Comscore Tracker

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste Campaign

Lindungi bumimu sejak dini

Akhir-akhir ini sering kita mendengar istilah kampanye zero waste. Banyak arti yang kita miliki, tapi yang jelas kampanye ini memang ditujukan untuk membantu mengurangi sampah di lingkungan. Terlebih sampah yang sulit terurai, seperti plastik, styrofoam dan kaleng. Kita berusaha menggantinya dengan barang atau bahan-bahan daur ulang, barang yang bisa dipakai lagi atau yang mudah terurai sekalipun akan dibuang.

Beberapa barang-barang di bawah ini cukup booming digunakan. Bukan hanya karena membantu menjalankan zero waste, tapi juga sudah mulai memiliki daya tarik yang besar di masyarakat. Bahkan beberapa benda sudah melengkapi style hunian dalam tema tertentu, misalnya tema vintage. Jadi sekarang tidak ada lagi orang yang malu menggunakannya.

Kira-kira barang apa saja ya yang bisa dipakai untuk menjalankan kampanye zero waste ini?

1. Bawa tas daur ulang saat berbelanja

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/zerowasteinspo

Kalau dulu orang malu membawa tas pribadi saat ke pasar. Mereka malu karena dirasa kuno dan tidak modal untuk menggunakan plastik dari pasar. Maka kini sudah tidak lagi. Justru tas yang bisa digunakan kembali menjadi sangat booming. Bukan hanya karena modelnya yang sudah bermacam-macam. Tapi mendapatkannya pun tidaklah sulit. Bisa sekali beli atau kita bisa membuatnya sendiri dari bahan sisa.

Ada banyak model tas untuk ke pasar. Mulai dri berbahan rotan, kain kanvas seperti tote bag sampai keranjang belanjaan yang cukup lama modelnya. Beberapa orang justru sangat menghindari penggunaan tas plastik. Sehingga dari rumah mereka pun juga membawa wadah untuk menampung bahan yang sifatnya basah. Seperti tahu, tempe dan ikan segar. Sementara sayur dan bumbu, bisa langsung nasuk ke dalam tas.

2. Gunakan sedotan, sendok, dan garpu yang bisa dipakai lagi

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/_impact_for_good_

Pernah gak kamu merasa was-was saat menggunakan sendok, garpu bahkan sedotan di sebuah cafe atau rumah makan yang belum tentu kamu tahu kebersihannya? Jika kamu mulai khawatir. Maka inilah saatnya kamu membawa alat makanmu sendiri. Kamu bisa membawa sendok, garpu dan sedotan yang bisa digunakan ulang.

Ke manapun kamu pergi tempatkan alat makan ini dalam satu wadah. Sehingga mudah dibawa dan gak mudah hilang. Kamu juga semakin nyaman menggunakan barang yang hanya digunakan olehmu bukan?

3. Bawa wadah minum sendiri saat bepergian

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/luxeycup

Selain membawa alat makan sendiri. Kini kamu tidak perlu lagi repot membeli minum dan membuang wadahnya. Kamu bisa membawa tumbler atau wadah minum ke manapun kamu pergi. Jika kamu membeli minum bahkan di pinggir jalan yang mengharuskan menggunakan kantong plastik, kamu bisa menggunakan tumbler-mu sendiri. Sudah pasti gak akan menghasilkan banyak sampah deh.

Apalagi, sekarang sudah banyak model tumbler yang bisa kamu gunakan. Warna dan ukuran pun bisa kamu sesuaikan. Sehingga kamu bisa membawanya saat ke kampus, kantor ataupun sedang jalan-jalan. Gak perlu repot nyari tempat sampah deh yang pasti.

4. Gunakan wadah pribadi saat memesan makanan di pinggir jalan

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/odilejp

Selain membawa tumblr untuk wadah minummu. Kamu bisa juga membawa wadah bekal untuk menjadi tempat makanan yang kamu beli di luar. Selain kamu bisa membawa makanan dari rumah. Kamu bisa mengurangi sampah saat membeli makanan di luar.

Jika sebelumnya kamu sering menggunakan wadah plastik, styrofoam sampai kertas minyak, maka sekarang kamu tidak perlu repot lagi. Kamu bisa membantu mengurangi penggunaan sampah dengan menggunakan wadah bekalmu sendiri.

Baca Juga: 6 Sedotan Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Makan, Rasanya Enak Banget

5. Gantikan tisue dengan handuk kecil

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/zerowasteinspo

Salah satu barang yang sulit diuraikan dan paling banyak digunakan adalah tissue. Tak hanya untuk membersihkan wajah, tapi juga untuk membersihkan tangan, meja ataupun barang lainnya. Banyak jenis tissue, mau yang kering ataupun yang basah semua ada.

Namun sekarang kamu bisa juga mengurangi penggunaan tisue dengan menggunakan handuk kecil untuk membersihkan kotoran yang ada di tangan ataupun wajahmu. Kamu bisa membeli atau membuatnya sendiri. Tidak perlu takut ketinggalan zaman. Karena sekarang yang sedang trend adalah gaya hidup bersih dan juga sehat lho.

6. Pakai wadah bekal bekas untuk menempatkan sayuran segar

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/zerowaste.id_official

Kalau yang ini untuk ibu-ibu rumah tangga nih. Kalau ke pasar biasanya banyak menghasilkan tas plastik. Dan tentu saja membuat lemari es sangat kotor karena tas plastik itu. Maka sekarang sudah tidak perlu bingung lagi. Karena dengan gaya hidup zero waste, kamu bisa menata lemari es dengan baik dan menghasilkan sayuran yang terus segar.

Dengan menggunakan wadah bekal yang kamu miliki. Jika kamu memiliki banyak wadah dan hanya satu yang kamu gunakan untuk bekal. Maka manfaatkan lainnya untuk menjadi tempat sayuran dan bumbu segar. Selain mengurangi penggunaan kantong plastik, juga bisa membantu menata lemari es dengan rapi lho.

7. Pisahkan sampah organik dengam wadah kertas

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/zerowaste.id_official

Selain membantu mengurangi sampah dengan menggunakan barang daur ulang atau yang bisa digunakan lagi. Maka jangan lupa ada beberapa barang yang memang sudah menggunakan plastik dari asalnya. Sehingga tidak selamanya bisa mengurangi penggunaan kantong plastik. Yang bisa dilakukan adalah mendaur ulangnya dengan baik.

Pisahkan sampah organis dengan anorganik dengan baik. Mulai dari sisa makanan, daun-daun kering, plastik bungkus makanan, botol minuman dan banyak lainnya. Barang organik bisa kamu daur ulang menjadi kompos atau pupuk. Untuk sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi benda-benda yang bisa digunakan kembali.

8. Toples kaca bisa jadi tempat bumbu dan obat juga lo

8 Benda yang Membantumu Sukses Jalankan Zero Waste CampaignInstagram.com/mindfully.sustainable

Nah kalau yang satu ini bukan lagi sekedar barang yang menjadi pelengkap konsep vintage di rumah. Tapi juga bisa benar-benar dimanfaatkan. Kamu bisa menggunakan toples kaca utuk wadah berbagai jenis bumbu, seperti kemiri, merica, ketumbar, dan rempah-rempah lainnya. Kamu juga bisa menggunakannya untuk wadah obat yang kamu miliki. Sehingga tanpa kamu sadari kamu mengurangi penggunaan plastik yang sulit diuraikan jika dibuang di tumpukan sampah.

Zero waste memang tidak selamanya bisa menghilangkan penggunaan plastik. Tapi setidaknya membantu mengurangi dan memanfaatkan dengan baik barang yang ada di sekitar kita.

Baca Juga: Setop Nyampah, Ini 7 Tips Makan di Luar yang Ramah Lingkungan!

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You