Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Harus Kamu Lakukan Saat Memaafkan Orang Lain 

Memaafkan itu harus, tapi hal-hal berikut ini tidak

Sebagai manusia gak sempurna, wajar jika kita kerap menyakiti orang lain. Pada saat itu terjadi, tentu yang sebaiknya kita lakukan adalah meminta maaf. Kita akan senantiasa membutuhkan orang lain sehingga penting untuk rela meminta maaf demi memperbaiki hubungan.

Sebaliknya, saat orang lain meminta maaf, tentu kita juga perlu kerelaan untuk memaafkannya. Memaafkan kesalahan orang lain gak hanya bermanfaat buat dia, tapi buat kita juga. Dengan membuang dendam, kesehatan mental kita akan selalu terjaga.

Makanya, jelas bahwa memaafkan orang lain penting untuk kita lakukan. Namun, sambil memberi maaf, sadarilah bahwa ada hal-hal yang gak harus kamu lakukan. Bergantung kondisinya, kamu boleh kok tidak melakukan lima hal berikut ini meskipun kamu memang memaafkan. Ini dia ulasannya.

1. Memaafkan dengan segera

5 Hal yang Gak Harus Kamu Lakukan Saat Memaafkan Orang Lain pexels.com/pixabay

Adakalanya, kesalahan orang lain terhadap kita terasa begitu menyakitkan. Sakit hati yang begitu mendalam membuat kita sulit sekali memaafkan orang tersebut. Bukannya gak mau, tapi memang belum bisa. Kalau itu yang kamu rasakan, gak perlu khawatir, kamu gak harus memaafkan dengan cepat kok.

Setiap orang butuh waktu tersendiri untuk memaafkan kesalahan orang lain. Kamu gak perlu merasa dirimu gak pemaaf kalau belum bisa memaafkan seseorang. Untuk itu, bersabarlah. Kalau rasa sakitmu sudah mereda seiring berjalannya waktu, pasti kamu akan lebih mudah memaafkannya.

Ada orang yang bahkan baru bisa memaafkan orang lain setelah puluhan tahun lamanya. Sekali lagi, itu bukan karena dia gak pemaaf, tapi bisa jadi karena memang perbuatan orang lain itu luar biasa jahat. Gak perlu merasa bahwa kamu harus segera memaafkan orang lain karena itu malah bisa membuat pikiranmu makin terbebani.

2. Melupakan kesalahannya 

5 Hal yang Gak Harus Kamu Lakukan Saat Memaafkan Orang Lain pexels.com/min an

Dalam bahasa Inggris, ada sebuah ungkapan yang terkenal berkenaan dengan memaafkan, yaitu forgiven, not forgotten. Maknanya adalah meski kita sudah memaafkan kesalahan orang lain, kadang kita gak bisa melupakan kesalahan tersebut. Itu bukan masalah. Malah sebenarnya, mengingat kesalahan orang lain itu perlu juga, lho.

Kenapa? Dengan mengingat kesalahan itu, kamu jadi belajar supaya gak lagi membiarkan dirimu tersakiti. Misalnya kamu jadi lebih berhati-hati saat berurusan dengan orang tersebut. Tidak semua orang benar-benar menyesali kesalahan yang pernah mereka lakukan sehingga kamu perlu melindungi dirimu sendiri dari rasa sakit yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Mengapa Kamu Butuh Waktu untuk Memaafkan Seseorang

3. Kembali akrab seperti dulu 

5 Hal yang Gak Harus Kamu Lakukan Saat Memaafkan Orang Lain pexels.com/pixabay

Bersikap lebih hati-hati dengan orang yang pernah menyakiti kita berarti kita kadang perlu menjaga jarak dari orang tersebut. Dengan kata lain, mungkin kamu jadi gak seakrab dulu lagi dengan orang tersebut, termasuk jika ia adalah temanmu sendiri. Apakah itu masalah? Tidak.

Memang, pasti lebih enak kalau kamu bisa akrab seperti semula dengan temanmu. Namun, kamu juga perlu menjaga dirimu sendiri. Kalau kamu merasa menjaga jarak adalah langkah terbaik supaya gak tersakiti lagi, gak perlu ragu untuk melakukannya. Gak harus untuk selamanya kok karena kamu bisa mengakrabkan diri lagi kalau ia sudah berubah.

4. Tetap berhubungan dengannya 

5 Hal yang Gak Harus Kamu Lakukan Saat Memaafkan Orang Lain pexels.com/maksim goncharenok

Bukan sekadar menjaga jarak, gimana kalau kamu merasa perlu memutuskan hubungan sama sekali dengan orang yang sudah menyakitimu? Mungkin kesalahan yang ia buat terlalu besar atau mungkin ia terus mengulang kesalahan yang sama tanpa niat memperbaiki diri. Kalau begitu, kamu pun gak salah kalau memutuskan hubungan dengannya sama sekali.

Sekali lagi, itu bukan tanda kamu gak pemaaf atau pendendam. Kamu tetap memaafkan kesalahannya, tapi tentu sah-sah saja kalau kamu ingin menghindar dari risiko disakiti lagi. Kamu gak butuh orang-orang jahat dalam hidupmu, jadi tinggalkanlah mereka dan cari orang yang lebih baik bagimu.

5. Mengabaikan keadilan 

5 Hal yang Gak Harus Kamu Lakukan Saat Memaafkan Orang Lain pexels.com/rosemary ketchum

Last but not least, memaafkan juga gak berarti kamu harus mengabaikan keadilan terjadi, misalnya jika seseorang melakukan tindakan kriminal padamu. Kamu perlu memaafkannya demi kebaikanmu sendiri, tapi kamu gak harus mengabaikan proses hukum. Kamu boleh, bahkan perlu melaporkan hal tersebut pada pihak berwajib supaya proses hukum tetap berjalan.

Setidaknya, ada dua alasan kenapa proses hukum harus terus berjalan. Pertama, memastikan dia jera akan kesalahannya sehingga gak mengulangi lagi. Kedua, menjadi contoh bagi orang-orang lain supaya gak melakukan hal yang sama. Makanya, meskipun sudah memaafkan, kamu perlu membiarkan keadilan tetap ditegakkan.

Itulah lima hal yang gak harus kamu lakukan meskipun sudah memaafkan orang lain. Tentu semua itu bergantung situasinya, tapi yang jelas kamu gak perlu merasa harus melakukan hal-hal di atas. Semuanya demi kebaikanmu sendiri!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Terbiasa Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya