Comscore Tracker

5 Kerugian saat Terbiasa Ingkar Janji, Orang Gak akan Percaya Lagi!

Yuk, berubah mulai dari sekarang

Janji menjadi hal yang umum ditemui. Bahkan kita sering mengucapkannya dalam berbagai situasi. Baik itu janji kepada keluarga, teman, maupun orang-orang di sekitar. Mengucapkan janji memang terdengar ringan dan sederhana. Kamu hanya perlu meyakinkan orang dengan beberapa baris kalimat.

Namun, menepati janji ternyata tidak semudah mengucapkannya, lho. Ini terbukti dari banyaknya orang yang tidak bisa menepati atas kesepakatan yang telah dibuatnya sendiri. Padahal sikap yang demikian bisa membawa dampak buruk. Berikut lima kerugian saat kamu terbiasa ingkar janji.

1. Dianggap plin-plan

5 Kerugian saat Terbiasa Ingkar Janji, Orang Gak akan Percaya Lagi!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tentu kita sudah paham betul dengan sifat yang satu ini. Mereka yang masih memiliki sifat plin-plan seringkali tidak memiliki pendirian yang tetap. Bahkan tidak jarang mereka melanggar kesepakatan yang telah dibuat oleh dirinya sendiri.

Dianggap sebagai sosok plin-plan merupakan salah satu kerugian yang harus dihadapi ketika kamu masih sering ingkar janji. Kesepakatan yang tidak ditepati merupakan cerminan bahwa kamu adalah manusia yang tidak memiliki pendirian tetap atas apa yang telah kamu janjikan.

2. Tidak dipercaya orang

5 Kerugian saat Terbiasa Ingkar Janji, Orang Gak akan Percaya Lagi!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Karolina Grabowska)

Membangun kepercayaan orang lain memang susah-susah gampang. Sebagaimana kita yang super selektif sebelum menyerahkan kepercayaan kepada seseorang, begitu juga yang orang lain lakukan sebelum ia memberikan kepercayaannya kepada kita. Salah sedikit saja dalam memberikan kepercayaan, tentu akan sangat fatal akibatnya.

Salah satu kebiasaan yang membuat orang susah percaya yaitu seringnya kamu ingkar janji. Bagaimana pun juga, apa yang keluar dari mulutmu harus dipertanggung jawabkan. Ketika kamu ingkar janji meskipun hanya sekali, maka orang akan meragukan dirimu ke depannya.

Baca Juga: 5 Saran buat Kamu yang Sering Ingkar Janji dengan Orang Lain

3. Mencerminkan kamu tidak profesional

5 Kerugian saat Terbiasa Ingkar Janji, Orang Gak akan Percaya Lagi!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Yan Krukov)

Profesionalitas merupakan hal yang penting untuk dimiliki, terutama ketika kamu sudah terjun dalam lingkup dunia kerja. Adanya profesionalitas yang tertanam dalam diri merupakan cerminan bahwa kamu adalah sosok yang berkomitmen penuh dalam pekerjaan.

Namun sayangya, ini tidak akan berarti apa-apa jika kamu masih terus melakukan kebiasaan ingkar janji. Tidak menepati kesepakatan yang telah dibuat oleh diri sendiri sama saja dengan menunjukkan bahwa kamu adalah sosok individu yang tidak bertanggung jawab. 

4. Menurunkan integritas

5 Kerugian saat Terbiasa Ingkar Janji, Orang Gak akan Percaya Lagi!ilustrasi menutup muka (pexels.com/Cottonbro)

Integritas menjadi kata yang sudah tidak asing lagi didengar. Integritas merupakan gambaran terkait karakter dan kepribadian dalam dirimu yang tercermin melalui perilaku yang sehari-hari. Menjadi seseorang yang berintegritas tinggi, kamu akan selalu menjaga sikap maupun tutur kata.

Lantas, bagaimana jika kita masih melakukan ingkar janji? Meskipun terlihat sepele, pada kenyataannya perbuatan satu ini bisa membawa kerugian bagi diri sendiri. Kebiasaan ingkar janji membuat dirimu dicap sebagai sosok yang memiliki citra negatif sehingga integritasmu di mata banyak orang akan turun.

5. Orang kehilangan respek

5 Kerugian saat Terbiasa Ingkar Janji, Orang Gak akan Percaya Lagi!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Artem Podrez)

Memang tidak dapat dipungkiri jika setiap tutur kata, sikap, dan tingkah laku menjadi dasar penilaian orang lain atas diri kita. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan banyaknya orang yang tidak lagi dihormati oleh masyarakat sekitar, karena ia tidak bisa menepati apa yang telah diucapkan.

Ini tentu menjadi kerugian yang harus ditanggung ketika kamu masih membiasakan ingkar janji. Walaupun terdengar sepele, pada kenyataannya perilaku tersebut menimbulkan kesan buruk di mata orang lain sehingga mereka akan kehilangan respek atas dirimu.

Mengucapkan janji memang terdengar mudah, tapi tidak dengan dampak negatif jika kamu melanggarnya. Setelah mengetahui lima kerugian di atas, apakah kamu masih berniat untuk membiasakan ingkar janji?

Baca Juga: Semampu dan Sewajarnya Saja, Inilah 5 Aturan Dasar dalam Berjanji

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya