hal ini membuat kita lupa untuk bersyukur dan mengapresiasi sesuatu dalam hidup, termasuk diri sendiri. Padahal setiap usaha, momen, dan apa pun yang kamu lakukan selalu memiliki makna. 

Hal yang kamu lakukan dan terjadi belum tentu berakhir sia-sia. Setidaknya kamu telah melakukan yang terbaik sesuai kemampuanmu. Daripada terus menyalahkan keadaan yang tak sesuai keinginan, cobalah beri apresiasi pada hidupmu. Lima alasan ini akan membuatmu berpikir ulang tentang apresiasi.

1. Sebuah momen tidak akan berulang sama untuk kedua kalinya

5 Alasan Kamu Perlu Mengapresiasi Sesuatu dalam Hidupilustrasi perempuan bahagia (unsplash.com/Alex Alvarez)

Hidup selalu bergerak lurus ke depan dan tidak bisa diulang. Itulah kenapa kita perlu mengapresiasi momen yang telah kita lalui, terutama momen baik.

Bahkan di saat sulit sekalipun, apa yang telah kamu lakukan dan lalui akan berpengaruh pada masa depanmu. Setiap momen membawamu melangkah hingga berada di posisi sekarang. 

2. Banyak hal yang akan berubah menjadi lebih baik

5 Alasan Kamu Perlu Mengapresiasi Sesuatu dalam Hidupilustrasi tertawa bersama (unsplash.com/Brooke Cagle)

Ketika memberikan apresiasi pada orang lain, kamu telah melakukan sesuatu untuk dirimu sendiri. Akan ada perasaan bahagia karena kamu telah melakukan hal baik dalam kehidupan seseorang. 

Ini akan mengubah pola pikirmu menjadi lebih baik. Ketika dirimu memutuskan untuk melihat sisi baik dari sesuatu, kamu akan melihat betapa menabjukan hidup ini. Suasana hati pun akan berubah menjadi lebih baik ketika kita fokus pada hal positif. 

3. Kehidupanmu akan memberikan inspirasi pada orang lain

5 Alasan Kamu Perlu Mengapresiasi Sesuatu dalam Hidupilustrasi persahabatan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Memberikan apresiasi adalah satu salah cara sederhana dan efektif untuk memotivasi orang lain. Apresiasi atau pujian yang kamu berikan akan berarti bagi orang lain. 

Hal ini bisa menjadi tanda bahwa kamu telah mengakui usaha baik yang orang tersebut lakukan. Mereka pun akan semakin semangat melakukan pekerjaan terbaik mereka. Kamu pun telah berhasil menginspirasi seseorang untuk melakukan hal yang sama. 

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia, Patut Diterapkan!

4. Hubunganmu dengan orang lain akan semakin baik dan kuat

5 Alasan Kamu Perlu Mengapresiasi Sesuatu dalam Hidupilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/Brooke Cagle)

Siapa sih yang tidak senang saat seseorang memberikan apresiasi pada dirinya? Oleh karena itu, ketika mengapresiasi orang lain, kamu juga telah berhasil mempertahankan hubungan baik dengan orang tersebut.

Kamu juga akan mulai melihat hal yang menarik dari kehidupan seseorang ketika melihat sisi baiknya. Tentunya hal ini akan memperkuat hubunganmu dengan orang lain. 

5. Tidak ada kehidupan yang sempurna

5 Alasan Kamu Perlu Mengapresiasi Sesuatu dalam Hidupilustrasi daun berguguran (Noémi Macavei-Katócz)

Kehadiran media sosial membuat kita bisa menilai hidup orang lain dengan mudah. Namun, kehidupan yang kita lihat belum tentu sebaik aslinya. Kamu hanya melihat hal baik yang ingin ditunjukan orang-orang, tanpa tahu apa yang sebenarnya terjadi. 

Kita hidup di dunia dengan segala hal baik dan buruk. Tidak ada hidup yang sempurna. Semua orang hanya berusaha menjalani hidupnya dengan sebaik mungkin. Jadi, tak ada salahnya memberikan apresiasi pada hidupmu sendiri, yang mungkin adalah kehidupan yang diinginkan oleh orang lain. 

Meski terdengar mudah, tetapi mengapresiasi sesuatu bisa jadi hal yang sulit dilakukan. Namun, hal ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat. Maukah kamu melakukan hal ini? Kamu bisa memulainya dari diri sendiri lebih dulu. 

Baca Juga: 5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahan

Michelle Maryeta Photo Verified Writer Michelle Maryeta

Palembang, Sumatera Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya