Comscore Tracker

5 Cara untuk Bantu Kamu Hadapi Quarter Life Crisis, Jangan Minder!

Fase menuju dewasa seutuhnya

Memasuki fase dewasa memang bukanlah waktu yang mudah untuk dilewati. Kebanyakan anak muda pasti familiar dengan fenomena yang satu ini. Quarter life crisis dianggap sebagai fenomena dan momok yang menakutkan. 

Bukan tanpa alasan, karena ini adalah fase dimana rasanya perubahan besar dalam hidup terlihat begitu jelas. Kamu akan sering membandingkan diri dengan teman seusiamu. Termasuk dalam hal pencapaian, materi, pekerjaan, dan banyak hal lainnya. Tak mudah memang, tetapi kamu bisa mengurangi dampaknya dengan lima cara berikut ini!

1. Jauhi terlalu lama menghabiskan waktu di media sosial 

5 Cara untuk Bantu Kamu Hadapi Quarter Life Crisis, Jangan Minder!ilustrasi dampak penggunaan media sosial (unsplash.com/beccatapert)

Media sosial bisa memberikan banyak pengaruh dalam kehidupan seseorang. Jika kamu tak kuat mental, maka sosial media bisa membuatmu semakin terpuruk. Kamu akan melihat banyak teman atau orang seusiamu yang terlihat begitu bahagia.

Kemudian diirmu akan mulai membandingkan diri dengan mereka. Hal ini semakin membuatmu down jika terlalu sering dilakukan.

Oleh karenanya, kamu harus bisa menjauhi media sosial. Kendalikan diri agar kamu tak menjadi semakin iri dengan kehidupan orang lain.

2. Matikan notifikasi grup yang sering bikin mentalmu down 

5 Cara untuk Bantu Kamu Hadapi Quarter Life Crisis, Jangan Minder!ilustrasi dampak penggunaan media sosial (unsplash.com/fedotov_vs)

Tak dapat dimungkiri, terkadang perbincangan teman-temanmu di grup bisa sangat mengganggu mentalmu. Mereka akan sibuk bertanya tentang kesibukan masing-masing. Mulai dari persoalan pekerjaan, keluarga dan juga hal-hal lainnya.

Kamu yang belum bisa seperti mereka akan semakin terpuruk dan menganggap diri gagal. Padahal setiap orang punya waktunya masing-masing. Jadi, daripada kepikiran omongan orang lain, lebih baik kamu matikan notif dan gak membuka percakapan di grup.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Quarter Life Crisis Terasa Semakin Berat

3. Habiskan waktu melakukan hal yang kamu suka 

5 Cara untuk Bantu Kamu Hadapi Quarter Life Crisis, Jangan Minder!ilustrasi wanita yang berinisiatif tinggi (unsplash.com/itssammoqadam)

Daripada sibuk memikirkan orang lain, akan lebih baik jika kamu bisa menghabiskan waktu melakukan hal yang kamu suka. Kamu bisa melakukan hobimu, pergi jalan-jalan, makan makanan kesukaan dan sebagainya.

Buat waktumu berjalan dengan cepat tanpa melihat bagaimana jika dibandingkan dengan orang lain. Berhenti untuk terus merasa rendah diri dan jalani hidupmu sebagaimana biasanya.

4. Mulai hal baru yang bisa bikin kamu terus bergerak maju 

5 Cara untuk Bantu Kamu Hadapi Quarter Life Crisis, Jangan Minder!ilustrasi pelaku UMKM (pexels.com/karolina-grabowska)

Jangan hanya diam di tempat. Buat dirimu bergerak maju dengan gebrakan yang baru. Kamu bisa mulai dengan melakukan hal yang tak biasanya kamu lakukan.

Kamu bisa melakukan hal-hal seperti mencari hobi baru, membuka usaha sendiri atau mengembangkan bakatmu. Hal ini akan membantumu untuk fokus terhadap hal tersebut dan mengalihkan pikiran dari hal-hal yang negatif.

5. Perbanyak memberi dan bersyukur 

5 Cara untuk Bantu Kamu Hadapi Quarter Life Crisis, Jangan Minder!ilustrasi percaya pada diri sendiri (unsplash.com/giulia_bertelli)

Bagaimanapun juga bersyukur adalah kunci dari ketenangan hidup. Saat merasa di bawah kamu mungkin akan sulit untuk menerima keadaan dan terus komplain. Tetapi jika kamu melihat ke bawah, masih banyak orang yang hidup lebih menderita dibanding dengan dirimu.

Jadi, jangan lupa untuk terus bersyukur dan perbanyaklah memberi. Semakin kamu memberi banyak kebaikan bagi orang lain, maka kamu akan semakin merasakan damainya hati.

 

Daripada terus bersedih hati dan memandang diri lebih rendah dibanding orang lain, lebih baik kamu fokus. Terhadap hal-hal yang bisa kamu kendalikan, dan jalani sebaik mungkin. Waktumu terlalu berharga, terus bergerak, yuk!

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Diri saat Quarter Life Crisis

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya