Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitas

Kecewa boleh, tapi kamu harus segera bangkit  

Setiap orang memang boleh menetapkan target tertinggi yang harus dicapai. Entah itu pencapaian dalam hal akademis, jenjang karier, maupun yang lainnya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan, apa yang direncanakan melenceng jauh dari kenyataan.

Mendapati ekspektasi berbeda dengan realitas, tentu ada perasaan kecewa bahkan putus asa. Sebenarnya hal itu wajar, kok. Namun demikian, kamu tidak boleh berlama-lama meratapi keadaan tersebut. Berikut ini lima hal yang harus dilakukan ketika mendapati ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan.

1. Menerima bahwa segala sesuatu tidak ada yang sempurna

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitasilustrasi menatap ke depan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu bertanya apakah menginginkan kesempurnaan salah, tentu saja jawabannya tidak. Kamu boleh membuat penetapan tujuan tertinggi serta berusaha semaksimal mungkin untuk meraihnya. Namun yang perlu diingat, tidak semua yang diinginkan dapat tercapai.

Ketika mendapati apa yang telah ditetapkan sejak awal tidak dapat tercapai maksimal, maka sadarilah bahwa itu adalah hal yang wajar. Kamu tidak perlu tenggelam dalam penyesalan berlarut-larut. Bukan suatu hal yang memalukan kok ketika kamu tidak dapat mencapai segala sesuatu secara sempurna.

2. Menata ulang apa yang telah direncanakan

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitasilustrasi mencatat (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Rencana memang menjadi bagian penting dalam upaya pencapaian tujuan. Dengan adanya rencana, kamu jadi tahu ke mana harus melangkah dan tindakan apa yang perlu diambil. Namun yang perlu diingat, adakalanya rencanamu tidak berjalan lancar sehingga hasil yang diraih pun kurang optimal.

Merasa kecewa sudah sewajarnya, tapi kamu tidak bisa jika terus tenggelam dalam perasaan tersebut. Setelah menghadapi ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan, kamu harus segera bangkit dan menata ulang rencanamu. Sesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dan tantangan yang akan dihadapi agar rencanamu dapat terealisasi sepenuhnya.

Baca Juga: 5 Bentuk Ekspektasi terhadap Diri Sendiri yang Bisa Mengecewakanmu!

3. Mempertimbangkan kembali apakah tujuanmu tersebut masuk akal

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitasilustrasi bersandar di dinding (pexels.com/Masha Raymers)

Tentu kamu pernah menetapkan target tertinggi untuk suatu hal. Entah itu mendapatkan nilai yang tinggi saat masih sekolah atau menduduki jabatan tertentu dalam dunia kerja. Tidak ada yang salah dengan targetmu tersebut.

Namun ketika akhirnya apa yang menjadi ekspektasi justru berbeda jauh dengan realitas, inilah saatnya kamu mengoreksi apa yang menjadi tujuanmu tersebut. Bisa saja kamu menetapkan target pencapaian terlalu tinggi tapi tidak diimbangi dengan kemampuan diri dan usaha yang dilakukan.

4. Mencari tahu apa yang menyebabkan kegagalan

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitasilustrasi berpikir (pexels.com/SHVETS Production)

Sejatinya, kegagalan adalah hal yang pasti dialami oleh semua orang. Entah itu kegagalan dalam hal akademis, pekerjaan, maupun dalam mengembangkan bisnis. Tidak ada yang salah dengan kondisi tersebut, toh kamu juga tidak menginginkan hal itu terjadi.

Namun yang perlu diingat, kegagalan bukan akhir dari segalanya. Ketika kamu mendapati ekespektasi jauh dari realitas yang diharapkan, maka sudah saatnya untuk bangkit dan mencari tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Dengan cara tersebut, maka kamu dapat meminimalkan resiko yang dapat terjadi sehingga kegagalan yang sama tidak akan terulang.

5. Menyadari bahwa kamu telah berproses menjadi manusia yang lebih berkualitas

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitasilustrasi memilih buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membahas ekspektasi tidak sesuai dengan realitas memang menyakitkan, bahkan bisa membuat dirimu terpuruk dalam waktu yang lama. Kamu sudah merancang sedemikian rupa dan mengharapkan hasil terbaik, tapi justru merasa ditikung oleh keadaan.

Ingatlah ini bukan akhir segalanya. Ketika hal itu terjadi, sudah selayaknya kamu menyadari pelajaran penting yang terselip di baliknya. Meskipun apa yang diinginkan tidak tercapai dengan baik, namun setidaknya kamu telah tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang lebih berkualitas.

Setiap orang tentu pernah menghadapi kondisi di mana ekspektasi tidak sesuai dengan realitas. Namun demikian, hal itu bukan berarti kamu sepenuhnya telah gagal. Jika saat ini kamu berada dalam kondisi tersebut, ingat lima hal di atas baik-baik ya!.

Baca Juga: 5 Ekspektasi yang Tidak Boleh Kamu Letakkan pada Pasangan, Catat! 

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya