Comscore Tracker

5 Hal Sederhana agar Orang Merasa Dihargai, Gak Sulit!

Kita hidup bukan untuk diri sendiri!

Kehidupan terus berjalan, kita tahu bukan hanya kita yang menjalani kehidupan di dunia ini. Orang-orang di sekitar kita juga selalu mengusahakan apa pun yang mereka butuhkan di dalam hidupnya. Bahkan tanpa disadari, kita semua saling menilai diri kita satu sama lain. Tetapi, di balik penilaian itu semestinya kita juga harus saling menghargai. Sebenarnya menghargai itu tidaklah sulit, hanya saja kita tak mengerti arti dari menghargai itu sendiri.

Nah, berikut ini adalah lima cara mudah menghargai tanpa harus menyulitkan dirimu sendiri!

1. Respect terhadap kebahagiaannya

5 Hal Sederhana agar Orang Merasa Dihargai, Gak Sulit!Unsplash.com/StevenLewis

Kamu tahu? Tidak semua orang memiliki tujuan hidup yang sama, pandangan yang sama, atau bahkan sumber kebahagiaan yang sama. Ada beberapa orang yang menganggap bahwa bisa makan untuk hari ini saja sudah bahagia. Dan kita? Apakah pantas menertawakan hal itu? Tentu saja tidak! Sepantasnya kita menghargai kebahagiaan itu meski kita tak mampu menolong apa pun untuk mereka.

2. Beri ruang kehidupan kita masing-masing

5 Hal Sederhana agar Orang Merasa Dihargai, Gak Sulit!Unsplash.com/MichalParzuchowski

Kita tidak pantas mengekang orang lain terhadap apa yang kita pikir baik. Kita harus tahu bahwa orang lain juga butuh ruang untuk menikmati hidupnya sendiri. Jika kamu adalah seorang bos di sebuah perusahaan, maka kamu pasti mengerti itu. Sebab, jika kamu terus mengekang orang-orang yang berada di bawahmu, maka bukan hanya mereka yang merasakan dampak negatifnya tetapi kamu juga. Oleh karena itu, keseimbangan dalam hidup itu perlu.

3. Tersenyum ketika bertemu orang lain

5 Hal Sederhana agar Orang Merasa Dihargai, Gak Sulit!Unsplash.com/Dan

Tak peduli siapa kamu, tak peduli seberapa tinggi derajatmu, apabila kamu berpapasan dengan orang lain maka sebisa mungkin tersenyumlah. Mengapa? Karena ketika kamu tersenyum, orang lain akan berpikir bahwa kamu menghargai dirinya. Bukan berarti dia mengharapkan lebih, tetapi dia sadar bahwa dia dianggap di dalam kehidupan ini. Dan kamu pasti tahu perasaan yang dia rasakan saat itu. Dengan begitu, jangan lupa tersenyum hari ini!

Baca Juga: 5 Tips agar Orang Lain Lebih Menghargai Saran yang Kamu Berikan

4. Tidak ikut campur dengan urusan pribadinya

5 Hal Sederhana agar Orang Merasa Dihargai, Gak Sulit!Unsplash.com/BenWhite

Jangan terlalu jauh mencampuri hidup orang lain. Karena kamu akan tahu bagaimana rasanya ketika hidupmu selalu dicampuri oleh orang lain. Akan ada saatnya kamu merasa tidak nyaman dan terkekang oleh masukan-masukan yang diutarakan. Lebih baik kita berdiri di belakang dan support dengan apa yang mungkin kita lakukan. Dan jangan terlalu dalam menyelami urusan pribadi orang lain. Karena jika kamu terus-terusan mencampuri urusannya, bukan tak mungkin dia akan tersinggung dengan perlakuanmu.

5. Tidak menjudge apa yang orang lain pikirkan

5 Hal Sederhana agar Orang Merasa Dihargai, Gak Sulit!Unsplash.com/AndrewNeel

Di Indonesia kita diajarkan untuk bermusyawarah dan selalu toleransi terhadap pandangan orang lain. Dan di kehidupan nyata ini pun, penting sekali kita aplikasikan. Mengapa? Karena ketika kita menjudge pandangan/pikiran orang lain, akan muncul masalah seperti sakit hati dan semacamnya. Oleh karenanya jangan sekali-kali menjudge orang lain terhadap apa yang dipikirkannya.

Jadi bukan alasan lagi ya untuk kamu tidak menghargai satu sama lain. Hidup ini butuh warna, dan menghargai adalah salah satu cara mewarnai hidup!

Baca Juga: 5 Hal yang Tak Mungkin Dilakukan Manusia yang Menghargai Waktu

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya