Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Adanya Perasaan yang Salah dalam Dirimu Sendiri

Mulai lakukan dengan sebaik mungkin

Terus bertanya tentang, 'Apakah aku bersalah?' saat melakukan hal apa pun menunjukkan kamu sedang ada masalah dengan hidupmu. Entah itu dikarenakan kamu merasa kesepian, punya trauma, atau masalah hidup yang dijalani. 

Namun, terlepas dari apa pun alasan yang melatarbelakangi seolah-olah ada yang salah dengan dirimu sendiri, kamu tetap harus mencari solusinya. Ada beberapa hal yang dilakukan dapat mengurangi perasaan itu. Berikut ini bisa kamu lakukan cara-caranya. 

1. Rencanakan semua aktivitas dengan tenang dan nyaman

5 Cara Mengatasi Adanya Perasaan yang Salah dalam Dirimu Sendiriilustrasi beraktivitas (pexels.com/Anthony Shkraba)

Terkadang, pikiran bahwa ada sesuatu yang salah dengan dirimu bisa datang tiba-tiba dan memicu kecemasan dan emosi negatif. Dalam hal ini, langkah pertama yang terbaik adalah melakukan hal-hal yang membantumu menjadi tenang.

Untuk mewujudkannya ini, buatlah daftar aktivitas yang menangkan, yang dapat kamu lihat kapan pun. Misalnya, kamu ingin melakukan meditasi, merangkai aktivitas yang harus kamu kerjakan dan mewujudkan semua yang kamu inginkan di hari itu. Lakukan semua daftar tersebut untuk membuatmu merasakan kebahagiaan bila semuanya telah dilakukan. 

2. Membuat rencana tindakan atas masalahmu

5 Cara Mengatasi Adanya Perasaan yang Salah dalam Dirimu Sendiriilustrasi bahagia (pexels.com/Matthias Cooper)

Selanjutnya, jika perasaan yang kamu rasakan berkaitan dengan masalah tertentu dalam hidupmu, kamu dapat membuat rencana tindakan tentang apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasinya. Meskipun, mungkin kamu juga ingin tetap berada di zona nyamanmu, tapi mengambil tindakan atas masalah yang kamu rasakan ini akan menciptakan lebih banyak motivasi untuk terus mengatasi keadaan sulit yang terjadi. 

Tindakan yang kamu rencanakan akan berdampak langsung pada keadaan dirimu saat ini. Misalnya, kamu bisa membuat daftar rencana seperti menemukan pekerjaan yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan bakatmu, berusahalah untuk meningkatkan hubunganmu dengan orang lain, mengembangkan hobi atau bahkan membaca buku-buku tentang kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Rasa Bersalah yang Masih Menghantui Hidupmu

3. Perhatikan kondisi tubuhmu

5 Cara Mengatasi Adanya Perasaan yang Salah dalam Dirimu SendiriIlustrasi pria merenung (pexels.com/Ariel Paredes)

Sekarang setelah kamu menenangkan diri dan membuat rencana tindakan untuk mengatasi masalah yang sedang kamu hadapi, penting untuk memantau bagaimana kamu mengendalikan perasaan merasa salah atas dirimu ini. Ketika hati dan pikiranmu selaras, kamu akan lebih mampu meningkatkan suasana hati dan pandangan atas hidupmu ini.

Sebagai contoh, jika kamu merasa lelah, pergilah tidur pada waktu yang sama dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dan pastikan kamu cukup tidur, atau jika kamu merasa tegang, mana latih pernapasan dalam, latih meditasi, gunakan relaksasi otot progresif untuk membuatmu lebih tenang. 

4. Mencatat kekhawatiran dan solusi mengatasinya

5 Cara Mengatasi Adanya Perasaan yang Salah dalam Dirimu Sendiriilustrasi menulis (pexels.com/Lisa)

Sekarang setelah kamu mulai memantau kondisi tubuhmu, kamu juga harus memantau isi pikiranmu. Kamu dapat melakukan ini dengan cara mencatat apa saja hal yang kamu khawatirkan setiap harinya. 

Kemudian, kamu dapat membuat solusi rencana untuk semua hal yang berkaitan tentang kekhawatiran tersebut. Tindakan tentang bagaimana memecahkan setiap masalah dapat membuatmu mengubah cara berpikir tentang kondisi yang kamu alami sendiri. 

5. Merawat dirimu dengan baik

5 Cara Mengatasi Adanya Perasaan yang Salah dalam Dirimu Sendiriilustrasi tersenyum (pexels.com/Matthias Cooper(

Secara khusus, kamu harus tahu kapan saatnya kamu merawat dirimu sendiri dengan benar. Merawat diri mengacu pada apa pun yang membuat dirimu merasa lebih baik, entah secara fisik maupun mental. 

Contoh merawat diri yang baik bisa kamu lakukan mulai dari tidur yang cukup, makan makanan yang sehat dan hindari junk food, kafein, alkohol, dan lain sebagainya serta lakukan olahraga secara teratur. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti pergi berlibur untuk membuat harimu terasa menyenangkan. 

Mungkin melakukan semua cara yang telah disebutkan tidak semudah apa yang kamu baca. Namun, kamu bisa berusaha semaksimal mungkin untuk melakukannya. Mengatasinya dengan baik itu dimulai dari dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Cara Self Healing Tanpa Perlu Nguras Dompet 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya