Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa, Ayo Bangkit!

Jangan terpuruk, bangkitlah segera!

Sudah menjadi hakikat manusia ingin selalu hidup bahagia dan akrab dengan keberhasilan. Padahal kenyataannya, hidup tak selamanya di atas, sebab ada kalanya juga kita harus di bawah. Tak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan dan kegagalan menjadi satu paket yang tak terpisahkan dalam pencapaian hidup.

Menyikapi keberhasilan tentu lebih mudah dibandingkan menghadapi kegagalan. Namun, berlarut-larut dalam keputusasaan tak akan mengubah apapun. Kita harus menemukan motivasi agar dapat segera bangkit. Berikut lima hal yang dapat kamu lakukan untuk bangkit dari rasa putus asa.

1. Ambil jeda

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa, Ayo Bangkit!ilustrasi kebebasan (unsplash.com/AnatolLem)

Ketika putus asa tentu kamu merasa kehilangan motivasi untuk terus hidup. Hal ini akan menjadikan hidupmu menjadi tak tearah. Jangan terburu-buru, bangkitlah secara perlahan. Anggaplah masa sulit sebagai masa jeda untuk mengistirahatkan pikiran.

Mulailah dengan menenangkan pikiran melalui berbagai aktivitas seperti meditasi, olahraga, travelling atau mendengarkan musik klasik. Lakukan aktivitas yang sekiranya membuatmu tenang, dan menyenangkan. Percayalah banyak hal baik yang akan terjadi ketika kamu memiliki pikiran yang tenang.

2. Ikhlaskan masa lalu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa, Ayo Bangkit!ilustrasi bahagia (unsplash.com/RaduFlorin)

Ketika rasa putus asa menghampiri, kita cenderung akan menyesalkan hal-hal dimasa lalu yang belum berjalan dengan baik. Kita berharap bisa kembali kemasa lalu dan merubahnya. Kenyataannya pemikiran seperti ini tidak akan menghasilkan apapun, justru hanya akan menghambat langkahmu.

Kamu harus belajar berhenti mengeluhkan apa yang tidak bisa kamu ubah dimasa lalu. Masa lalu bukan untuk diratapi, melainkan untuk diikhlaskan dan diambil pelajaran. Fokuslah dengan masa sekarang, dan mulailah untuk merencanakan masa depan yang akan kamu raih.

Baca Juga: 5 Tips Tanamkan Mental Kuat dalam Diri, biar Gak Mudah Putus Asa!

3. Belajar mensyukuri hal-hal kecil

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa, Ayo Bangkit!ilustrasi pertemanan (unsplash.com/HelenaLopes)

Setelah sukses mengikhlaskan masa lalu, mulailah untuk mengungkapkan rasa terimakasih kepada hal-hal kecil. Cobalah untuk mensyukuri kesempatan hidup, kemampuan melihat, memiliki teman yang baik, rezeki yang cukup dan lain sebagainya. Satu hal yang paling penting, jangan lupa untuk berterimakasih kepada diri sendiri.

Kedengarannya sederhana, tetapi bersyukur dan berterimakasih pada hal-hal sederhana ini perlahan akan membuatmu lebih bahagia. Suasana hati yang baik akan mengembalikan hidupmu menjadi lebih bermotivasi. Sudahkah kamu bersyukur hari ini?

4. Kenali dirimu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa, Ayo Bangkit!ilustrasi kebebasan (unsplash.com/averiewoodard)

Kamu boleh putus asa, tetapi jangan terlalu lama. Kamu harus kembali menemukan motivasi hidup. Untuk menemukannya, kamu perlu tahu apa yang sebenarnya ingin kamu lakukan dimasa depan. Mulailah mengenali dirimu sendiri. Jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan dalam hidup.

Tatap tujuan hidupmu sesuai dengan apa yang kamu inginkan, bukan mengikuti apa kata orang lain. Jika kamu telah memiliki tujuan, maka kamu akan lebih fokus dan bersemangat dalam menjalani hidup. Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki tujuan maka kamu akan semakin kehilangan arah dan berpeluang lebih mudah untuk menyerah.

5. Mulailah langkah kecil

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Putus Asa, Ayo Bangkit!ilustrasi kebebasan (unsplash.com/AzizAcharki)

Setelah kamu sudah memahami diri sendiri dan tahu apa yang ingin kamu lakukan, maka langkah selanjutnya adalah mulai melangkah kembali. Tentu sangatlah sulit sebab ketika putus asa, otomatis segala keinginan terasa mustahil untuk dicapai. Seringkali justru berakhir dengan kebingunan bahkan memilih menyerah sebelum mencoba. Padahal untuk bangkit, kamu hanya perlu lebih berani untuk mengambil langkah pertama, kemudian melanjutkannya secara konsisten.

Tentu tidak semudah seperti kedengarannya, tapi jika kamu mengusahakan untuk terus berjuang, bukan tidak mungkin keinginanmu jadi nyata. Kunci dari sukses adalah terus bergerak maju. Berusahalah untuk fokus dalam mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan.

Demikianlah lima hal yang bisa kamu lakukan saat putus asa. Hidup terus berjalan, tenggelam dalam rasa putus tak akan menghasilkan apa-apa. Di balik kegagalan, tiap manusia punya kesempatan yang sama untuk bangkit dari keterpurukan. Semoga tips di atas dapat membantumu bangkit dari putus asa. Ayo bangkit, dan tetap semangat!

Baca Juga: 5 Cara Dewasa Menyikapi Kegagalan, Jangan Putus Asa!

Caressa lina Photo Verified Writer Caressa lina

nothing special about me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya