Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Mental, Bikin Terpuruk

Mengakibatkan munculnya rasa tak bahagia

Menjaga kesehatan sebaiknya tak hanya sebatas pada fisik saja, melainkan mental pun perlu diperhatikan kondisinya. Sudah seharusnya, kesehatan fisik itu diimbangi dengan kesehatan mental. Kedua hal tersebut saling berkaitan, jika kesehatan mental terganggu, biasanya akan berimbas pada kesehatan fisik.

Maka dari itu, jangan sampai mengabaikan kesehatan mentalmu, ya. Hal ini memang sangat berpengaruh, jika kamu kurang peduli terhadap kesehatan mentalmu, berbagai dampak buruk bisa terjadi dalam hidupmu. Mulai dari sering merasa cemas hingga keharmonisan hubungan sosial pun terkena imbasnya. Berikut lima dampak buruk yang perlu kamu tahu, jika kamu terus-menerus mengabaikan kesehatan mental.

1. Kesehatan fisik semakin tak baik 

5 Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Mental, Bikin Terpurukilustrasi orang terbaring lemas karena sakit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesehatan fisik sangat erat kaitannya dengan kesehatan mental. Jika kesehatan mental kamu abaikan, secara otomatis kesehatan fisikmu menjadi semakin gak baik. Jika mental terganggu, kamu bisa mudah mengalami stres hingga depresi, bahkan untuk makan saja rasanya kurang berselera.

Ketika pikiran stres, nafsu makan pun berkurang, maka lama-lama tubuh akan mengalami sakit. Mulai dari penyakit ringan hingga berat pun bisa kamu alami. Inilah sebabnya, menjaga kesehatan mental itu sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Ketika semua seimbang dan sehat, hidupmu akan terasa membahagiakan.

2. Hubungan sosial menjadi terganggu 

5 Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Mental, Bikin Terpurukilustrasi pertemanan (pexels.com/Helena Lopes)

Dampak buruk dari kurang peduli dengan kesehatan mental itu juga berpengaruh pada hubungan sosial. Jika kesehatan mental sedang mengalami masalah, kamu bisa menjadi orang yang mudah marah. Stres akibat tekanan hidup membuatmu tak mampu berpikir dan bertindak secara bijaksana.

Jika sudah begitu, hubungan sosial menjadi kurang harmonis. Selain akan menjadi mudah marah, kamu pun akan lebih sensitif terhadap segala hal yang terjadi. Tentu saja hal ini gak baik untuk menjalin hubungan sosial, karena di dalam hubungan sosial, itu perlu kedewasaan dan kebijaksanaan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film yang Mengangkat Tema tentang Kesehatan Mental

3. Sulit berkonsentrasi saat berpikir 

5 Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Mental, Bikin Terpurukilustrasi sulit berkonsentrasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesehatan mental tak hanya terkait perasaan, tapi pikiran juga ada di dalamnya. Maka sudah seharusnya, kamu lebih peduli lagi tentang kesehatan mentalmu. Mengalami permasalahan dalam faktor kesehatan mental, itu dapat menghambat proses berpikir seseorang dan menjadikannya sulit untuk berkonsentrasi.

Dalam kegiatan berpikir, entah saat bekerja maupun beraktivitas lainnya, itu memerlukan konsentrasi. Ketika secara fisik sehat, tapi jika mentalmu mengalami kendala, berkonsentrasi tinggi akan tetap sulit dilakukan. Saat kamu sulit berkonsentrasi, maka akan mengalami hambatan juga untuk berpikir secara jernih. Tentu saja, ini bisa berdampak buruk juga terhadap setiap pilihan yang kamu ambil.

4. Sulit merasa bahagia 

5 Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Mental, Bikin Terpurukilustrasi bersedih (pexels.com/Alena Darmel)

Perasaan bahagia itu gak hanya ketika mendapatkan sesuatu hal yang diinginkannya saja. Ketika kondisi kesehatan mental terpuruk, tentu dampak buruknya juga akan menjadikanmu sulit merasa bahagia. Kesehatan mental juga berkaitan dengan perasaan yang sedang dialami oleh seseorang.

Apa pun masalahnya, apa pun jenis kesedihannya, jika kesehatan mental terjaga dengan baik, maka semua akan tetap baik-baik saja. Namun, jika kesehatan mental terganggu, mengalami masalah kecil saja, perasaanmu bisa sangat bersedih hingga terpuruk. Untuk itu, agar hati selalu berbahagia, jagalah kesehatan mentalmu juga, ya.

5. Selalu mengalami kendala dalam menggapai cita-cita 

5 Dampak Buruk Mengabaikan Kesehatan Mental, Bikin Terpurukilustrasi gagal fokus (pexels.com/cottonbro)

Dampak buruk berikutnya dari terganggunya kesehatan mental yaitu, bisa membuatmu selalu mengalami kendala, saat sedang berjuang menggapai cita-cita. Ketika kamu mengabaikan kesehatan mentalmu, maka perkembangan yang sedang kamu lakukan, gak akan berjalan seperti yang kamu harapkan, karena ada saja yang menjadi penghalang.

Pencapaian yang kamu inginkan menjadi terasa sulit diraih. Kemudian, yang paling buruk adalah sulit sekali untuk meningkatkan kualitas hidup. Tingkat produktivitas kian menurun hingga kehilangan semangat dan motivasi dalam menjalani hidup. Maka, pedulilah terhadap kesehatan mentalmu, agar masa depanmu gak redup.

Menjaga kesehatan fisik itu sudah seharusnya beriringan dengan menjaga kesehatan mental. Keduanya sama pentingnya, jika salah satu terganggu, maka dampak buruknya bisa berimbas kepada semuanya. Gangguan kesehatan mental, itu gak hanya menyerang perasaan dan pikiran saja, tapi juga dapat menimbulkan berbagai masalah pada fisik.

Mulai sekarang, cobalah untuk lebih peduli terhadap kesehatan mentalmu, seperti kamu peduli pada kesehatan fisikmu. Imbangilah kedua hal itu, agar dalam menjalani kehidupan, kamu bisa bahagia secara lahir dan batin. Jangan biarkan kesehatan mentalmu terabaikan hingga berlarut-larut, supaya kamu gak semakin terpuruk, apalagi sekarang kamu sudah tahu, kan berbagai dampak buruknya. Yuk, mulai peduli untuk menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Kecil yang Ternyata Buruk untuk Kesehatan Mental

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya