Comscore Tracker

5 Hikmah Sebuah Perpisahan yang Sering Dilupakan Manusia

Tidak ada yang abadi di dunia ini

Dalam hidup nyatanya tak pernah ada yang abadi. Pada setiap pertemuan sudah dapat dipastikan selalu ada perpisahan yang mengiringinya. Perpisahan semacam takdir yang selalu ditemui semua insan manusia. Tentunya selalu diiringi dengan kesedihan dan derai air mata.

Diputus pacar, harus berpisah dengan sahabat, merantau hingga yang paling umum kematian. Lantas apakah perpisahan hanya sebuah simbol kesedihan? Tentu saja tidak. Di bawah ini ada beberapa hikmah yang bisa diambil dari sebuah perpisahan.

1. Simbol kefanaan seorang manusia

5 Hikmah Sebuah Perpisahan yang Sering Dilupakan Manusiaunsplash/mahkeo

Manusia itu nyatanya fana dan tak ada yang perlu disombongkan dari hal tersebut. Perpisahan hadir sebagai pengingat bahwa hidup tidak melulu untuk bahagia. Ada batasan-batasan yang harus kita terima dalam hidup.

Pada akhirnya perpisahan akan membuat kita sadar bahwa kita hanyalah manusia yang tak memliliki kekuatan apapun di mata Tuhan. Kita hanyalah manusia yang fana yang pada akhirnya akan berpisah dengan orang-orang yang kita cintai.

2. Membuatmu menjadi manusia yang lebih kuat

5 Hikmah Sebuah Perpisahan yang Sering Dilupakan Manusiaunsplash/priscilladupreez

Di balik pahitnya perpisahan terdapat satu hal yang sering dilupakan tiap orang. Perpisahan bisa menjadi sebuah pelatuk untuk membuat seseorang lebih tegar dan kuat. Memang mungkin awalnya hati hancur, sedih dan tak bisa menerima perpisahan.

Tapi ingatlah bahwa dari situlah akan muncul semangat baru untuk setidaknya mencoba lebih memahami yang namanya proses kehidupan. Dan perpisahan adalah setitik proses dari banyaknya proses yang akan kita hadapi dalam hidup ini.

3. Berpikir realistis

5 Hikmah Sebuah Perpisahan yang Sering Dilupakan Manusiaunsplash/alvaromatzumura

Dari sebuah pertemuan maka barang tentu ada sebuah perpisahan. Jika kamu sudah mengalami yang namanya sebuah perpisahan. Maka tentu kamu akan tahu bahwa berharap lebih terhadap orang lain bukanlah keputusan yang bijaksana. Kamu akan belajar bahwa hidup tidak melulu optimis tetapi harus ada waktu untuk bersikap realistis.

Menerima kenyataan perpisahan adalah jalan keluar dari kesedihan akan ditinggal kekasih, sahabat dan orang tercinta lainnya. Berpikir realistis tentu akan membuatmu sadar bahwa hidup ini memang seperti itu adanya.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Kecemburuan dalam Hubungan, Biar Gak Ada Perpisahan

4. Perpisahan bukanlah akhir dari segalanya

5 Hikmah Sebuah Perpisahan yang Sering Dilupakan Manusiaunsplash/josephgardnerphotography

Memang terasa pahit ketika kebahagiaan harus berujung sebuah perpisahan. Tapi yang pasti adalah perpisahan bukanlah akhir dari segalanya. Teruslah yakin bahwa semua itu adalah takdir yang tak akan pernah bisa kamu ubah. Perpisahan itu sebuah proses dan kewajibanmu hanya satu, terus melanjutkan hidup.

5. Kebahagiaan dan kesedihan adalah sesuatu yang pasti

5 Hikmah Sebuah Perpisahan yang Sering Dilupakan ManusiaIDN Times/M. Farid Hermawan

Pertemuan pasti selalu dipenuhi dengan kebahagiaan. Begitu juga dengan perpisahan, ada kesedihan yang memayunginya. Hidup memang begitu. Harus ada keseimbangan yang beriringan. Seperti baik dan buruk, pertemuan dan perpisahan juga hadir dalam bentuk kebahagiaan dan kesedihan yang berimbang.

Pada akhirnya perpisahan akan mengajarkanmu bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini.

Baca Juga: 12 Tipe Orang yang Pasti Pernah Kamu Temui Ketika Perpisahan Sekolah

M. Farid Hermawan Photo Community Writer M. Farid Hermawan

POTONGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You