Comscore Tracker

5 Hal Tentang Niksen, Tren Tidak Melakukan Apa-spa Agar Tidak Stres

Paling enak emang rebahan~

Kesibukan dalam dunia milenial ini menuntut seseorang untuk selalu aktif dalam berbagai kegiatan. Belum lagi pekerjaan yang menumpuk yang kadang membuat stres dalam mengelola hidupnya sendiri. Untuk mengurangi stres yang terjadi beberapa tren diciptakan untuk menyeimbangkan kehidupan. Salah satunya adalah tren Niksen yang kini banyak dianut di Eropa Utara. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah serba-serbi tentang Niksen.

1. Niksen, keputusan tidak melakukan apa-apa

5 Hal Tentang Niksen, Tren Tidak Melakukan Apa-spa Agar Tidak Strespexels.com/Gratisography

Berdasarkan arti kata dari Niksen adalah tidak melakukan apa-apa. Kata yang berasal dari kata Belanda ini secara harfiah berarti menganggur, tidak melakukan apa-apa atau melakukan sesuatu tanpa guna, menurut Carolien Hamming, Direktur Pengelola CSR Centrum, sebuah pusat pelatihan mengelola stres.

Sedangkan menurut Ruut Veenhoven, seorang sosiolog dan profesor di Erasmus University Rotterdam di Belanda, Niksen adalah membiarkan pikiran untuk mengembara tanpa harus fokus pada satu hal. Megan Cannon, pemilik Back to Balance Counseling juga menggambarkan Niksen adalah waktu tanpa perangkat, tanpa layar dan tanpa kepuasan yang segera, hanya tentang kamu.

2. Latar belakang Niksen

5 Hal Tentang Niksen, Tren Tidak Melakukan Apa-spa Agar Tidak Strespexels.com/clark cruz

Ide tren niksen lahir karena melihat perubahan manusia yang semakin lama semakin sibuk. Di mana kesibukan yang dilakukannya berdampak pada kesehatan mental yang ada pada dirinya. Jika diteruskan, kesibukan ini mengakibatkan stres berkepanjangan dan bisa jadi mengakhiri hidup adalah pilihan. Untuk itu, niksen hadir untuk menyeimbangkan ketenangan di tengah kesibukan sehari-hari. Dengan begitu diharapkan kesehatan mental bisa tetap terjaga. Mungkin akan terlihat mudah dengan tidak melakukan apa-apa namun beberapa orang kesulitan karena terbiasa untuk melakukan apa-apa.

3. Manfaat Niksen

5 Hal Tentang Niksen, Tren Tidak Melakukan Apa-spa Agar Tidak Strespexels.com/Lukas Rychvalsky

Ditengah hantaman pemintaan klien, puluhan email yang belum terbaca dan rapat yang terus menyita waktu, stres dan kelelahan menjadi momok. Kehadiran niksen memberikan suasana baru, secara mental tentu kegiatan ini akan mengurangi kecemasan dan menghalau stres dan kelelahan pikiran. Tak hanya mental, secara fisik niksen dapat mencegah proses penuaan dan memperkuat kemampuan tubuh terhadap flu.

Selain itu, untuk pelajar kegiatan niksen dapat membantu untuk mengurangi bermain media sosial. Di mana media sosial bisa membenamkan pikiran baik dan buruk serta menumpukkan pikiran yang sudah penuh dengan pelajaran.

Baca Juga: Kamu Termasuk Kaum Rebahan? Ini 5 Langkah Biar Gak Mager Lagi!

4. Cara melakukan Niksen

5 Hal Tentang Niksen, Tren Tidak Melakukan Apa-spa Agar Tidak Strespexels.com/Andrea Piacquadio

Tak ada cara pasti untuk melakukan niksen, kuncinya hanya diam. Kamu bisa melakukan niksen dengan cara duduk dan melihat ke jendela, berjalan dan mendengarkan musik atau bahkan melamun. Semua kegiatan yang tak melibatkan pikiranmu untuk fokus pada satu tindakan tertentu. Biarkan pikiranmu terbang seperti balon udara yang tak tahu arah, bahkan melamun juga termasuk dalam bagian kegiatan niksen.

5. Pandangan miring tentang Niksen

5 Hal Tentang Niksen, Tren Tidak Melakukan Apa-spa Agar Tidak Strespexels.com/Gabriela Palai

Di Eropa Utara, niksen tak hanya mendapatkan sambutan baik tapi juga pandangan sebelah mata. Pasalnya kegiatan niksen hanyalah kegiatan yang tak ada artinya. Bahkan bisa dibilang dekat dengan kemalasan dan menyia-nyiakan waktu produktif untuk tidak melakukan apapun. Tapi jika kamu melakukan niksen saat terjebak dalam kubangan kesibukan, niksen membawa nilai produktif baru setelahnya.

Sejatinya, niksen adalah salah satu mode relaksasi yang mana relaks sangat dibutuhkan oleh siapa pun. Kegiatan niksen juga bisa disebut dengan mengistirahatkan sejenak pikiran dan badan. Mungkin terdengar seperti surga tapi bagi orang yang terlampau sibuk, ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Baca Juga: 6 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Kamu yang Suka Rebahan

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya