Comscore Tracker

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Diposting di Media Sosial Saat Ramadan

Yuk, jadi lebih baik di bulan Ramadan ini

Bulan Ramadan telah tiba. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk menebarkan kebaikan, tetapi sebaiknya gak hanya kebaikan saja yang kita tingkatkan.

Sebagai umat muslim yang baik hendaknya kita juga menahan diri dari berbagai godaan, termasuk menggunakan media sosial. Jangan sampai apa yang kita lakukaan di media sosial berdampak kurang baik untuk teman-teman kita yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Ini dia 5 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan di media sosialmu saat Ramadan. Hmmm, sebaiknya sih diteruskan untuk selamanya ya...

1. Menyindir orang lain

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Diposting di Media Sosial Saat RamadanUnsplash/cole huston

Nah, karena ini bulan baik, coba untuk menyelesaikan masalah dengan temanmu secara personal. Tahan dirimu untuk melampiaskanya di media sosial karena itu akan menimbulkan hal yang kurang baik. Misalnya akan terjadi kesalahpahaman sehingga akan membuat masalah yang kamu hadapi semakin rumit.

Selain itu akan ada banyak orang yang tahu mengenai masalahmu, bahkan mungkin ada saja temanmu yang lain ikut tersindir karena tulisanmu. Wah, bukannya menambah pahala nih!

2. Memposting foto saat sedang melakukan kegiatan yang kurang baik

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Diposting di Media Sosial Saat RamadanUnsplash/sweetybeard

Apa yang kamu unggah di media sosialmu sedikit banyak akan mempengaruhi persepsi teman-temanmu yang melihatnya.

Memposting hal yang kurang baik misalnya adegan kekerasan, pornografi dan menyuarakan ujaran kebencian akan berdampak kepada penilaian temanmu kepada kamu sehingga menimbulkan prasangka buruk yang membuat ibadah puasa tidak maksimal.

3. Terlalu banyak memposting keluhan yang dihadapi saat berpusasa

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Diposting di Media Sosial Saat Ramadanrichmondcarers.org

Berpuasa di bulan Ramadan adalah kewajiban seorang muslim. Hendaknya kita menjalani semua itu dengan ikhlas dan penuh semangat.

Nah, daripada kamu posting status galau atau keluhan pada saat berpuasa misalnya, "aduh panas banget nih, mana lagi puasa" atau "buka puasa masih lama ya? udah laper banget nih". Lebih baik kamu posting sesuatu yang memotivasi kamu dan teman-temanmu yang membacanya akan lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Ramadan Adalah Bulan Pengendalian Diri di Media Sosial

4. Memposting makanan di siang hari

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Diposting di Media Sosial Saat Ramadanochalina.com

Bagi perempuan, walaupun kamu sedang berhalangan sehingga tidak dapat berpuasa dan sedang makan siang di suatu tempat, berusahalah untuk menahan diri memposting kelezatan makan siangmu. Karena bisa saja postinganmu berpotensi menimbulkan perasaan kesal temanmu terhadap sikapmu yang kurang menghormati mereka yang sedang melakukan ibadah puasa. 

5. Memposting foto dengan menggunakan pakaian terbuka dan kurang sopan

5 Hal Ini Sebaiknya Tidak Diposting di Media Sosial Saat Ramadanpexels.com/Thiago Matos

Untuk para kaum hawa, jangan memposting foto dengan menggunakan pakaian yang kurang sopan di media sosial. Jangan sampai karena keegoisanmu yang memposting foto dengan pakaian terbuka dapat mengurangi pahala followers-mu yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Mulai sekarang lebih bijak ya dalam memposting segala sesuatu di media sosial agar ibadah yang kamu jalankan semakin baik millennials!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

mintari setyopaluvi Photo Verified Writer mintari setyopaluvi

sharing is good

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya