Comscore Tracker

Perbanyak Doa Saat Ramadan, 5 Tips Mudah Agar Khusyuk dalam Berdoa

#RamadanMasaKini Memperbaiki keimanan dengan doa

Ramadan selalu membawa kebahagiaan untuk umat islam. Bulan yang penuh ampunan dan keberkahan ini membawa kebaikan untuk umat muslim di seluruh dunia. Pintu-pintu keberkahan dibuka sehingga kita harus memanfaatkan ini untuk memperbanyak dalam berdoa.

Doa yang kita panjatkan merupakan cara untuk mempererat ikatan dengan Allah SWT. Kekhusyukan dalam berdoa mempengaruhi terkabulnya doamu. Perlu adanya cara agar kamu bisa lebih khusyuk dalam berdoa.

Nah, tips ini harus kamu coba sebagai bentuk ikhtiar memperoleh kekhusyukan dalam berdoa.

1. Memahami isi kandungan doa dengan baik

Perbanyak Doa Saat Ramadan, 5 Tips Mudah Agar Khusyuk dalam Berdoatimeanddate.com

Berdoa merupakan cara untuk mengadukan segala apapun yang tersembunyi di dalam pikiran dan hati agar dapat didengar oleh Allah SWT. Kamu harus lebih memahami isi kandungan doa yang dipanjatkan atau menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Mulailah dengan doa-doa sederhana yang memiliki makna luar biasa untuk merubah kehidupanmu. Jika kamu memahami artinya, maka kekhusyukan akan mudah kamu dapatkan. Kadangkala ini membawa tangis sehingga ketulusan dalam berdoa dapat terpancar.

2. Tidak tergesa-gesa dalam berdoa

Perbanyak Doa Saat Ramadan, 5 Tips Mudah Agar Khusyuk dalam Berdoafuneralwise.com

Berdoa harus dipanjatkan dengan perasaan tenang dan hati yang penuh keikhlasan. Tergesa-gesa dalam berdoa akan membuat kekhusyukan dalam berdoa sulit didapatkan. Berdoalah dengan mencurahkan isi hatimu agar kamu mendapatkan ketenangan. Ini pun berlaku untuk masalah shalat. Lakukan semua ibadah dengan tenang tanpa tergesa-gesa.

3. Menyadari bahwa Allah akan mendengar doa kita

Perbanyak Doa Saat Ramadan, 5 Tips Mudah Agar Khusyuk dalam Berdoaislaam.net

Setiap manusia berharap agar doanya dikabulkan dan didengar oleh Allah SWT. Tanamkan dalam hati bahwa doa kita akan selalu didengar. Dengan begini, kamu akan lebih khusyuk dalam berdoa. Jauhkan berburuk sangka kepada Allah. Yakinlah akan apapun yang kamu pinta dalam doa terkabul. Allah menyukai hambanya yang selalu berbaik sangka kepada-Nya. Hindari sifat suudzon dalam berdoa.

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadan 2019

4. Membungkukkan badan dan mengangkat tangan saat berdoa

Perbanyak Doa Saat Ramadan, 5 Tips Mudah Agar Khusyuk dalam Berdoamusliminc.com

Gerakan membungkukkan badan dan mengangkat tangan saat berdoa akan menambah pemusatan pikiran. Hal ini dapat membantumu agar dapat khusyuk dalam berdoa. Gerakan ini pun mewujudkan kepatuhan kita terhadap Allah SWT. Segala harapan dan keinginan tak boleh segan kamu curahkan dalam doamu. Jadikan doa sebagai cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

5. Menghafal berbagai doa yang dianjurkan nabi

Perbanyak Doa Saat Ramadan, 5 Tips Mudah Agar Khusyuk dalam Berdoaisbh.tmgrup.com.tr

Doa-doa yang menggunakan bahasa Arab harus banyak kamu hafalkan. Ini mengandung sunnah nabi Muhammad SAW yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa selalu berdoa. Kamu harus memahami dan mengaplikasikan semua doa yang kamu hafal untuk kebaikan hidupmu. Doa-doa yang dipanjatkan itu akan memberi kekuatan baru saat kamu sedang memiliki masalah. Kamu akan lebih khusyuk dengan berbagai doa yang dianjurkan Nabi.

Bulan Ramadan membuka kesempatan sebanyak-banyaknya untuk memperbaiki keimanan kita. Perbanyaklah berdoa agar kita selalu mendapat petunjuk hidup. Lakukan ini dengan khusyuk dan berbaik sangka terhadap rencana Allah SWT.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You