Comscore Tracker

Kamu Percaya Diri atau Kepedean? Ini 5 Perbedaannya

Orang pede gak tahu kalau dirinya pede #IDNTimesLife

Manusia itu banyak sekali ragam prilakunya. Mulai dari yang sempurna, baik, cukup baik, bahkan buruk sekalipun. Tetapi kita tidak bisa menilainya hanya dari satu perkara saja. Sebab salah pengertian juga bisa berakibat fatal.

Seperti halnya kita menafsirkan sikap seseorang, apakah ia percaya diri, atau justru kepedean? Kamu pun pasti tahu mana yang lebih baik di antara keduanya. Daripada berlama-lama, yuk simak lima perbedaan percaya diri dan kepedean yang berikut ini!

1. Percaya diri itu tidak berlebihan

Kamu Percaya Diri atau Kepedean? Ini 5 PerbedaannyaBerbicara seru (Unsplash.com/HelenaLopes)

Rasa percaya diri muncul karena keyakinan kita terhadap kemampuan yang kita miliki. Sedangkan kepedean muncul karena emosional yang ada dalam diri kita masing-masing. Karena emosional kita yang memantik rasa kepedean, maka wajar jika kepedean terkesan lebih berlebihan.

Kepedean membuat seseorang melebih-lebihkan apa yang ia banggakan. Contohnya seperti promosi jabatan baru, seseorang yang percaya diri tentu akan tersenyum yakin dengan dirinya. Tetapi, seseorang yang 'kepedean' akan berkoar-koar tentang keyakinannya.

2. Percaya diri itu bukan sok tahu

Kamu Percaya Diri atau Kepedean? Ini 5 PerbedaannyaBerbagai opini (Unsplash.com/AnnaVanderStel)

Percaya diri sangat berbeda dengan kepedean. Karena orang yang percaya diri selalu memiliki landasan ilmu yang jelas. Sedangkan, orang yang kepedean? Ketika dihadapkan segala sesuatu yang mendesak, rasa percaya diri tentu akan membantu kita menyelesaikan masalah tersebut dengan perhitungan yang matang.

Sebaliknya, jika kepedean saat menghadapi masalah yang sebegitu mendesak, kemungkinan besar kita akan sembrono dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagi

3. Kepedean itu bagai bumerang

Kamu Percaya Diri atau Kepedean? Ini 5 PerbedaannyaMengobrol bareng (Unsplash.com/AndreaTummons)

Kepedean itu seperti bumerang, yang apabila dilempar justru akan terbang kembali kepada si pelempar. Jika kita tidak berhati-hati, maka bisa saja kita akan terluka ketika senjata itu bertolak kembali! Mengapa kepedean dianalogikan sebagai bumerang?

Alasannya karena kepedean bisa membuat orang lain mempelajari celah buruk diri kita di mata orang lain. Akibat terlalu nafsu untuk berbicara atau berlagak di depan orang dengan semangatnya, akan ada kemungkinan dimana orang lain mengetahui bahwa kita tidak seperti apa yang kita katakan.

4. Keduanya punya latar belakang yang berbeda

Kamu Percaya Diri atau Kepedean? Ini 5 PerbedaannyaPersentasi (Unsplash.com/AustinDistel)

Percaya diri kita tahu muncul karena perasaan yakin dan optimis atas apa yang akan kita hadapi. Baik terhadap kemampuan dan juga emosional, kita yakin dan optimis bahwa kita mampu.

Latar belakang dari kepedean justru bertolak belakang dari itu. Kepedean muncul karena kesombongan, ketakutan, dan kebingungan kita akan sebuah permasalahan yang kita hadapi sehingga kita berlagak mampu padahal kita sendiri ragu dengan hal itu.

5. Tujuan keduanya tak sama

Kamu Percaya Diri atau Kepedean? Ini 5 Perbedaannyailustrasi percaya diri (Unsplash.com/TimBogdanov)

Tujuan antara percaya diri dan kepedean jelas tak memiliki kesamaan. Disaat percaya diri bertujuan untuk mendorong diri kita untuk yakin dan optimis, kepedean justru bertujuan untuk memantik penilaian dari orang lain. Kepedean lebih cenderung mencari image di depan orang lain ketimbang mendorong diri sendiri untuk menjadi lebih kuat.

Percaya diri itu bagai senjata tiap-tiap orang. Tanpa kepercayaan diri, hampir tidak mungkin kita mampu melalui hal-hal yang mungkin berat di mata kita.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Anti Insecure!

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya