Comscore Tracker

Tak Patut Ditiru, 6 Tanda bahwa Kamu Orang yang Suka Mengulur Waktu

Budidayakan tepat waktu!

Menunda atau mengulur waktu mungkin tidak terdengar seperti suatu masalah yang besar. Padahal kebiasaan ini dapat merugikanmu hari ini, besok dan seterusnya, lho. Merasa enteng saja saat menunda-nunda sesuatu, tapi langsung tak rela jika rezekimu ditunda.

Apakah kamu salah satunya? Nah, ini dia 6 tanda bahwa kamu adalah orang yang suka menunda atau mengulur waktu.

1. Merasa masih ada banyak waktu

Tak Patut Ditiru, 6 Tanda bahwa Kamu Orang yang Suka Mengulur WaktuUnsplash/theyshane

"Ah, nanti aja. Masih lama, kok!" Itu yang mungkin seringkali kamu ucapkan ketika ingin mengerjakan sesuatu. Ini sudah pasti menandakan bahwa kamu adalah orang yang suka menunda atau mengulur waktu.

Jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia. Kamu tak tahu, bisa saja masalah lain mendadak menghampirimu di detik-detik sebelum kamu ingin menyelesaikan pekerjaan. Bukannya selesai, pekerjaanmu malah akan jadi terbengkalai. Hindari kebiasaan ini!

2. Lebih memilih bermain media sosial dulu ketimbang mengerjakan pekerjaan

Tak Patut Ditiru, 6 Tanda bahwa Kamu Orang yang Suka Mengulur WaktuUnsplash/dole777

Media sosial bukanlah hal wajib yang harus kamu sentuh lebih dulu. Tak ada ruginya kalau kamu bermain media sosial setelah semua pekerjaanmu beres. Justru kamu akan rugi waktu jika lebih mendahulukan mereka dibanding pekerjaanmu.

Ini juga tak menutup kemungkinan bahwa pekerjaanmu akan kacau balau karena kamu sibuk membagi fokus antara kesenangan dan kewajiban.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Waktu yang Tepat Saat Ingin Curhat pada Sahabat

3. Menawar waktu

Tak Patut Ditiru, 6 Tanda bahwa Kamu Orang yang Suka Mengulur WaktuPexels/Andrea Piacquadio

Sebelumnya kamu sudah menetapkan waktu kapan kamu harus mengerjakan sesuatu. Sambil menunggu waktunya tiba, barangkali kamu gunakan untuk bersantai sejenak.

Tapi semakin nyaman kamu bersantai, semakin kamu kehilangan niat untuk melakukan pekerjaanmu. Sehingga pada waktu yang telah kamu sepakati tiba, kamu jadi menawar atau mengulur waktu lagi, "5 menit lagi, deh!".

Wah, kalau kamu seperti ini terus, kapan selesainya pekerjaanmu?

4. Sering telat ketika ada janji

Tak Patut Ditiru, 6 Tanda bahwa Kamu Orang yang Suka Mengulur WaktuUnsplash/productschool

Selain merugikan diri sendiri, menunda atau mengulur waktu juga tentu dapat merugikan orang lain. Contohnya jika kamu sering telat ketika ada janji. Kalau kamu sering melakukan ini tanpa ada niat memperbaiki diri, tak heran orang-orang jadi merasa kesal denganmu.

Selain itu, mereka jadi enggan membuat janji denganmu di lain waktu. Ini bisa saja memperburuk citra dan koneksi kenalanmu karena kamu terlanjur dicap sebagai orang yang tidak tepat waktu.

5. Merasa kesal pada orang yang tepat waktu

Tak Patut Ditiru, 6 Tanda bahwa Kamu Orang yang Suka Mengulur WaktuUnsplash/punttim

Karena bukan orang yang disiplin, kamu tak senang berada di antara orang-orang yang disiplin atau tepat waktu. Kamu seringkali merasa kesal jika ada temanmu yang menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat dibanding dirimu. Padahal kamu sendiri yang suka mengulur-ulur waktu dan mencari berbagai alasan untuk menunda pekerjaan.

Kalau begini terus, kamu bisa ketinggalan oleh orang-orang di sekitarmu. Temanmu sudah sukses, kamu masih bekerja keras untuk survive. Kamu tak mau, 'kan itu terjadi?

6. Panik saat dikejar deadline

Tak Patut Ditiru, 6 Tanda bahwa Kamu Orang yang Suka Mengulur WaktuUnsplash/punttim

Karena sudah membuang-buang waktu untuk bersantai dan menunda pekerjaan, tiba waktunya deadline atau batas waktu yang ditentukan untuk mengumpulkan hasilnya.

Akhirnya dengan waktu yang sangat mepet, kamu menyelesaikan pekerjaanmu dengan panik. Bahkan kamu tak sempat lagi mengecek ulang apakah hasilnya sudah oke dan layak. Bagaimana bisa kamu menyelesaikan sesuatu dengan maksimal kalau kamu masih akrab dengan deadline?

Itulah 6 tanda bahwa kamu adalah orang yang suka menunda atau mengulur waktu. Coba perbaiki pelan-pelan, jadilah lebih disiplin!

Baca Juga: 5 Hal Pendorong Disiplin yang Harus Kamu Tahu, Modal Orang Sukses!

Nindy Debbytha Adystifanny Photo Writer Nindy Debbytha Adystifanny

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya