Comscore Tracker

5 Gaya Bicara Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana? 

Sesuai gak, nih? 

Membaca kepribadian seseorang masih menjadi hal yang sangat menarik untuk diketahui dan diungkap. Gak cuma dicari tahu lewat tes psikologi, terkadang cara-cara praktis juga cukup banyak diminati, seperti tulisan tangan yang tanpa sadar justru mampu mengungkap banyak hal tersembunyi.

Selain lewat tulisan tangan yang makin populer lewat grafologi, ada cara lain yang gak kalah menarik, nih. Ternyata sifat dan kepribadian juga bisa diungkap dari gaya bicara orang, lho. Yuk, cek gaya bicara masing-masing.

1. Bicara dengan cepat 

5 Gaya Bicara Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana? ilustrasi berbicara saat rapat (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Orang yang cenderung punya gaya bicara cepat biasanya tergolong tipe pribadi yang sangat ingin didengar. Terlebih jika disertai tempo yang terkesan buru-buru, sering kali ada indikasi kalau dia sedang gak ingin disela siapa pun. Terkadang alasannya simpel, takut lupa kalau gak cepat disampaikan.

Namun, boleh jadi gaya bicara ini "lahir" karena trauma di mana orang kerap memotong pembicaraan mereka seenaknya sendiri. Alhasil, demi menyampaikan semua pemikirannya secara tuntas, keputusan untuk mempercepat tempo bicara pun diambil dan mereka jadi terbiasa memakai gaya bicara ini.

2. Bicara dengan lambat 

5 Gaya Bicara Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana? ilustrasi ngobrol (Pexels.com/cottonbro)

Tipe orang yang berbicara dengan lambat bukan berarti pola pikirnya juga lambat. Justru mereka ini adalah sosok yang cenderung pemikir, cerdas, dan teliti tentang segala hal. Mereka pun gak seperti sedang diburu waktu saat berbicara dengan orang lain.

Tempo bicara yang lambat juga jadi bukti kehati-hatian mereka agar orang paham dengan maksud dan tujuannya hingga tidak ada celah untuk disalahpahami. Semua informasi juga akan mereka sampaikan lewat pilihan kata yang ringan dan pastinya mudah dicerna.

Baca Juga: 5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi Masalah

3. Bicara dengan gaya nyablak 

5 Gaya Bicara Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana? ilustrasi mengobrol (Pexels.com/fauxels)

Mereka yang terbiasa bicara nyablak alias blak-blakan biasanya punya kepribadian yang cenderung suka berterus terang dan apa adanya. Sering disejajarkan dengan ekstrover, tipe yang gemar bicara nyablak juga merupakan pribadi yang kuat dan dominan, lho.

Mereka gak ragu untuk memulai obrolan lebih dulu dan ajaibnya suasana juga bisa langsung cair, hangat, dan akrab. Jaga image gak pernah ada dalam kamus hidup mereka hingga banyak orang pun akhirnya mudah merasa nyaman saat berada di dekat mereka.

4. Bicara dengan nada pelan 

5 Gaya Bicara Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana? ilustrasi ngobrol (Pexels.com/cottonbro)

Nada bicara yang cenderung pelan mengungkap indikasi rasa kepercayaan diri yang terbilang rendah. Mereka yang suka berbicara dengan pelan, terlebih jika sambil menundukkan kepala, biasanya mudah merasa minder pada banyak hal hingga rentan terserang "virus" insecure.

Hal ini gak lepas dari perasaan takut salah atau gak diterima oleh komunitas yang boleh jadi hanya ada dalam pikiran mereka sendiri. Sayangnya, ekspresi dan gestur rendah diri malah makin tertangkap dari gaya bicara mereka yang memang sangat khas dan cenderung tipikal.

5. Bicara penuh kelembutan 

5 Gaya Bicara Ini Bisa Ungkap Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana? ilustrasi mengobrol (Unsplash.com/Alexis Brown)

Seseorang yang berbicara dengan penuh kelembutan biasanya memiliki rasa takut yang besar pada penilaian orang lain. Mereka cenderung memikirkan pendapat orang hingga menjaga citra diri jadi prioritas penting. Kelembutan dalam berbicara pun dianggap sebagai "senjata" ampuh untuk menciptakan kesan baik di mata orang banyak.

Sayangnya, mereka juga gak ragu untuk menyembunyikan emosi yang dirasakan. Bukan bermuka dua, mereka hanya ingin bisa selalu disukai dan diterima oleh lingkungan sosial. Sebab, pandangan orang sangat berpengaruh pada mental mereka, apalagi jika sifatnya cenderung negatif, bisa auto drop, deh.

Meski terkesan biasa dan lumrah, tapi tanpa disadari gaya bicara justru cukup mampu jadi gambaran valid tentang kecenderungan sifat dan kepribadian seseorang. Dari kelima gaya bicara tadi, kamu termasuk tipe yang mana, nih? Saat buka suara buat ngobrol, auto ketahuan, deh, sifat aslinya.

Baca Juga: 9 Arti Tanda Tangan, Bisa Melihat Kepribadian Seseorang!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya