Comscore Tracker

5 Tips Membangun Percaya Diri ala Maudy Ayunda, Siap Gapai Mimpi!

Yuk, mulai dari sekarang!

Rasa percaya terhadap diri sendiri sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Lewat percaya diri itulah, individu tersebut akan mampu berdiri di atas kakinya sendiri dan tentunya dapat menjalani kehidupannya.

Namun terkadang, rasa percaya diri itu terkikis oleh banyak hal, dan mungkin tidak ada sama sekali dalam diri. Maka dari itu kita perlu melakukan beberapa hal untuk memunculkan atau membangunnya kembali. Sosok Maudy Ayunda punya lima tips, 'nih untuk mewujudkannya. Apa saja?

1. Aktif dalam berbagai kegiatan

5 Tips Membangun Percaya Diri ala Maudy Ayunda, Siap Gapai Mimpi!pexels.com/Moose Photos

Dengan melakukan banyak kegiatan yang bersifat positif, kita dapat melihat betapa berharganya diri kita. Aktivitas tersebut akan membuat diri kita keluar dari zona nyaman dan memacu diri untuk dapat melakukannya dengan baik.

Kuncinya hanya satu, berani keluar dari zona nyaman dan banyak mencoba hal baru yang positif. Dari sinilah kita akan menilai bahwa diri kita ternyata mampu melakukan banyak hal. Rasa cinta dan bangga pada diri sendiri pun akan muncul dan menghempas perasaan cemas hingga ketakutan berlebihan.

2. Abaikan perkataan buruk orang lain

5 Tips Membangun Percaya Diri ala Maudy Ayunda, Siap Gapai Mimpi!pexels.com/jonas mohamadi

Nyinyiran, sindiran, bahkan ujaran kebencian sangat mudah ditemui dalam keseharian hidup bermasyarakat. Mengurusi hal-hal tersebut hanya akan membuang waktu dan menguras emosi saja. Lebih baik abaikan dan hempas jauh-jauh dari kehidupan kita.

Diri kita sendirilah yang lebih tahu dan paham apa yang sedang kita rasakan dan lakukan. Kita tidak perlu menghentikan segala hal yang membuat diri kita nyaman hanya karena perkataan buruk orang lain.

Secara perlahan, kenyamanan pada diri sendiri tersebut akan memudahkan kita dalam membangun diri yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Hanya Dilakukan sama Orang Percaya Diri

3. Melakukan hal-hal yang disukai

5 Tips Membangun Percaya Diri ala Maudy Ayunda, Siap Gapai Mimpi!pexels.com/David Bartus

Perasaan senang ketika melakukan hal yang disukai memberikan energi positif ke dalam diri kita. Hal yang disukai tersebut juga biasanya sangat ringan untuk dilakukan dan tidak membebani diri. Lain cerita jika kita melakukan hal yang tidak disukai.

Perasaan tidak senang dan berat hati ketika melakukannya akan memberi energi negatif pada diri. Untuk itu fokuslah dalam melakukan apa pun yang kita senangi, mewujudkan apa yang jadi tujuan hidup, dan pengembangan pribadi yang lebih baik.

Perlahan namun pasti, ketika kita dapat memenuhi semua kemauan dan harapan tersebut, rasa bangga pada diri sendiri pun akan terwujud.

4. Pilih lingkungan yang tepat

5 Tips Membangun Percaya Diri ala Maudy Ayunda, Siap Gapai Mimpi!pexels.com/fauxels

Pasti setiap diri kita pernah mendengar bahwa orang di sekitar akan turut mempengaruhi diri. Ibarat berada di sekitar orang yang menjual parfum, maka kita pun akan terkena cipratan wanginya. Begitu pula sebaliknya dengan lingkungan sekitar yang tidak baik.

Untuk itu, jauhilah teman hingga lingkungan sekitar yang merusak di mana dapat menghambat perkembangan dan menurunkan rasa percaya diri. Baurkan diri bersama orang-orang yang selalu berusaha untuk tumbuh, berkembang, dan berinvestasi pada diri sendiri.

5. Banyak belajar dan menyerap informasi

5 Tips Membangun Percaya Diri ala Maudy Ayunda, Siap Gapai Mimpi!instagram.com/Kaboompics .com

Tekankan kepada diri sendiri bahwa kita selalu kurang dan haus akan ilmu. Belajar tidak melulu harus di sekolah. Kita bisa belajar mulai dari mempelajari diri sendiri terlebih dahulu. Setelah sadar bahwa kita belum cukup, maka kita akan terus berusaha untuk memenuhinya dengan berbagai cara yang positif.

Namun, belajar dan seraplah informasi secara cerdas dan bijak. Jangan telan mentah-mentah setiap bacaan dan informasi yang diterima, namun timbang secara saksama. Dengan begitu, secara tidak langsung kita membangun diri lewat ilmu yang dibaca dan informasi yang didengar secara baik.

Itu dia tips ala Maudy Ayunda dalam membangun rasa percaya pada diri sendiri. Jika hanya dikatakan dan dibaca memang sangat mudah, namun nyatanya sangat sulit untuk dilakukan. Maka mulailah dari sekarang secara perlahan-lahan, yuk!

Baca Juga: 7 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Waktu Singkat 

Aqeera Danish Photo Verified Writer Aqeera Danish

EDITH # "Never discourage anyone...who continually makes progress, no matter how slow." - Plato

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya