Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik Saat Bertemu Orang Baru

Karena kesan pertama menentukan ke depannya

Membangun kesan pertama memang susah-susah gampang. Terkadang kita butuh untuk belajar dan berkaca pada diri sendiri apakah kita sudah bisa membangun kesan pertama yang baik atau belum. Ataukah selama ini kita terlalu cuek terhadap penilaian orang lain. Padahal membangun kesan pertama yang baik itu sangat penting, terutama di dunia kerja dan bisnis.

Berikut ini merupakan lima tips ampuh yang bisa kamu gunakan untuk membangun kesan pertama yang baik saat bertemu orang baru.

1. Jangan lupa tersenyum

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik Saat Bertemu Orang Baruunsplash.com/Allef Vincius

Tersenyum adalah hal paling mudah yang bisa dilakukan setiap orang. Senyum menandakan sebuah keramahan, keterbukaan dan keingintahuan. Bangunlah kesan pertamamu saat bertemu orang lain dengan simpul senyum tanpa berlebihan. Dengan begitu orang tersebut akan merasakan sebuah penghargaan dan penghormatan darimu. Hal ini yang kemudian akan membangun citra positif dalam dirimu.

2. Jaga kontak mata dengan lawan bicara

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik Saat Bertemu Orang Baruunsplash.com/Alexandru Zdrobau

Menjaga kontak mata dengan lawan bicara adalah cara untuk menunjukkan keseriusan. Perhatikan mata orang yang sedang kamu ajak bicara untuk menunjukkan bahwa kamu tertarik terhadap obrolannya. Menatap mata lawan bicara juga dapat menunjukkan sebuah penghargaan. Dengan begitu, lawan bicaramu akan merasa dihargai dan membuat kesan pertama denganmu menjadi baik.

Baca Juga: 7 Tips Membangun Kesan Positif saat Pertama Bertemu Orangtua Pasangan

3. Jangan SKSD, berlakulah dengan sopan

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik Saat Bertemu Orang Baruunsplash.com/Dylan Gillis

Saat pertama sekali bertemu orang baru tentu kamu harus menjunjung norma kesopanan. Jangan membangun kesan pertama dengan bercandaan dan terkesan tidak serius. Tidak perlu berlaku sok kenal sok dekat (SKSD) atau ceplas-ceplos agar terlihat asyik dan supel. Biarkan mengalir apa adanya tanpa dibuat-buat, namun jangan pula terlihat apatis dan kaku. Kamu harus bisa menempatkan diri sesuai dengan situasi yang sedang kamu hadapi.

4. Berpenampilan yang sesuai situasi

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik Saat Bertemu Orang Baruunsplash.com/Benjamin R

Sesuaikan penampilan dengan situasi dan kondisi yang sedang kamu hadapi. Saat berada di acara formal dan serius, maka kenakanlah pakaian yang rapi dan sopan. Kamu bisa mengenakan blazer atau setelan jas saat menghadiri rapat dengan client, melakukan wawancara ataupun melakukan presentasi. Kesan pertama akan terbangun dengan baik saat kamu bisa menyesuaikan penampilan dengan kondisi dan situasi yang dihadapi.

5. Bicara seperlunya dan lebih banyak mendengar

5 Tips Ampuh Membangun Kesan Pertama yang Baik Saat Bertemu Orang Baruunsplash.com/Eliott Reyna

Orang akan lebih suka untuk berbicara daripada mendengarkan. Semua orang ingin didengarkan, namun sedikit sekali yang bisa mendengarkan. Ketika kamu terlalu banyak berbicara, maka orang akan melihatmu sebagai sosok yang dominan. Orang yang aktif berbicara juga menjadikan dirinya terlihat kurang serius dan suka bereaksi berlebih. Jadi, mulai kendalikan dirimu, bicara seperlunya dan perbanyaklah mendengar.

Jika dalam waktu dekat kamu akan bertemu dengan orang baru, lima tips di atas bisa kamu coba. Ingat, jangan berlebihan dan alangkah baiknya kamu bersikap santai saja. Siap memberikan kesan terbaik versimu?

Baca Juga: Berakibat Fatal, Inilah 6 Hal yang Dapat Merusak Kesan Pertama 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya