Comscore Tracker

Bikin Hati Lebih Tenang, Ini 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

Jangan bandingkan diri dengan orang lain

Kamu pasti pernah berada di fase benci dan cinta pada diri sendiri. Fase ketika kamu gak bisa menerima segala sesuatu yang terjadi dan berujung membenci diri sendiri, namun setelah itu kamu juga tersadar bahwa kamu berharga dan layak untuk dicintai.

Sayangnya, terlalu sering menyalahkan diri atas kesalahan yang terjadi dapat menimbulkan dampak negatif yang memicu stres. Karena itu, kamu perlu berdamai dengan diri sendiri dan menerima keadaan yang telah terjadi baik pada diri ataupun kehidupanmu. Berikut ini lima cara berdamai dengan diri sendiri buat kamu ketahui.

1. Jujur akan perasaan dan belajar untuk memaafkan

Bikin Hati Lebih Tenang, Ini 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Andre Furtado)

Gak ada manusia yang sempurna, setiap manusia pasti pernah berbuat salah. Karena itu, coba maafkan semua kekurangan dan kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu.

Kamu juga bisa belajar untuk mulai jujur tentang apa yang kamu rasakan dengan mengungkapkan segala hal yang mengganggu. Dengan menerima semua rasa tersebut dan memaafkannya, hidupmu akan jauh lebih damai serta bahagia.

Melansir psychologytoday.com, dalam buku berjudul No More Regrets! 30 Ways to Happiness and Meaning in Your Life, Marc Muchnick Ph.D. mengatakan, izinkan dirimu untuk menjadi gak sempurna. Berdamailah dengan rasa penyesalan dan jangan menyalahkan diri sendiri atas situasi yang gak bisa kamu kendalikan. Berdamailah dengan diri sendiri kemudian bebaskan diri kamu dari masa lalu.

2. Lebih peduli pada diri sendiri

Bikin Hati Lebih Tenang, Ini 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Julia Avamotive)

Menjadi orang yang baik dengan sangat peduli terhadap sekitar juga bisa membuatmu merasa lelah, baik dari fisik ataupun mental. Kamu pasti pernah merasa bahwa kepedulianmu justru menjadi bumerang untuk diri sendiri, bukan?

Ini karena orang-orang yang kamu pedulikan belum tentu bisa melakukan hal yang sama seperti apa yang kamu lakukan kepada mereka. Cobalah mulai perlakukan dirimu seperti bagaimana kamu memperlakukan orang lain.

Terkadang, tanpa sadar kamu justru lebih memikirkan perasaan orang lain seakan itu adalah hal penting melebihi perasaanmu sendiri. Padahal, satu-satunya orang yang lebih dulu harus kamu pedulikan adalah dirimu sendiri, bukan orang lain.

3. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain

Bikin Hati Lebih Tenang, Ini 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi dua perempuan (pexels.com/Artem Podrez)

Ketika membuka media sosial dan melihat seseorang yang saat itu sedang berhasil atas pencapaiannya, hidup mewah, dan bisa dengan mudah mendapatkan atau melakukan yang ia mau, pasti muncul rasa iri yang berujung membuatmu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Dampaknya, timbul keinginan untuk menjadi seperti orang tersebut.

Padahal, membandingkan diri dengan orang lain hanya membuang waktu dan tenaga. Setiap orang berbeda-beda, kamu hanya perlu fokus menjadi versi terbaik dari dirimu dan jangan pernah coba untuk pikirkan apa yang orang lain lakukan.

Selain itu, membandingkan hanya akan membuat kamu mengecilkan diri sendiri dan merasa insecure. Di satu sisi, kamu juga sudah melakukan yang terbaik dan selalu ingat kalau setiap orang pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Baca Juga: 5 Bahasa Cinta yang Mempererat Hubungan dengan Pasangan, Anti Jenuh

4. Percaya pada diri sendiri

Bikin Hati Lebih Tenang, Ini 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Oleg Magni)

Salah satu cara agar kamu mendapatkan kepercayaan diri kembali adalah dengan coba berbicara kepada diri sendiri. Sangat penting untuk kamu berbicara dengan dirimu sendiri, mengatakan kalimat positif sebagai bentuk apresiasi diri karena pada akhirnya kamu gak butuh persetujuan orang lain atas dirimu.

"Otak hanya mempercayai apa yang anda katakan dan apa yang anda ceritakan tentang anda, itulah yang tercipta. Tidak ada pilihan lain," ujar Shad Helmstetter dikutip dari laman lifehack.org.

Hilangkan rasa ragu yang kerap hadir dan membuatmu menyalahkan diri sendiri. Cukup tanamkan rasa percaya bahwa kamu pasti bisa mengatasi segala hal yang terjadi di hidupmu dan yakin bahwa setiap kejadian pasti ada kebaikan.

5. Tahu kapan waktu untuk beristirahat

Bikin Hati Lebih Tenang, Ini 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiriilustrasi perempuan duduk (pexels.com/mentatdgt)

Melansir thoughtcatalog.com, jangan pernah terlalu memaksakan diri dan jika kamu merasa lelah maka istirahatlah. Kamu gak perlu menyusun agenda untuk berlibur panjang, karena hanya dengan menjadikan satu hari sebagai harimu saja sudah lebih dari cukup.

Lakukan kegiatan positif yang kamu sukai dan bisa membuatmu merasa lebih rileks. Kamu bisa memilih kegiatan seperti membaca buku, menonton film, bermain dengan teman, atau melakukan spa.

Itu dia lima cara yang dapat kamu lakukan untuk berdamai dengan diri sendiri. Yuk, belajar untuk menerapkan cara tersebut!

Baca Juga: 5 Tips Berdamai dengan Stres Berlebihan akibat Pekerjaan, Penting!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya