Comscore Tracker

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Hidup Gak Pernah Tenang

Apakah kamu masih memiliki kebiasaan berhutang?

Setiap orang tentu mendambakan hidup yang nyaman dan tenram. Dengan kehidupan yang nyaman dan tentram membuat kita merasa bahagia. Namun, hal ini juga tidak dapat dicapai dengan mudah, lho. Di lingkup sekitar kita pasti ada beberapa hal yang membuat kita merasa tidak nyaman.

Meskipun, semua ini kembali lagi pada diri kita sendiri. Apakah kita lebih memilih terjebak dalam hal-hal yang bisa membuat hidup tidak tenang, ataukah kita mau berusaha membebaskan diri? Lantas, apa saja lima hal yang ternyata bisa membuat hidup tidak pernah tenang? Mari simak inspirasinya lewat ulasan di bawah ini!

1. Kecurangan

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Hidup Gak Pernah Tenangilustrasi curang (pexels.com/RODNAE Productions)

Membicarakan perilaku curang memang tidak ada habisnya. Perbuatan buruk ini seolah menjadi budaya yang sudah mendarah daging di lingkungan masyarakat. Entah itu kecurangan terkait urusan-urusan sepele maupun yang menyangkut urusan penting dan berpotensi membawa kerugian bagi banyak pihak.

Tapi tahukah kamu, ternyata kecurangan merupakan salah satu dari banyak hal yang bisa membuat hidup tidak pernah tenang. Bagaimanapun juga, keberhasilan yang ditempuh dengan cara curang hanya akan membuatmu bahagia sesaat. Setelahnya kamu akan dihantui rasa takut jika kecurangan tersebut akan terbongkar.

2. Terlibat dalam persaingan tidak sehat

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Hidup Gak Pernah Tenangilustrasi berdiskusi (pexels.com/Yan Krukov)

Memang tidak dapat dipungkiri, sebagai manusia selalu ada rasa ingin unggul dan menduduki posisi terbaik. Baik itu dalam lingkungan akademis maupun ketika sudah masuk dalam dunia kerja. Seringkali hal ini membuat kita lupa diri sehingga terlibat dalam persaingan tidak sehat.

Walaupun terkesan sepele, kenyataannya persaingan tidak sehat merupakan salah satu penyebab mengapa hidup tidak pernah tenang, lho. Hal itu akan membuatmu selalu diliputi kekhawatiran sepanjang waktu karena adanya upaya saling menjatuhkan satu sama lain.

Baca Juga: 5 Penyebab Adanya Social Loafing, Biasa Terjadi di Kehidupan Kampus

3. Pamer

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Hidup Gak Pernah Tenangilustrasi pamer (pexels.com/Anna Shvets)

Ada banyak hal yang membuat seseorang terjebak dalam kebiasaan pamer satu sama lain. Mulai dari keinginan agar dipandang hebat maupun harapan bahwa eksistensinya diakui oleh orang-orang di sekitar; baik itu pamer dari segi harta dan kekayaan maupun kedudukan dan jabatan.

Padahal, kebiasaan pamer justru membuat hidup tidak pernah tenang, lho. Kamu selalu diliputi kegelisahan dan ketakutan jika eksistensimu tidak lagi diakui atau dipandang sebelah mata oleh orang-orang sekitar. Bahkan, tidak jarang kebiasaan pamer akan menyeretmu pada gaya hidup boros dan konsumtif.

4. Terlalu mengikuti standar orang lain

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Hidup Gak Pernah Tenangilustrasi berdiskusi (pexels.com/Kindel Media)

Setiap orang bisa pasti memiliki standarnya sendiri yang tidak dapat disamakan satu sama lain. Sebagai contoh, jika kita menanyakan standar kesukesan, sudah pasti setiap orang memiliki standarnya tersendiri. Ada yang berpendapat sukses itu ketika bisa meraih jabatan tertentu, bisa memiliki bisnis yang berkembang luas, atau berbagai pendapat lainnya.

Ini tentu menjadi pelajaran penting bagi kita. Selalu mengikuti standar orang tidak menjamin kita akan bahagia dalam menjalani hidup. Sempurna di mata satu orang belum tentu kita juga akan dipandang sebagai sosok manusia sempurna di mata orang yang lainnya.

5. Hobi berhutang

Terlihat Sepele, 5 Hal Ini Ternyata Bikin Hidup Gak Pernah Tenangilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Berhutang memang bisa menjadi salah satu jalan keluar ketika kondisi keuangan menipis dan tidak mungkin lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebenarnya ini bukan hal yang salah ketika ditujukan untuk kebutuhan yang memang penting dan mendesak. Namun, bagaimana jika kita berhutang hanya untuk menuruti gaya hidup penuh gengsi?

Berhutang hanya untuk menuruti gengsi merupakan salah satu penyebab mengapa hidup tidak pernah tenang. Hutang yang dilakukan sedikit demi sedikit pada akhirnya semakin menumpuk dan membuatmu keberatan di akhir. Jika ini terus terjadi, tentu bakal makin membuat kamu merasa terbebani. 

Kehidupan yang tenang dan bahagia pasti jadi dambaan setiap orang. Namun, niscaya hal itu tidak akan terjadi ketika kamu masih melakukan kelima hal di atas. Setelah membaca ulasan ini, lebih bijak untuk segera menghindari kelima hal tersebut, ya! Tentu kamu ingin merasakan ketenangan dalam hidup, bukan? 

Baca Juga: 5 Tips Kuatkan Diri di Tengah Badai Kehidupan, Perlu Strategi Bertahan

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya