Comscore Tracker

5 Alasan yang Bikin Kamu Baper Maksimal saat Teman Menyadari Sedihmu

#IDNTimesLife Padahal udah berusaha menyembunyikannya

Saat kamu terluka, sadar atau gak seluruh gestur tubuhmu juga akan terlihat sedih. Tapi, keinginan untuk gak dianggap lemah, seringkali bikin kamu pura-pura ceria dan ikut tertawa. Namun hati memang gak bisa dibohongi. Meski menyibukkan diri, rasa sedih yang sesekali muncul itu akan tetap membuatmu murung juga, atau bahkan kehilangan fokus.

Bukan gak mungkin ada teman dekat yang menyadari perbedaan sikapmu dan bertanya, "Kamu baik-baik saja?" Lantas pertanyaan ini tiba-tiba bagai palu yang menghantam tembok pertahananmu. Kamu yang berusaha kuat, akhirnya jadi baper maksimal. Tahu kenapa? Simak nih alasannya!

1. Kamu yang tadinya berusaha lupa, jadi ingat sepenuhnya pada rasa luka

5 Alasan yang Bikin Kamu Baper Maksimal saat Teman Menyadari Sedihmuunsplash.com/jurica koletic

Bersikap seolah gak terjadi apa-apa adalah usahamu untuk melupakan masalah yang ada. Meski bayangan kesedihan itu hadir sesekali, kamu berusaha menepisnya. Tapi apa daya, momen perubahan sikapmu itu disadari teman terdekat.

Maka saat ia menanyakan kondisimu, kamu seolah dipaksa memutar ulang hal yang paling ingin kamu lupakan. Saat teman membujukmu untuk berbagi dilema, kisah pahitmu semakin detail dalam ingatan.

2. Ternyata kesedihanmu dimengerti saat kamu mengira gak ada yang peduli

5 Alasan yang Bikin Kamu Baper Maksimal saat Teman Menyadari Sedihmupixabay.com/splitshire

Adakalanya kamu merasa sendiri di tengah keramaian. Semua orang disekelilingmu sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Kamu berpikir kalau masalahmu hanya akan menambah beban mereka.

Wajar ketika saat ada seseorang yang peka dan menanyakan kondisimu, kamu merasa sangat diperhatikan. Namun entah mengapa, bentuk kepedulian itu malah bikin kamu baper maksimal. Kamu bahkan bisa menangis saat membagikan kisah pilumu.

3. Luka yang ingin kamu anggap ringan, harus kamu akui kalau itu berat

5 Alasan yang Bikin Kamu Baper Maksimal saat Teman Menyadari Sedihmuunsplash.com/Christian Erfurt

Pada akhirnya kamu gagal menutupi fakta kalau bebanmu memang berat. Sekeras apapun kamu berusaha ceria, hati yang perih itu nyatanya tetap membuatmu terlihat rapuh.

Ketika ada teman yang menyadari hal itu dan bersedia duduk di sampingmu, pertahananmu runtuh. Kamu harus mengakui kalau lukamu gak ringan. Mengapa harus terus memendam? Gak ada yang salah dengan berbagi. Kalau perlu menangis, menangislah. Setelahnya beban berat itu akan lebih ringan. 

Baca Juga: 5 Kalimat yang Mampu Menguatkan saat Sedih Selain 'Sabar ya' 

4. Kamu menyadari kalau gak ada satupun yang menuntutmu terlihat baik-baik saja

5 Alasan yang Bikin Kamu Baper Maksimal saat Teman Menyadari Sedihmupexels.com/Elijah O'Donnell

Kamu jadi baper maksimal karena sudah sangat lelah terlihat baik-baik saja. Sebenarnya masalahmu sudah cukup berat, kamu gak perlu menambahnya semakin berat dengan pura-pura kuat.

Kehadiran teman adalah untuk saling berbagi. Dia yang paling peka atas perubahanmu pasti sosok yang peduli. Perhatian teman membuatmu berpikir kalau terlihat rapuh itu bukan aib yang harus ditutupi. Buktinya ada teman yang bersedia mendengar keluh kesahmu.

5. Kepedulian teman jadi bom waktu bagimu untuk mengeluarkan segala luka yang terpendam

5 Alasan yang Bikin Kamu Baper Maksimal saat Teman Menyadari Sedihmupexels.com/Mental Health America (MHA)

Semakin lama memendam segala masalahmu sendirian, semakin berat beban yang kamu rasakan. Masalahmu gak bisa sembuh dengan berpura-pura baik. Sikapmu mungkin ceria, tapi hatimu tidak.

Kepekaan teman yang bertanya, "Kamu baik-baik saja?" seolah jadi momen yang tepat bagimu meluapkan kesedihan. Saking banyaknya yang ingin diceritakan, kamu gak tahu harus memulai darimana. Tangismu pun meledak disampingnya.

Sejatinya kamu gak perlu menutupi kesedihan, sebab terluka adalah bagian dari hidup yang dirasakan semua orang. Selama ada teman atau seseorang yang bisa kamu percaya, berbagilah. Jangan ragu. Siapa pun kamu, semoga selalu mampu menemukan semangat hidup, ya!

Baca Juga: Bukan Gak Pernah Sedih, 5 Hal Ini Bikin Orang Tampak Bahagia Terus

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Sedikit celotehku di IG @nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya