Comscore Tracker

Jangan Abaikan 5 Nasihat Orangtua Ini, Jika Tak Ingin Menyesal!

Gimana menurut kamu?

Orang tua hadir bukan hanya sebagai sosok manusia yang melahirkan, menafkahi, dan melindungi kita, tetapi juga mendidik kita sebagai seorang anak di matanya. Oleh karena itu, orang tua tak kenal lelah menyampaikan nasihat mereka untuk kita.

Nasihat orang tua memang besar sekali makna dan manfaatnya, tetapi yang namanya manusia, pasti kita juga sering abai terhadap nasihat tersebut. Berikut ini adalah lima nasihat yang tak boleh kamu abaikan agar tak menyesal di kemudian hari!

1. Hiduplah dengan hemat

Jangan Abaikan 5 Nasihat Orangtua Ini, Jika Tak Ingin Menyesal!Unsplash.com/MichaelLongmire

Mungkin ketika kita kecil yang kita dambakan adalah kebebasan, ketenangan, dan hal lainnya. Kita tak terlalu mengerti apa itu uang, finansial, dan sebagainya. Tetapi setelah beranjak dewasa kita akhirnya sadar bahwa hidup hemat itu perlu. Yang sebelumnya kita berpikir bahwa hidup itu nikmat, akan menjadi petaka apabila kita telat menyadarinya. Dimana kebiasaan kitalah yang akan membentuk masa depan kita.

2. Tersenyumlah kepada siapa pun

Jangan Abaikan 5 Nasihat Orangtua Ini, Jika Tak Ingin Menyesal!Unsplash.com/EdwardCisneros

Jangan pelit tersenyum! Dunia akan lebih cerah ketika kamu mau tersenyum kepada siapa pun. Mungkin suatu hari kamu menemukan seseorang yang sedang mengalami hari yang buruk, dan dia merasa terbantu lewat energi positif dari senyumanmu. Buatlah dunia yang cerah lewat caramu tersenyum, dengan begitu dunia pun akan mendukungmu atas apa pun yang kamu lakukan.

3. Hormatlah kepada orang yang lebih tua

Jangan Abaikan 5 Nasihat Orangtua Ini, Jika Tak Ingin Menyesal!Unsplash.com/PaulHanaoka

Yang namanya orang tua tak ingin anaknya tumbuh tanpa rasa hormat kepada orang lain, apalagi yang lebih tua dari sang anak. Rasa hormat itu perlu ditanamkan, sebab semakin tua kita akan sadar bahwa dasarnya hidup rukun adalah rasa hormat antar sesama. Dan jika kamu abai, maka lingkungan pun akan menolak kamu di kehidupan sosial dengan caranya yang tak pernah kita ketahui.

Baca Juga: 5 Nasihat buat Anak Rantau dari Orangtua Batak Toba, Wajib Catat!

4. Jadilah dirimu sendiri

Jangan Abaikan 5 Nasihat Orangtua Ini, Jika Tak Ingin Menyesal!Unsplash.com/MiPham

Kamu adalah kamu, dan tak akan pernah menjadi orang lain. Oleh karena itu hiduplah selayaknya kamu dan jangan terpengaruh oleh siapa pun! Ingat hal ini baik-baik, orang tuamu menginginkan kamu yang sebenarnya, bukan kamu yang hidup dalam kepura-puraan dunia. Sebab, orang tua sudah lebih dulu sadar akan nilai kehidupan yang sebenarnya sebelum kamu mengetahuinya.

5. Hidup jujur itu lebih baik

Jangan Abaikan 5 Nasihat Orangtua Ini, Jika Tak Ingin Menyesal!Unsplash.com/JulianeLiebermann

Orang tua mana yang menginginkan anaknya hidup selalu dalam kebohongan? Kepura-puraan? Tentu orang tua menginginkan anaknya untuk jujur dengan apa yang terjadi pada dirinya sendiri. Dengan begitu, hidup berjalan sebagaimana mestinya terjadi tanpa harus membohongi diri sendiri.

Itulah kelima nasihat orang tua yang mesti kamu ingat agar tak menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 8 Nasihat untukmu Melalui Quarter Life Crisis, Langsung Terapkan! 

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Based on my perspective

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya