Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagi

Apakah hubungan kalian patut diperjuangkan?

Kepercayaan. Sebuah kata sederhana yang terdiri dari sebelas huruf namun merupakan kata yang sangat berbobot. Kepercayaan adalah jiwa dari setiap hubungan.

Kepercayaan itu bagaikan lem perekat super yang mengikat hubungan itu agar bisa bersama. Jika kalian memilikinya, itulah alasan mengapa kalian bisa menghabiskan hari di samping pasangan kalian dan merasa damai. Tidak ada apa pun yang bisa membuat kalian merasa tak yakin dan merasa cemas.

Tapi di satu sisi, kurangnya kepercayaan dapat menciptakan efek sebaliknya. Jika kepercayaan kalian telah dirampas dan dicabik-cabik, kalian mungkin akan merasa putus asa. Tapi, ada kabar baik.

Hubungan yang telah ternoda oleh pengkhianatan bisa saja diselamatkan. Pahami bahwa kepercayaan rusak karena sesuatu dalam hubungan itu rusak. Apakah kalian bersedia menginvestasikan waktu dan upaya yang diperlukan untuk menyelamatkan apa yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kalian bangun?

1. Temukan motivasi

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagiilustrasi wanita berkacamata (unsplash.com/Devin Avery)

Orang melakukan sesuatu untuk alasan yang berbeda. Biasanya, alasan tersebut penting dan rasional bagi orang yang melakukannya. Mereka mungkin merasa sakit hati, kesepian, atau tidak dihargai.

Motivasi memainkan peran penting apakah hubungan kalian bisa diselamatkan atau tidak. Rasa abai, kehidupan, amarah, kurangnya komitmen, semuanya bisa mengarah pada perselingkuhan. Kalian mungkin menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi, bahkan mungkin saja kalian ikut terlibat di dalamnya.

Kalian bisa saja sudah melakukan segalanya sebaik mungkin tapi pasangan kalian tetap saja tergoda untuk berpaling dari kalian. Hal itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan kalian atau perasaan kalian berdua terhadap satu sama lain.

2. Memaafkan

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagiilustrasi wanita serius (unsplash.com/Jon Ly)

Kalian telah berjuang keras untuk hubungan kalian. Hubungan kalian masih baru, tetapi setidaknya kalian masih bersama dan berusaha untuk tetap seperti itu. Terkadang, meskipun kalian masih bersama-sama dan kalian pikir kalian berhasil melewati krisis yang ada, amarah dan kebencian itu tetap ada.

Maaf itu belum diberikan sepenuhnya. Untuk benar-benar meninggalkan kejadian buruk tersebut di masa lalu, harus ada pengampunan dari kedua sisi. Yang berkhianat mungkin merasa sangat bersalah sehingga mereka hampir tidak bisa bangkit kembali.

 Pengampunan, meski tidak mudah, adalah kunci untuk kelangsungan suatu hubungan.

Baca Juga: 5 Cara Mengambil Kepercayaan dari Orang Lain, Kamu Wajib Tahu!

3. Beri waktu

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagiilustrasi wanita serius (unsplash.com/Duncan Shaffer)

Sayangnya, pengkhianatan itu tidak seperti suatu operasi. Hal itu jauh lebih buruk. Untuk menyembuhkan patah hati membutuhkan banyak waktu, tergantung berapa lama kalian sudah bersama.

Jika kalian berkomitmen untuk membuat hubungan kalian berhasil, kesabaran sangat penting. Kalian akan menyimpan amarah, kesedihan, rasa tidak percaya, rasa insecure, bahkan mungkin sebagian rasa malu. Lakukan satu langkah kecil setiap saat.

Bicarakan apa yang dirasa perlu dibicarakan. Pada akhirnya, jika kalian terus mengambil langkah-langkah kecil itu, kalian akan sampai pada tahap penyembuhan.

4. Jadilah transparan

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagiilustrasi wanita serius (unsplash.com/Aiony Haust)

Bersikap transparanlah seperti jendela kaca tembus pandang. Untuk mendapatkan kembali kepercayaan, pihak yang bersalah harus benar-benar transparan. Mereka yang dikhianati tidak bisa dibiarkan untuk berpikir bahwa ada rahasia. Kerahasiaan akan menciptakan ketidakpercayaan lebih lanjut.

5. Jangan terus mengungkit hal itu

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Belajar Percaya Lagiilustrasi wanita berdiri di jembatan (unsplash.com/Soroush Karimi)

Ketika kalian telah berada di titik untuk membangun kembali hubungan itu dari awal dan bisa move on maka lakukanlah. Artinya, jangan terus mengungkit apa yang telah terjadi. Hal itu hanya akan membuka luka kalian kembali.

Bayangkan kalian melukai diri kalian berulang kali kemudian mengobatinya dengan beberapa jahitan lalu membalutnya dengan perban. Tapi bukannya membiarkan luka itu sembuh, kalian malah memutuskan untuk membuka perban tersebut dan merusak jahitannya hanya demi melihat lukanya. Kira-kira sakit tidak?

Saran-saran yang disebutkan di atas dapat berhasil, tetapi harus ada kemauan untuk mencoba, komitmen untuk melakukan apa yang diperlukan, dan keputusan bahwa hubungan tersebut layak untuk diselamatkan atau tidak. Tapi kembali lagi, itu keputusan yang hanya bisa kalian buat.

Baca Juga: 5 Saran Buatmu yang Kesulitan Meyakinkan Orang Lain untuk Percaya

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya