Comscore Tracker

Ketahui 5 Hal Ini untuk Melepaskan Emosi Negatif dalam Diri

Biar hidupmu lebih bahagia!

Bahagia itu sederhana. kalimat itu adalah salah satu dari sekian banyak ungkapan untuk menggambarkan kebahagiaan. Tentu Kebahagiaan merupakan hal yang didambakan oleh setiap orang. Rasa bahagia ini berkaitan dengan emosi positif dalam diri.  Meski terlihat mudah, namun apakah kamu benar-benar sudah bahagia? Coba tanyakan sekali lagi pada dirimu sendiri.

Nah, jika kamu merasa belum mencapai kebahagiaan dan masih memiliki emosi negatif, berikut beberapa tips yang dapat membantumu meraih kehidupan yang lebih positif dan bahagia.

1. Mensyukuri kehidupan yang kamu jalani

Ketahui 5 Hal Ini untuk Melepaskan Emosi Negatif dalam Diripixabay.com/pasja1000

Bagi sebagian orang rasa syukur dianggap sebagai hal yang sepele. Namun siapa sangka ada banyak manfaat yang didapat dari bersyukur. Dalam sebuah riset ditemukan bahwa rasa syukur mampu meningkatkan kualitas tidur, kebahagiaan, serta suasana hati yang lebih positif. Selain itu, rasa syukur juga mampu mengurangi stres dan depresi. Nah kamu dapat  menerapkan rasa syukur ini dengan mencoba merasa cukup atas apa yang telah Tuhan berikan padamu, dengan begitu kamu akan lebih menghargai setiap waktu dalam kehidupanmu. Rasa menghargai waktu inilah yang pelan-pelan akan membuatmu merasa bahagia dan lebih positif dalam setiap langkah kehidupanmu.

2. Belajar memaafkan kesalahan di masa lalu

Ketahui 5 Hal Ini untuk Melepaskan Emosi Negatif dalam Diripixabay.com/Linus Schütz

Memaafkan bisa jadi salah satu solusi untuk melepaskan emosi negatif yang terpendam di dalam dirimu. Dengan melepas emosi negatif ini kamu menjadi lebih positif dalam menjalani kehidupan. Tapi apakah memaafkan sama dengan melupakan kesalahan? Biasanya, memaafkan diri sendiri memang lebih sulit dari pada memaafkan kesalahan orang lain. Jadi cobalah untuk memaafkan masa lalu yang sudah terjadi dan jalani hidupmu yang sekarang dengan rasa bahagia.

Baca Juga: Anti Marah-marah Club! Pakai 7 Cara Berikut untuk Atasi Emosi Negatif

3. Cobalah terima dirimu sendiri

Ketahui 5 Hal Ini untuk Melepaskan Emosi Negatif dalam Diripixabay.com/Алина Осипова

Dengan menerima diri sendiri kamu dapat mengembangkan diri ke arah yang lebih positif dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Apakah menerima diri sendiri sama dengan pasrah terhadap keadaan diri saat ini? Tentu saja tidak, setiap orang memiliki keunikannya tersendiri. Penerimaan diri di sini mengarah pada keadaan bagaimana kamu bisa menerima kelebihan dan kelemahanmu serta berusaha mengembangkannya untuk menjadi versi terbaik dirimu tanpa terpaku oleh standar orang lain. Dengan menjadi diri sendiri kamu menjadi bebas dan lebih bahagia dalam menjalani kehidupan.

4. Menjalin relasi yang sehat

Ketahui 5 Hal Ini untuk Melepaskan Emosi Negatif dalam Diripixabay.com/StockSnap

Hubungan yang sehat adalah bentuk support system. Hubungan sehat adalah hubungan yang membawa manfaat dan dampak positif dalam  hidup, serta mampu mengurangi kecemasan yang termasuk dalam emosi negatif. Hubungan yang tidak sehat hanya akan menghambatmu mencapai tujuan dan tentunya itu berdampak pada kebahagiaanmu karena pikiranmu akan menjadi semakin negatif. Dengan menjalin hubungan yang sehat kamu bisa menjadi lebih baik dalam mengembangkan potensi diri karena dukungan penuh yang diberikan memberikanmu energi positif dalam menjalani hari-harimu.

5. Menjadi pribadi yang lebih optimis

Ketahui 5 Hal Ini untuk Melepaskan Emosi Negatif dalam Diripixabay.com/JillWellington

Nikmati setiap proses yang kamu lewati, jika gagal bangunlah, tatap masa depan dengan penuh semangat. Dengan bersikap optimis niscaya itu akan membuatmu menjadi lebih kuat dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadangmu. Sikap optimis senantiasa membuatmu memandang sesuatu dengan lebih positif sehingga itu akan mempengaruhi kebahagiaan psikologismu.

Sesungguhnya, meraih kebahagiaan sejati dapat di mulai dengan membahagiakan diri sendiri. Kebahagiaan diri menggambarkan rasa percaya pada diri untuk lebih bahagia tanpa menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Ketika diri sudah bahagia, maka kebahagiaan lain pun akan mengikuti. Jadi, jangan lupa untuk berbahagia ya.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Cabin Fever, Emosi Negatif Akibat Terlalu Lama Terisolasi

Miftakhul Khasanah Photo Writer Miftakhul Khasanah

Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya