Comscore Tracker

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Setelah Alami Perselingkuhan, Kamu Bisa!

Fokus bahagiakan diri sendiri

Mengalami perselingkuhan bukan hanya menyakitkan untuk dirasakan, tapi juga menyebabkan trauma dan membuatmu merasa gak berharga sama sekali. Banyak perasaan buruk yang kamu rasakan dan ini kadang kala mempengaruhi hidupmu juga untuk ke depannya.

Oleh karena itu, sangat penting sekali mengatasi perasaan buruk ini selepas kamu diselingkuhi. Cara yang paling awal untuk membuat semuanya menjadi membaik adalah dengan belajar mencintai dirimu sendiri secara seutuhnya. Kamu bisa melakukan berbagai cara di bawah ini untuk mewujudkan hal itu.

1. Terima semua yang telah terjadi dengan memaafkan semuanya

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Setelah Alami Perselingkuhan, Kamu Bisa!ilustrasi bersedih (pexels.com/Владимир Васильев)

Masa lalu biarlah masa lalu karena sekarang kamu tetap menjalani hidup untuk ke depannya. Jika kamu gak berubah dari sekarang, maka hidupmu akan terpuruk terus menerus.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menerima semua yang terjadi. Pahami bahwa kisah percintaan itu gak mesti akan selalu bahagia. Gagal adalah hal yang wajar. Kamu harus bisa menerima sekaligus memaafkan semuanya untuk melanjutkan hidupmu kearah yang lebih baik lagi. 

2. Peduli dengan hidupmu tanpa memikirkan hal lain

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Setelah Alami Perselingkuhan, Kamu Bisa!ilustrasi bahagia (pexels.com/Novan Swaby)

Jangan tengok lagi kebelakang karena kamu harus sudah bisa memulai untuk menata kembali hidupmu. Peduli dengan hidupmu ini adalah faktor terpenting. Kamu harus bisa fokus untuk kebahagiaan dirimu sendiri. 

Kesampingkan semua kebahagiaan orang lain karena saat ini kamu harus bisa egois demi keberlangsungan hidupmu. Dengan kamu peduli pada dirimu, maka itu akan menumbuhkan rasa sayang dan cinta untuk dirimu juga. Jadi, jangan anggap remeh hal ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi Itu Buktikan Kamu Gak Dewasa

3. Menjadi dirimu sendiri

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Setelah Alami Perselingkuhan, Kamu Bisa!Ilustrasi pria melamun (pexels.com/Marcelo Chagaz)

Gak perlu menjadi orang lain untuk memulai hidupmu yang baru ini. Kamu cukup menjadi dirimu sendiri karena itulah yang akan membuat kamu nyaman dan bisa menerima semua hal dalam dirimu. 

Menjadi diri sendiri juga dapat membuat kamu disukai banyak orang. Ketika nanti kamu memiliki banyak teman, maka kamu akan semakin nyaman dan bahagia menjalani hari-hari.

4. Menyenangkan diri sendiri dengan melakukan segala hal yang kamu suka

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Setelah Alami Perselingkuhan, Kamu Bisa!ilustrasi bahagia (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Sebab hari-hari kemarin kamu sudah dipenuhi dengan kesedihan dan kekecewaan, maka mulai sekarang bahagiakan dirimu. Lakukan segala hal yang kamu sukai dan gak usah pedulikan apa tanggapan orang lain. 

Kamu bisa bersikap egois dan masa bodoh dengan semua tanggap orang. Hal yang terpenting sekarang adalah kamu bahagia dan nyaman dengan hidupmu. Kalau kamu ingin jalan-jalan, belanja, dan fokus pada karier, maka lakukanlah. 

5. Rehat sejenak dari hubungan percintaan

5 Cara Mencintai Diri Sendiri Setelah Alami Perselingkuhan, Kamu Bisa!ilustrasi tersenyum (pexels.com/cottonbro)

Menjalin sebuah hubungan lagi, tentu menjadi hal yang melelahkan, bukan? Oleh karena itu, kamu bisa berhenti sejenak untuk gak menjalani kisah percintaan dengan siapa pun. Fokus saja pada mencintai diri dan membahagiakan dirimu.

Jika kesepian, kamu bisa menghabiskan waktu dengan keluarga, teman, dan melakukan hal semuanya sendirian. Jangan takut gak ada orang di sisimu karena kamu punya keluarga dan teman yang akan ada untukmu. 

Jangan terus berfikir dirimu gak berharga sama sekali. Kamu berharga dan jauh lebih banyak cinta untuk dirimu. Lupakan semuanya dan lakukan semua hal di atas untuk mulai peduli, bahagia, dan mencintai dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Perilaku Selingkuh Keuangan dari Pasangan, Bisa Bikin Bangkrut!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya