Comscore Tracker

5 Cara Sikapi Pasangan yang Sering PHP biar Kamu Gak Makan Hati Terus!

#IDNTimesLife Jangan pasrah menerima saja

Perasaan kamu pasti sangat kesal saat pasangan sudah berjanji padamu, tapi kemudian tiba-tiba lupa akan janjinya dan gak ada konfirmasi sama sekali. Ingin rasanya kamu marah padanya, tapi gak bisa kamu lakukan karena alasan tertentu dan akhirnya diam saja. 

Perkara dia yang PHP, atau pemberi harapan palsu dan sering dilakukan, tentu saja membuat hubungan jadi terasa gak tenang, terutama untuk dirimu sendiri. Oleh karena itu, untuk mengatasinya agar kamu gak terjebak PHP untuk kedua kali, bahkan seterusnya, maka perlu lakukan beberapa cara di bawah ini. 

1. Ingatkan pasangan kalau dia benar-benar lupa dengan janjinya

5 Cara Sikapi Pasangan yang Sering PHP biar Kamu Gak Makan Hati Terus!Ilustrasi hubungan cinta (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan diam saja kalau pasangan melupakan janjinya tanpa bilang padamu, tapi kamu harus bisa mengingatkan dia agar ke depannya dia bisa selalu ingat dan bertanggungjawab dengan janji yang dia ucapkan sendiri. Mengingatkannya perlu dengan bahasa yang sopan agar dia bisa paham dan mengerti tentang keadaan. Hal ini juga menghindari pertengkaran yang dipicu oleh rasa tersinggung.

2. Terapkan sanksi dan apresiasi atas janji yang dia ucapkan

5 Cara Sikapi Pasangan yang Sering PHP biar Kamu Gak Makan Hati Terus!Ilustrasi kalian saling menerima (pexels.com/Vanessa Garcia)

Meski dia pasanganmu, tapi kalau sudah melakukan PHP dan dibiarkan begitu saja, maka akan membuat banyak masalah dalam hubungan. Gak ada salahnya menerapkan sistem sanksi dan apresiasi saat kamu maupun dia mengucapkan janji di hubungan.

Kalau dia menunaikan semua janjinya, maka apresiasi semua hal yang dilakukan dengan baik. Namun, sebaliknya jika dia lupa dan mengabaikan janjinya begitu saja, maka berikan sanksi padanya, seperti menyuruh dia mentraktir kamu untuk seminggu ke depan atau pun gak memenuhi permintaannya akhir-akhir ini. Hal ini dilakukan agar kedepannya gak ada lagi kejadian yang sama.

3. Miliki alternatif lain untuk dilakukan saat janjinya gak terlaksana

5 Cara Sikapi Pasangan yang Sering PHP biar Kamu Gak Makan Hati Terus!Ilustrasi hubungan asmara (unsplash.com/Andrew Welch)

Bikin kesal saat kamu menunggu dia menunaikan janjinya, tapi dia malah lupa dan abai. Namun, jangan berserah diri juga dengan menerima semuanya karena dia adalah pasanganmu.

Kamu harus memiliki alternatif lain bilamana memang dia lupa dengan janjinya. Alternatif itu bisa kamu lakukan dengan cara melakukan hal-hal yang mengasyikan bersamanya. Bahkan, kamu juga bisa langsung mengingatkan dia saat melakukan alternatif tersebut. 

Baca Juga: 5 Tanda Gebetan Serius Deketin Kamu, Beneran PDKT Gak Cuma PHP!

4. Terbukalah dengan dia tentang keinginanmu di hubungan ini

5 Cara Sikapi Pasangan yang Sering PHP biar Kamu Gak Makan Hati Terus!Ilustrasi komunikasi (Pexels.com/cottonbro)

Jangan menutupi semua yang ada. Kalau memang kamu menginginkan sesuatu di hubungan ini, maka cobalah untuk terbuka pada pasangan. Duduk bersama pasangan dan berdiskusilah tentang keinginan masing-masing agar hubungan yang dijalani menjadi nyaman satu sama lain.

Gak ada lagi perdebatan dan pertengkaran karena masalah PHP yang dilakukan oleh pasanganmu. Kamu juga harus ingat dengan tidak selalu memberikan kode padanya saat punya keinginan. 

5. Jangan memaksa bila memang dia gak bisa tunaikan janjinya

5 Cara Sikapi Pasangan yang Sering PHP biar Kamu Gak Makan Hati Terus!Ilustrasi dia gak menyukaimu (pexels.com/cottonbro)

Bersikaplah biasa saja bila dia memang PHP padamu, meskipun kamu memang merasa kesal. Jadikan pelajaran agar gak terlalu berharap pada janji seseorang. Kamu juga harus tahu alasan di balik dia yang gak menunaikan janjinya karena bisa jadi ada hal penting yang membuatnya gak bisa melakukannya.

Kalau pasangan sudah berjanji padamu, maka tagihlah janji itu agar dia gak lagi PHP padamu. Kamu bisa menyikapinya dengan beberapa cara di atas agar kamu gak lagi kesal terus dan bisa merasa lebih nyaman di hubungan. 

Baca Juga: Ada yang PHP dalam Hubungan, Ini 5 Cara Mengatasinya

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya